October
15
2020
     14:12

TaniHub Group Berkolaborasi dengan Axiata Digital Services Indonesia - Boost Indonesia Perkuat Ekonomi Petani dan UMKM

TaniHub Group Berkolaborasi dengan Axiata Digital Services Indonesia - Boost Indonesia Perkuat Ekonomi Petani dan UMKM
Publisher

Jakarta, 15 Oktober 2020 - TaniHub Group, startup agritech dengan perkembangan terpesat di Indonesia kembali menunjukkan komitmennya dalam memajukan pertanian dan perekonomian negeri ini melalui kerja sama dengan Boost Indonesia, sebuah platform keuangan digital yang dikembangkan oleh Axiata Digital Services Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan kedua belah pihak saling melengkapi dalam hal peningkatan kesejahteraan petani dan inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Melalui kerja sama ini, TaniHub Group akan menjadi pemasok hasil tani dan produk pangan kepada mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Boost Indonesia yang dikenal dengan nama Merchant. Dengan dukungan pasokan dari TaniHub, para Merchant dapat menawarkan produk pangan dan hasil tani melalui aplikasi BoostPenjual milik Boost Indonesia.

Dengan dimulainya kolaborasi tersebut, kedua belah pihak dapat menawarkan solusi peningkatan kesejahteraan petani sekaligus UMKM Indonesia. Hasil panen petani binaan maupun petani mitra TaniHub Group dapat secara langsung diserap dan dijual melalui para Merchant Boost. Tidak hanya itu, masyarakat juga semakin mudah untuk mengakses dan mendapatkan bahan pangan berkualitas dari petani Indonesia.

Ivan Arie Sustiawan, CEO TaniHub Group mengatakan bahwa ia percaya adanya kolaborasi memudahkan perjuangan TaniHub Group dan Boost Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan pemerataan ekonomi, “Kolaborasi yang terjalin antara TaniHub Group dan Boost Indonesia melebarkan akses mitra petani TaniHub Group dalam bidang penyerapan hasil tani, juga akses Merchant Boost kepada bahan pangan berkualitas,” ujar Ivan.

Joseph Lumban Gaol, CEO PT Axiata Digital Services Indonesia, mengatakan bahwa kerjasama yang terbangun antara Boost dan TaniHub Group dapat mengeskalasi kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM dan petani secara bersamaan. “Melalui program ini pula, Boost akan memfasilitasi para Merchant Boost melalui dukungan TaniHub Group agar para Merchant kami bisa mendapatkan layanan modal kerja dari penyedia layanan keuangan. Dengan demikian, program ini dapat merealisasikan inklusi keuangan kepada sektor UMKM perdagangan ritel dan pertanian yang selama ini kurang terlayani”.

Kolaborasi antara TaniHub Group dengan Boost Indonesia diharapkan akan ikut menyumbang peningkatan dan realisasi inklusi keuangan bagi para pelaku UKM ritel dan petani. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat literasi keuangan mencapai 38,03% dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia mencapai 76,19%.

Angka tersebut melampaui target yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sebesar 75% untuk tingkat inklusi keuangan dan 35% untuk tingkat literasi keuangan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 50 Tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.

Sekilas tentang TaniHub Group

TaniHub Group terdiri dari platform TaniHub, TaniFund, dan TaniSupply dan memiliki visi “Agriculture for Everyone” atau “Pertanian untuk semua”, yang diwujudkan dengan mempercepat dampak positif dalam sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Agriculture (Pertanian), Technology (Teknologi), dan Social Impact (Dampak Sosial) adalah tiga pilar utama perusahaan dalam menciptakan ekosistem untuk menata ulang sektor pertanian di Indonesia.

TaniHub adalah platform e-commerce B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer) untuk hasil tani, bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end-user. TaniHub didirikan pada pertengahan 2016 oleh sekelompok anak muda yang berkeinginan kuat untuk mendukung petani yang menghadapi kesulitan dalam memasarkan hasil panen mereka.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya TaniHub, para pendiri kemudian melihat bahwa petani tidak hanya membutuhkan akses terhadap pasar, tetapi juga akses terhadap permodalan. Maka pada 2017, platform peer-to-peer lending TaniFund pun didirikan sebagai solusi permasalahan pendanaan yang dihadapi petani. Dua tahun kemudian, TaniSupply terlahir untuk mengatasi permasalahan supply chain.

Dengan ketiga unit tersebut, TaniHub Group berharap dapat mewujudkan cita-cita ketahanan dan kecukupan pangan di Indonesia.

Sekilas tentang Axiata Digital Services Indonesia - Boost Indonesia

Boost Indonesia, sebuah Platform yang dikembangkan oleh Axiata Digital Services Indonesia. Sejauh ini Boost Indonesia menaungi tiga aplikasi platform digital, BoostPenjual, BoostPreneur, dan BoostPlay. BoostPenjual merupakan aplikasi platform untuk para Merchant untuk meningkatkan bisnis tokonya dengan menjual produk digital, fisik, dan layanan keuangan lainnya.

Untuk mendukung perkembangan bisnis para Merchant binaannya, Boost Indonesia mengakomodir para Merchant dengan para konsultan UMKM yang diberi nama BoostPreneur. BoostPreneur dikerahkan untuk akuisisi sampai membimbing bisnis Merchant agar terus berkembang. Sedangkan BoostPlay adalah sebuah aplikasi platform yang menyediakan banyak pilihan transaksi pembayaran yang aman bagi para konsumen untuk bertransaksi secara digital dengan konsep gamifikasi.

Ketiga ekosistem yang dibangun ini adalah jalur utama Boost Indonesia dalam mewujudkan cita-cita utama, yakni membuka akses inklusi finansial sebesar-besarnya di segmen mikro yang menjadi penopang krusial piramida ekonomi Indonesia namun masih belum tersentuh oleh pendataan.

Sejak kehadiran Boost Indonesia pada tahun 2017 silam, Boost Indonesia telah menaungi sekitar 550,000 Merchant di 100 kota dan 7 propinsi.

Website: MyBoost.id

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved