October
28
2022
     17:45

Pada Kuartal 3, TRGU Sudah Meraih 3,6 Kali Lipat dari Target Laba Bersih 2022

Pada Kuartal 3, TRGU Sudah Meraih 3,6 Kali Lipat dari Target Laba Bersih 2022
ILUSTRASI. Produsen tepung olahan gandum PT Cerestar Indonesia Tbk membidik sebanyak banyaknya Rp 315 miliar melalui penawaran umum perdana saham atau IPO.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Cerestar Indonesia Tbk (“TRGU”), emiten produsen tepung olahan gandum yang baru mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada bulan Juli lalu berhasil membukukan laba bersih Rp72,48 miliar pada kuartal III 2022, atau 3,6 kali lipat dari target laba bersih 2022. Perseroan berhasil membukukan kenaikan laba bersih 320% YoY dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp17,27 miliar.

Penjualan Perseroan pada periode ini tercatat sebesar Rp2,55 triliun, turun tipis 2% dari Rp 2,61 triliun pada periode yang sama tahun 2021. Kenaikan harga bahan baku gandum serta kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang menekan daya beli masyarakat telah sedikit mempengaruhi penjualan TRGU pada kuartal III tahun ini.

Namun demikian, Perseroan sebaliknya berhasil menurunkan beban pokok penjualan sebanyak 7% menjadi Rp2,26 triliun dari Rp2,42 triliun sehingga membukukan lonjakan laba bersih. Perusahaan mencatatkan aset sebesar Rp2,64 triliun pada 30 September 2022, meningkat dari Rp1,98 triliun pada 31 Desember 2021.

“Pencapaian laba bersih yang telah jauh melampui target sepanjang tahun 2022 ini, menunjukkan betapa kami sangat serius bekerja untuk memenuhi target yang sudah ditetapkan. Sesuai pernyataan kami ketika IPO, TRGU akan membagikan dividen dari laba bersih yang bisa diraih tahun ini.

Semoga hasil kinerja Perseroan ini akan semakin meyakinkan para investor bahwa TRGU adalah perusahaan yang prospektif dan dikelola secara serius oleh team manajemen yang bisa diandalkan,” kata Direktur Utama Cerestar Indonesia, Indra Irawan.

Untuk lebih memacu pendapatan, TRGU saat ini sedang menyiapkan pengembangan bisnis penjualan bahan pakan ternak dengan membangun fasilitas gudang dan pengemasan bahan pakan ternak di daerah Cilegon, yang diharapkan bisa beroperasi secara komersial pada kuartal II 2023.

Pembangunan fasilitas gudang dan pengemasan tersebut dibiayai dengan dana hasil penawaran perdana saham kepada publik (IPO), dimana pada bulan Juli lalu TRGU berhasil meraih Rp315 miliar. Sesuai janji Perseroan dalam prospektus, sekitar 33,33% dana hasil IPO tersebut digunakan untuk membangun fasilitas gudang dan pengemasan pada anak perusahaan TRGU, PT Agristar Grain Industry (AGY).

Ekspansi TRGU ke dalam bisnis bahan pakan ternak ini akan melengkapi lini produk bahan pakan ternak produk samping tepung terigu (wheat bran pollard) dengan bahan pakan ternak lain seperti bungkil kedelai (SBM/Soybean Meal) dan DDGS (distillers dried grains with solubles). Bahan pakan ternak tambahan tersebut akan diimpor dan di-distribusikan oleh AGY.

Baca Juga: Prospek Bisnis Bahan Pakan Ternak bagi TRGU di 2023

Tentang Cerestar Indonesia

Cerestar Group, perusahaan induk dari PT Cerestar Indonesia (“TRGU”) memulai bisnis produksi tepung terigu pada tahun 2007. Cerestar Group, dimana didalamnya terdapat Cerestar Indonesia,saat ini menguasai 12,65% pangsa pasar tepung terigu di Indonesia. Grup usaha ini dimulai dengan pendirian perusahaan investasi asing bernama PT Cerestar Flour Mills pada tahun 2007, disusul pendirian PT Harvestar Flour Mills pada tahun 2013. Setelah mengakuisisi PT Agri First Indonesia pada tahun 2018, kelompok usaha ini mendirikan PT Cerestar Indonesia Tbk pada tanggal 10 Agustus 2020, yang khusus disiapkan untuk menjadi perusahaan terbuka.

PT Cerestar Indonesia Tbk sukses melaksanakan penawaran perdana saham dan mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed sampai 48,43 kali, dari 1,5 miliar saham yang ditawarkan atau 18,88% dari jumlah seluruh modal disetor Perseroan setelah IPO. Perseroan resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 8 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved