Mal Grand Indonesia Terapkan Layanan Sistem Parkir Berteknologi Mutakhir

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grand Indonesia secara resmi menerapkan inovasi teknologi baru di area parkir kompleks pusat perbelanjaan tersebut. Inovasi ini merupakan hasil pengembangan perusahaan penyedia layanan dan teknologi perparkiran, PT Centrepark Citra Corpora dan telah diimplementasikan sejak bulan lalu.
Melalui sistem parkiran baru ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dan tentunya meningkatkan kenyamanan para pengunjung Grand Indonesia mulai dari masuk hingga keluar area parkir.
Adapun inovasi teknologi yang diterapkan oleh Grand Indonesia bersama Centrepark adalah sistem parkir 100% ticketless dan paperless, di mana tiket dan struk parkir tak lagi menggunakan kertas dan berganti menjadi versi elektronik. Transaksi parkir pun kini menggunakan sistem pembayaran non-tunai (cashless) memakai uang elektronik.
“Sistem ini bernama TITO atau Tap In Tap Out yang memudahkan pengunjung untuk lebih cepat mengakses area parkir mall dan melakukan transaksi secara praktis menggunakan kartu uang elektronik saat meninggalkan area parkir,” ujar Chief Executive Officer CentrePark Charles Oentemo dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (12/9).
Kolaborasi antara Grand Indonesia dan CentrePark ini telah dimulai pada 30 November 2021 yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kedua perusahaan pada tanggal 3 Februari 2022.
Baca Juga: Kawan Lama Group & Sinar Mas Land Gelar Topping Off Mall Living World Kota Wisata
Dengan sistem baru ini, menurut Charles, potensi antrean kendaraan yang hendak masuk maupun keluar area parkir Grand Indonesia dapat berkurang, karena portal di pintu masuk dan keluar area parkir telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang bekerja secara otomatis.
Meski demikian, pengunjung tidak perlu khawatir jika memerlukan bantuan petugas, karena setiap portal otomatis tersebut dilengkapi dengan tombol darurat.
Kemudian, di area parkir pengunjung dimanjakan dengan adanya papan informasi yang disebut Traffic Dispatch System (TDS). Papan informasi ini secara otomatis akan menampilkan rambu-rambu untuk memandu pengunjung ke pintu-pintu keluar mal yang lebih sepi, sehingga tidak akan terjadi kemacetan panjang di satu pintu keluar saja.
Sejalan dengan penerapan inovasi area parkir baru ini, ke depannya Grand Indonesia dan CentrePark akan mengembangkan teknologi lain yang akan semakin meningkatkan efisiensi pengelolaan area parkir, sekaligus meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengunjung. Inovasi yang tengah disiapkan untuk tahap kedua adalah sistem License Plate Recognition (LPR) dan Quick In Quick Out (QIQO).
“Sistem LPR ini menggunakan kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi pengunjung melalui plat nomor kendaraan. Sistem ini mampu mengenali nomor registrasi kendaraan, merek kendaraan, model atau tipe kendaraan, warna kendaraan, dan lampu utama kendaraan,” jelas Charles.
Baca Juga: Agung Podomoro (APLN) Percepat Proyek Pembangunan Propertinya, Ini Alasannya
Adapun sistem QIQO merupakan inovasi Centrepark berupa opsi transaksi parkir menggunakan kode respons cepat (quick response code/QR Code) yang semakin memudahkan akses bagi pengunjung. Dengan akses area parkir yang lebih nyaman, praktis, dan cepat, maka pengalaman pengunjung saat beraktivitas di Grand Indonesia pun bisa menjadi lebih menyenangkan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News