October
19
2023
     09:10

Bank DBS Indonesia dan Badan Pangan Nasional Suarakan Bijak Kelola Sampah Makanan

Bank DBS Indonesia dan Badan Pangan Nasional Suarakan Bijak Kelola Sampah Makanan
ILUSTRASI. VP External Communications PT Bank DBS Indonesia Rifka Suryandari dalam diskusi seputar isu sampah makanan dalam rangka Hari Pangan Sedunia di Jakarta, Rabu (18/10/2023). 

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober, Bank DBS Indonesia meluncurkan kampanye "Live more, Waste Water & Food less". Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengurangan pemborosan makanan dan upaya konservasi air.

Berbagai pembicara, seperti VP External Communications PT Bank DBS Indonesia Rifka Suryandari, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional Dr. Drs. Nyoto Suwignyo, MM, Head of eFishery Fund and Ops of eFishery Diajeng Reisa Manik, CEO Foodbank of Indonesia Hendro Utomo, serta Founder Lyfe with Less Cynthia Indah Lestari membagikan pandangan mereka dalam diskusi seputar isu lingkungan dan keberlanjutan, terutama mengenai sampah makanan.

Menurut data dari United Nations Environment Programme (UNEP) atau Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2020, Indonesia menempati peringkat keempat untuk tingkat sampah makanan tertinggi di dunia yakni sebesar 20,94 juta metrik ton.

Permasalahan ini menjadi semakin genting karena pemborosan makanan diproyeksikan akan meningkat hingga 31 persen pada tahun 2030. Kesadaran rendah dan pemahaman yang terbatas mengenai isu ini menjadi salah satu kendala utama dalam menghadapi pemborosan makanan dan air. Alih-alih dianggap pemborosan, masyarakat memiliki persepsi bahwa kelebihan makanan adalah tanda kemakmuran.

Terdapat juga kesalahpahaman bahwa sampah makanan tidak berbahaya, karena pada akhirnya akan terurai. Memahami bahwa sisa sampah makanan dapat memberikan kontribusi signifikan pada emisi gas metana yang berpotensi merusak lingkungan, Bank DBS Indonesia sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan positif mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih sadar akan isu ini.

“Kami percaya bahwa kita semua, baik pemerintah, swasta, hingga masyarakat memiliki peran dalam mengatasi permasalahan sampah makanan demi menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Melalui kampanye ‘Live more, Waste Water & Food less’, kami mengikrarkan janji untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu sampah makanan dan konservasi air dengan semangat 'Water is life, water is food, and leave no one behind;. Dengan ini, kami berharap dapat menginspirasi perubahan positif dan mengajak masyarakat untuk berkontribusi nyata dalam menciptakan dunia yang lebih baik, sejalan dengan visi kami untuk menjadi ‘Best Bank for a Better World’,” ujar Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika.

Kampanye ini selaras dengan agenda pemerintah melalui Badan Pangan Nasional untuk mengatasi permasalahan sampah makanan yang salah satunya diimplementasikan melalui program “Gerakan Selamatkan Pangan”.

Dengan tujuan menyelamatkan pangan yang berpotensi menjadi sampah makanan, Gerakan Selamatkan Pangan terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu penyediaan, pengumpulan, penyortiran dan penyaluran pangan melalui donasi pangan; penyediaan platform penyelamatan pangan yang dapat diakses secara digital; serta sosialisasi, edukasi dan advokasi melalui kampanye “Stop Boros Pangan” dan “Belanja Bijak”.

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional Dr. Drs. Nyoto Suwignyo, MM mengatakan, “Melalui program Gerakan Selamatkan Pangan, kami bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat dalam mengelola sampah makanan dan mendorong praktik-praktik yang lebih berkelanjutan.

Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi Bank DBS Indonesia serta mitra-mitra di dalam ekosistem yang telah mencanangkan kampanye ‘Live more, Waste Water & Food less’ ini. Besar harapan kami agar kampanye ini menjadi penggerak agar semakin banyak perusahaan yang bergerak ke arah yang lebih hijau serta memberikan motivasi bagi masyarakat untuk semakin bijak dalam mengkonsumsi makanan dan air demi lingkungan yang lebih lestari.”

Sejak tahun 2020, Bank DBS Indonesia secara aktif menunjukkan kepeduliannya terhadap isu sampah makanan yang tertuang melalui gerakan #MakanTanpaSisa. Kepedulian ini diwujudkan melalui kemitraan erat dengan berbagai organisasi demi mendukung beragam inisiatif berkelanjutan.

Salah satunya adalah dengan Kebun Kumara untuk program "Kompos Kolektif", di mana sampah organik rumah tangga karyawan Bank DBS Indonesia diolah menjadi kompos guna mendorong pengurangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dengan FoodCycle Indonesia dalam program "Drive Hunger Away" di mana makanan yang tidak dikonsumsi karyawan atau makanan di gudang-gudang yang sudah mendekati tanggal kadaluarsa didonasikan kepada anak-anak kurang mampu dan lansia pra sejahtera yang rentan mengalami kelaparan.

Bank DBS Indonesia juga menjalin kerja sama bersama Alfamart dan juga e-commerce seperti Bukalapak dan Blibli dalam meningkatkan kesadaran terhadap isu food waste dan food loss melalui berbagai kanal komunikasi hingga menyelamatkan makanan agar tidak sampai ke TPA dengan mengolahnya menjadi bahan pangan untuk didistribusikan kembali.

Lebih dari itu, Bank DBS Indonesia pun mendistribusikan makanan surplus kepada 3.300 orang di beberapa kota besar melalui program “Kulkas Berjalan” bersama Foodbank of Indonesia (FOI). Bank DBS Indonesia juga mendukung upaya Jangjo dalam mengatasi masalah sampah makanan di pusat perbelanjaan dan restoran, serta Surplus Indonesia yang fokus dalam menyelamatkan makanan berlebih dari UMKM melalui platform Surplus yang kemudian didonasikan ke anak-anak di panti asuhan di sekitaran Jakarta.

Dengan eratnya jaringan di dalam ekosistem yang dibangun, Bank DBS Indonesia pun berhasil menjembatani eFishery untuk mendonasikan sebanyak 30 kg ikan nila kepada FOI yang kemudian diterima oleh 150 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan lansia di Jakarta sebagai bagian dari komitmen eFishery terhadap ketahanan pangan dan modernisasi ekosistem akuakultur.  

Beberapa kegiatan dengan mitra juga dilakukan oleh Bank DBS Indonesia melalui program sukarelawan untuk karyawannya yaitu People of Purpose seperti donasi dan pembagian makanan.

Sebagai hasilnya, sepanjang tahun 2023, Bank DBS Indonesia telah berhasil menyelamatkan 250.000 kg food impact atau makanan yang berhasil diselamatkan sehingga tidak berakhir di TPA. Pencapaian ini mencatat peningkatan yang signifikan yakni sebesar 346%, jika dibandingkan tahun 2022 yang mencatatkan 56.596 kg food impact. Data dari DBS Group, secara regional, Bank DBS telah mencatatkan lebih dari 2,000 ton food impact dari semua negara dimana DBS beroperasi.

Seluruh komitmen Bank DBS Indonesia akan environment, social, dan governance (ESG) dirangkum dalam tiga pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia, yaitu Responsible Banking yang berfokus pada upaya bank untuk menghadirkan produk perbankan yang bertanggung jawab, Responsible Business Practice yang menitikberatkan praktik operasional yang ramah lingkungan, serta Impact Beyond Banking yang berfokus pada bagaimana bank memberikan dampak positif bagi lingkungan dan komunitas sekitar.

Kampanye ‘Live more, Waste Water & Food less’ serta gerakan #MakanTanpaSisa merupakan bukti nyata dari konsistensi Bank DBS Indonesia dalam menjalankan pilar ketiga, Impact Beyond Banking.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 19 negara. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura. DBS berada dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Tiongkok, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" DBS termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS dinobatkan sebagai  “World’s Best Bank” oleh Global Finance, “World’s Best Bank” oleh Euromoney dan “Global Bank of the Year” oleh The Banker. DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, yang terpilih sebagai “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney dan “Most Innovative in Digital Banking” di dunia oleh The Banker. Selain itu, DBS mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia“ dari Global Finance selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2023.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, UKM, dan juga perbankan korporasi. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan itu.

DBS bertekad membangun hubungan langgeng dengan nasabah serta menjadi bank dengan cara bank Asia. Melalui DBS Foundation, bank menciptakan dampak positif yang lebih dari sekadar perbankan melalui dukungan kepada wirausaha sosial: bisnis yang berfokus menyeimbangkan profit serta dampak sosial dan/atau lingkungan. DBS Foundation juga berkontribusi kepada masyarakat dalam berbagai hal, termasuk mempersiapkan masyarakat dengan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan dan membangun ketahanan pangan.

Dengan jaringan operasional ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir menarik.

Baca Juga: Bank DBS Indonesia: Prospek Ekonomi dan Pasar Memasuki Kuartal Keempat 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved