August
23
2021
     18:51

Membangun Kepercayaan melalui Dukungan Mitra Pengemudi : Dedikasi Grab dalam Membina Tumbuhnya Komunitas Baru

Membangun Kepercayaan melalui Dukungan Mitra Pengemudi : Dedikasi Grab dalam Membina Tumbuhnya Komunitas Baru

Moda transportasi di Indonesia telah berubah secara drastis setelah layanan transportasi on-demand hadir menjadi bagian penting di setiap rutinitas masyarakat. Dibalik pertumbuhan pesatnya dan besarnya jumlah pengguna layanan ini, Grab memiliki komunitas mitra pengemudi yang mendedikasikan diri untuk meningkatkan pengalaman penumpang dan kenyamanan perjalanan.

Lohardi Hasundutan Harahap adalah salah satu dari mitra pengemudi loyal dari Grab yang telah meniti perjalanannya dengan Grab sejak 2015, ketika Grab masih merintis layanan transportasi online di Indonesia. Lohardi sebelumnya bekerja sebagai ojek pangkalan di Jakarta Pusat selama bertahun-tahun.

Ia bergabung bersama Grab di usianya yang menginjak 50-an dan meskipun usianya sudah lanjut, Lohardi tetap optimis untuk bergabung dengan platform digital dan memandang ini sebagai kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan kualitas hidupnya. Ia adalah salah satu pengemudi pertama Grab yang juga terlibat dalam peluncuran Grab Indonesia pada tahun 2015. Pengalaman ini memberinya kesempatan untuk bertemu langsung dengan pendiri Grab, Anthony Tan.

Beralih ke Platform Digital dengan Lingkungan yang Suportif, Meraih Mata Pencaharian yang Lebih Stabil

Ketika memutuskan untuk beralih dari pengemudi ojek konvensional menjadi seorang mitra pengemudi online, Lohardi (55) mempelajari banyak hal baru yang menantang untuknya, termasuk cara mengoperasikan aplikasi. Ia mendapatkan banyak bantuan dari rekan-rekan mitra pengemudi yang lebih muda, yang secara sukarela membimbingnya mempelajari cara menggunakan aplikasi, memilih pesanan, serta berinteraksi dengan penumpang.

Seiring dengan berbagai pengalaman bersama, solidaritas antar mitra pengemudi pun tumbuh semakin kuat. Hal ini semakin terlihat dalam momen-momen ketika rekan-rekan mitra pengemudi mengalami hal-hal yang tidak terduga di jalan, seperti kecelakaan, dan para anggota komunitas pun menunjukkan inisiatif untuk saling membantu. Pengalaman ini yang perlahan terus membangun sense of belonging di komunitas mitra pengemudi.

Setelah enam tahun bekerja sebagai mitra pengemudi, Lohardi mengalami banyak suka duka ketika menghadapi berbagai jenis kebutuhan penumpang. Terlepas dari itu, Ia selalu mampu menangani bermacam-macam masalah dengan bijaksana dan cara pandang yang positif. Lohardi menceritakan satu pengalaman ketika ia harus menghadapi karyawan muda yang panik karena terlambat berangkat kerja.

Lohardi menuturkan, “Saya selalu memprioritaskan keselamatan penumpang. Meskipun mereka meminta saya untuk ngebut supaya sampai lebih cepat, saya hanya akan menghibur mereka dengan candaan dan mencoba menenangkan dengan menyampaikan, saya akan berusaha untuk membuat mereka sampai tepat waktu dengan aman. Pengalaman-pengalaman seperti itu sudah menjadi cerita sehari-hari bagi saya.”

Kerja keras Lohardi akhirnya menuntunnya untuk memasuki lembaran baru di hidupnya, membawa kehidupan yang lebih mapan dan membuka akses ke pendapatan yang lebih stabil. Sebelumnya ia sempat terlilit hutang cukup besar di warung dekat rumahnya untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah empat anaknya.

Setelah tiga bulan bekerja sebagai mitra pengemudi, Lohardi akhirnya bisa melunasi semua hutangnya, bahkan mampu membawa pemasukan tambahan untuk membelikan kebutuhan sekolah anak-anaknya. Beberapa tahun setelah momen itu, Lohardi juga dengan bangga menyaksikan tiga anaknya lulus dari SMK dan dia sangat bersyukur bahwa Grab telah membantunya mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan suportif.

Kerja Sama Dua Arah, Membangun Solidaritas di antara Para Mitra Pengemudi

Ketika ditanya tentang kondisi terkininya sebagai mitra pengemudi, Lohardi menjelaskan bagaimana tim Grab telah membantunya dalam mengambil beberapa pesanan, “Saya harus mengakui bahwa seiring bertambahnya usia, kemampuan fisik saya mulai melemah, apalagi di malam hari, sehingga saya tidak lagi memilih pesanan dengan rute yang jauh. Sebenarnya sangat sulit bagi saya untuk tidak mengambil pesanan tersebut karena saya tidak ingin menolak setiap kesempatan yang diberikan oleh Grab kepada saya.

Menurut saya, setiap pesanan yang saya dapatkan merupakan amanah bagi saya untuk bisa membawa penumpang dengan selamat. Karena saya tidak ingin merugikan siapa pun, saya biasanya menelepon Pusat Bantuan untuk mengalihkan pesanan saya ke mitra pengemudi lain agar pesanan penumpang tersebut tidak dibatalkan oleh sistem. Pusat Bantuan Grab memfasilitasi permintaan saya setiap kali saya menelepon secara responsif. Dukungan ini menunjukkan bagaimana solidaritas pengemudi di jalan juga difasilitasi oleh sistem Grab.”

Lohardi pun menyampaikan pesan mengharukan untuk sesama mitra pengemudi di masa pandemi ini, “Saya sangat prihatin menyaksikan sebagian besar rekan mitra pengemudi yang berjuang untuk mencukupi kebutuhan hidup. Sebagai sosok yang lebih tua di komunitas mitra pengemudi, saya selalu mengingatkan mereka untuk tidak putus asa dan tetap tegar dalam menjalani hidup. Saya yakin Grab sudah memfasilitasi kami dengan banyak dukungan operasional seperti partisi kendaraan, alat pendukung protokol kesehatan, dan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) sehingga kami tetap bisa beroperasi di masa pandemi.”

Di tahun keenam Grab di Indonesia, Lohardi bangga menjadi bagian dari salah satu pelopor mitra pengemudi di Indonesia. Rasa memiliki inilah yang membuatnya tetap setia sebagai mitra pengemudi Grab dan di tengah masa-masa sulit yang dihadapi, Lohardi percaya semua dapat dilakukan bersama selama mitra pengemudi saling membantu dan merawat solidaritas.

Tentang Grab

Grab merupakan aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan layanan harian yang berarti bagi pelanggan. Saat ini, Grab telah diunduh di jutaan perangkat mobile, memberikan akses pada 9 juta mitra pengemudi, mitra merchant dan agen. Grab menawarkan beragam layanan on-demand di Asia Tenggara, termasuk solusi mobilitas, pengantaran makanan, paket serta barang belanjaan, mobile payment, dan layanan keuangan di 428 kota di delapan negara. 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved