October
04
2022
     06:51

IKEA Indonesia Bagikan Rekomendasi Kegiatan Memulai Gaya Hidup Sehat & Berkelanjutan

IKEA Indonesia Bagikan Rekomendasi Kegiatan Memulai Gaya Hidup Sehat & Berkelanjutan
ILUSTRASI. Kontainer seperti SAMLA dari IKEA yang berfungsi sebagai tempat untuk mengaduk bahan baku atau juga bisa digunakan sebagai tempat pembuatan kompos.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Setiap orang pasti ingin memberikan kehidupan yang terbaik untuk keluarga di rumah. Ada banyak cara untuk mewujudkannya dan salah satu caranya adalah dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan berkelanjutan di rumah. Dengan demikian, kamu dan keluargamu telah mengambil andil untuk melindungi bumi, serta memberikan dampak positif bagi kondisi fisik dan psikologis para penghuninya.

Pekan lalu, IKEA Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan  “Rumahku, Ceritaku” yang salah satu tujuannya adalah untuk menginspirasi masyarakat untuk memulai gaya hidup berkelanjutan dari rumah melalui langkah sederhana. Dalam kegiatan tersebut, IKEA Indonesia bekerja sama dengan komunitas, designer, dan lifestyle practitioner di bidang berkelanjutan ternama seperti Kebun Kumara, Setali, Dendy Darman, Sustaination, dan masih banyak lagi, membagikan kiat untuk menciptakan rumah berkelanjutan, sehat, dan aman untuk manusia dan planet.

Berikut adalah lima rekomendasi kegiatan dari IKEA Indonesia dan komunitas ternama untuk memulai gaya hidup berkelanjutan, serta untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga yang dijamin akan membuat harimu semakin berkesan setelahnya!

1.Kegiatan upcycling untuk outfit terlihat seperti baru lagi

Bingung dengan lemari yang penuh dengan pakaian tapi saat bersamaan juga sudah bosan dengan tampilan baju itu-itu saja? Daripada membeli baju baru, kamu bisa mencoba kegiatan upcycling. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pakaian lama yang kamu miliki dan mentransformasikannya menjadi pakaian bahkan tas belanja atau aksesori lain menjadi mode baru. IKEA Indonesia dan komunitas Setali membagikan beberapa manfaat yang akan dirasakan melalui kegiatan upcycling, antara lain kamu telah mengambil peran terhadap lingkungan, serta meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri karena kamu berhasil bereksplorasi untuk menghasilkan suatu karya fashion baru.

Bahan-bahan yang diperlukan juga sederhana dan tidak sulit, yakni: gunting, benang dan jarum, potongan kain dan aksesoris, serta bahan dasar. Kamu juga bisa menggunakan KOSINGEN dari IKEA sebagai tempat penyimpanan bahan sisa untuk membuat projek selanjutnya.

2.Meal prepping untuk menunjang hari kerja lebih sehat dan hemat

Kantor dan sekolah mulai beroperasi secara offline, oleh karena itu membawa bekal makan siang tentunya adalah salah satu pilihan yang baik karena dapat menunjang gaya hidup yang lebih sehat dan tentunya hemat. Namun, masih banyak yang mengurungkan niat membawa bekal karena takut kurangnya waktu untuk mempersiapkan bekal sebelum berangkat menjalani aktivitas di luar rumah. IKEA Indonesia bersama dengan Astri Puji Lestari atau yang akrab disapa sebagai Atit, memberikan kiat untuk menggunakan metode meal prepping. Metode ini merupakan teknik menyiapkan makanan dalam jumlah banyak secara sekaligus sehingga kamu hanya perlu memanaskannya sebentar sebelum makan.

Sebelum melakukan metode ini kamu perlu menulis menu-menu apa saja yang ingin dimasak selama beberapa waktu ke depan. Beberapa hal yang harus kamu siapkan adalah: bahan makanan, alat untuk meal prepping seperti: ANNONS, ÄNDLIG, dan tempat penyimpanan makanan yang berkualitas agar kualitas makanan tetap terjaga dengan baik dan bisa dipanaskan di dalam microwave seperti wadah makanan IKEA 365+ dari IKEA. Yuk, mulai gaya hidup sehat ini.

3.Rumah semerbak yang bikin hati tenang dengan scented candle buatan sendiri

Rumah yang wangi dan bersih membawa perasaan nyaman dan bikin betah kepada siapapun yang tinggal di dalamnya. Untuk menciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman dan memaksimalkan waktu untuk beristirahat di rumah, kamu bisa menggunakan scented candle. Aromanya yang soft namun perlahan menyebar ke seluruh ruangan, dan juga cahaya hangat dari apinya, menciptakan kesan rileks dan homey. Serunya, kamu bisa membuat scented candle sendiri di rumah, lho!

Pekan lalu, IKEA Indonesia bekerja sama dengan Umah Living mengadakan demo terkait wewangian di rumah yang terbuat dari bahan alami dan berkelanjutan. Beberapa bahan yang kamu butuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini adalah soy wax, minyak esensial, sumbu lilin, dan wadah lilin seperti KORKEN dari IKEA. Dengan bahan-bahan sederhana tersebut, kini ruangan kamu tentunya akan memancarkan keharuman khas dan menciptakan suasana yang lebih nyaman.

4.Kegiatan mengompos yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah

Peningkatan jumlah sampah organik yang berasal dari sisa makanan dapat menimbulkan masalah serius bagi ekosistem lingkungan. Langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk mulai peduli akan lingkungan adalah kegiatan mengompos. Tak hanya kamu bisa berkontribusi untuk menyelamatkan bumi, tetapi dengan mengompos, rumah akan jauh lebih bersih dan terhindar dari bau sampah.

IKEA Indonesia bersama dengan Sustaination memberikan beberapa tips  untuk melakukan kegiatan mengompos. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan baku seperti: sampah coklat, sampah hijau, tanah, atau air cucian beras. Selain itu, kamu juga perlu kontainer seperti SAMLA dari IKEA yang berfungsi sebagai tempat untuk mengaduk bahan baku atau juga bisa digunakan sebagai tempat pembuatan kompos. Tak hanya itu, tentunya kamu memerlukan alat sekop untuk mendukung kegiatan mengompos di rumah seperti GRÄSMARÖ dari IKEA. Silakan mencoba, ya!

5.Menanam tanaman pangan sendiri di rumah

Aktivitas yang direkomendasikan selanjutnya adalah menanam tanaman pangan sendiri di rumah. Kegiatan ini selaras banget bagi kamu yang sudah memulai kegiatan mengompos dan memiliki keinginan untuk menjalankan meal prepping! Dengan menanam tanaman pangan di rumah kamu sendiri, tentunya kamu akan merasakan sejumlah manfaat dari kegiatan ini, yakni mengonsumsi makanan organik yang berkualitas, menghirup udara yang lebih segar dan bersih, dan latihan fisik serta relaksasi mental saat dalam proses menanam tanaman.

Oleh karena itu, IKEA Indonesia menggandeng Kebun Kumara untuk memaparkan lebih lanjut terkait kegiatan positif ini pekan lalu. Jangan khawatir, kamu tetap bisa melakukan kegiatan ini di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan alat berkebun seperti pot dengan lubang CITRUSFRUKT, sarung tangan karet RINNIG dan penyiram tanaman IKEA PS 2002 dari IKEA.

Bagi kamu yang tidak sempat meluangkan waktu untuk menghadiri rangkaian acara yang diselenggarakan oleh IKEA Indonesia, tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa menerapkan lima aktivitas seru di atas sebagai referensi untuk menghabiskan waktu di rumah lebih bermakna. Kamu juga masih memiliki kesempatan hingga tanggal 26 Oktober 2022 untuk mengunjungi toko IKEA Indonesia terdekat untuk berpartisipasi dalam photo booth ‘Rumahku, Ceritaku’ serta melihat room set yang dapat menjadi inspirasi dan solusi untuk menciptakan rumah sehat, aman, dan berkelanjutan.

Jangan lupa untuk bergabung untuk menjadi member IKEA Family dengan mengunduh aplikasi IKEA Indonesia secara gratis di App Store atau Google Play Store dan melakukan update aplikasi bagi yang sudah mengunduh aplikasi sebelumnya, serta dapatkan sejumlah rewards menarik seperti: gratis kopi setiap berkunjung ke toko IKEA Indonesia, mendapatkan buku edisi terbatas IKEA, 'Us & Our Planet: This Is How We Live' dan acara-acara menarik yang penuh inspirasi selanjutnya dari IKEA Indonesia!

Baca Juga: IKEA Hadirkan Inspirasi & Solusi di Rumah dengan Rangkaian Kegiatan Rumahku Ceritaku

Tentang IKEA

Visi IKEA adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan  menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga  terjangkau sehingga lebih banyak orang dapat membelinya.  

IKEA didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17  tahun. Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd,  nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu  berada.  

Konsep IKEA berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di  rumah, dengan memadukan pengalaman penggunaan material dan teknik produksi. IKEA memiliki  pengalaman 75 tahun dalam mengembangkan dan menampilkan rangkaian produk IKEA.  

Toko IKEA menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain dengan baik, fungsional dan  diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, dan dengan memperhatikan  keberlanjutan jangka panjang.  

Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat.  Produk IKEA dikemas datar, sehingga memungkinkan konsep “do-it-yourself” dan harga yang lebih terjangkau  untuk produk yang dibuat oleh para desainer.  

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel  Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing. Customer Meeting Point di Bali dibuka pada 18 November 2021. Selain Customer Meeting Point yang disebutkan di atas, IKEA membuka city store pertamanya di Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022. Yang terbaru, IKEA akan membuka toko pertamanya di Surabaya pada akhir 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved