October
25
2021
     16:44

GoPay dan BEI Perluas Program Edukasi Finansiap untuk Cetak Investor Ritel Pemula yang Cerdas

GoPay dan BEI Perluas Program Edukasi Finansiap untuk Cetak Investor Ritel Pemula yang Cerdas

Jakarta, 25 Oktober 2021 – GoPay, uang elektronik terkemuka dari GoTo Financial dan Tokopedia serta Gojek, bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi memberikan edukasi keuangan sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik serta cerdas untuk meningkatkan literasi keuangan. Edukasi yang merupakan bagian dari perluasan program FinanSiap ini menyasar masyarakat kelompok usia muda yang sekarang menjadi kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia.

Kolaborasi yang diselenggarakan sebagai bagian menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tersebut mempertegas komitmen GoPay, Gojek dan Tokopedia mewujudkan layanan jasa keuangan yang inklusif  bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Program FinanSiap didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi. Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terjadi kenaikan jumlah investor pasar modal dari 2.484.354 pada tahun 2019 menjadi 3.880.753 pada akhir tahun 2020, dan bahkan mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021 lalu. Data Per-September 2021, tercatat 59,23% dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di bawah usia 31 tahun.

Namun demikian, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 mengenai indeks literasi keuangan menunjukkan hanya 38% dari total penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangan yang baik.

Program FinanSiap terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula, dalam bentuk website, artikel, video, webinar, infografis, serta podcast. Program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagai pemateri serta narasumber.

Materi edukasi FinanSiap yang tersedia di gopay.co.id/finansiap disusun ke dalam tiga modul yang mencakup:

Perencanaan Keuangan

Pengelolaan Keuangan

Pengenalan Jenis Investasi

Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria menjelaskan, “GoPay terus memperluas fungsi dan penggunaannya untuk membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. Melalui program edukasi FinanSiap yang telah kami mulai sejak Juli lalu, kami telah menjangkau 56 ribu penonton melalui diskusi virtual yang dengan para pakar keuangan dan investasi.

Melihat antusiasme anak muda yang sangat tinggi, kali ini, kami memperluas cakupan materi edukasi FinanSiap termasuk tentang investasi saham di pasar modal. Materi edukasi ini juga akan kami perluas kepada para pengguna dan mitra usaha (merchant) GoPay, Gojek, Tokopedia. Harapannya bersama BEI kami dapat mengedukasi calon investor pasar modal agar dapat berinvestasi sesuai dengan profil risiko masing-masing.”

Berkaitan dengan hal ini, Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi memberikan tanggapan, “Gopay, Gojek, dan Tokopedia sudah menjadi bagian dari keseharian kita semua, yang tidak hanya memiliki keterlibatan serta basis konsumen yang luas, tetapi juga ekosistem layanan yang lengkap.

Program edukasi “FinanSiap” ini sangat positif dan sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama ini dilakukan oleh BEI. Untuk itu, kami menyambut baik kolaborasi ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal sambil memastikan pesan yang disampaikan sejalan dengan misi kita untuk mencetak investor ritel pemula yang cerdas. Kami berharap bahwa sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatan ekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat Indonesia.”

Chief of Public Policy and Government Relations GoTo, Shinto Nugroho menambahkan, “FinanSiap merupakan hasil kolaborasi dan dukungan nyata dari GoTo bersama dengan BEI untuk pencapaian target pemerintah dalam mendorong tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan masyarakat, serta secara khusus untuk meningkatkan jumlah investor ritel di pasar modal Indonesia khususnya anak muda, sehingga mereka dapat menjadi investor yang cerdas dan bertanggung jawab. Peluncuran kolaborasi ini juga menjadi bagian dari perayaan BIK sebagai langkah untuk membuka akses keuangan seluas-luasnya bagi masyarakat.”

Lebih lanjut, Fintech and Payment Business Head, Vira Widiyasari, mengungkapkan, “Sebagai bagian Grup GoTo, Tokopedia terus berupaya meningkatkan literasi dan manajemen keuangan masyarakat melalui solusi investasi yang inklusif, mudah, cepat dan terjangkau, contohnya Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana di ekosistem Tokopedia Keuangan.

Penetrasi produk investasi yang dinilai mudah dipahami bahkan bagi investor pemula ini diharapkan bisa mendorong masyarakat mengenal produk investasi lebih lanjut lainnya dan secara umum meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.”

Sebelumnya, kelas virtual FinanSiap telah dimulai sejak Juli 2021 dan diadakan setiap bulannya. Setiap sesi FinanSiap ditayangkan lewat Instagram Live akun resmi @gopayindonesia dengan melibatkan berbagai perencana keuangan serta figur publik, seperti Melvin Mumpuni, Felicia Putri, Rivan Kurniawan, dan masih banyak lainnya. Materi yang dibahas di mulai dari cara mengatur prioritas keuangan selama pandemi hingga tips berinvestasi dengan aman.

Tentang GoPay

GoPay adalah layanan pembayaran dan keuangan terkemuka yang bertujuan untuk menjadikan hidup lebih baik untuk penggunanya dan meningkatkan inklusi keuangan dengan membantu jutaan penduduk Indonesia mendapatkan akses layanan dan produk keuangan seperti perbankan digital, pinjaman mikro, investasi, dan asuransi. Pada tahun 2019, Gojek melalui GoPay menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Fortune “Change The World”.

Tentang GoTo

GoTo merupakan grup teknologi terbesar di Indonesia yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, serta layanan keuangan dan pembayaran melalui merek Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. GoTo merupakan platform pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan tiga layanan penting dalam satu ekosistem, yang melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga konsumen di Indonesia. Misi GoTo adalah “Mendorong Kemajuan” dengan menghadirkan beragam pilihan produk dan layanan melalui jaringan mitra terlengkap serta mendorong inklusi keuangan melalui bisnis layanan keuangan dan pembayaran terdepan yang dimilikinya.

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved