XL Axiata Raih Pertumbuhan Kuat Di Q3 2017, Agenda Transformasi Hasilkan Berbagai Pencapaian Positif
PT
XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyampaikan berbagai pencapaian positif dari
kinerja perusahaan selama sembilan bulan pertama yang berakhir per 30 September 2017. Layanan data masih memberikan kontribusi yang sangat
signifikan, bahkan semakin kuat sebagai kontributor pendapatan utama bagi perusahaan.
Presiden
Direktur & CEO XL Axiata,
Dian Siswarini, mengatakan, “Kinerja kami yang tumbuh kuat di kuartal ketiga
memperlihatkan bahwa agenda transformasi merupakan strategi yang tepat dan
terbukti menghasilkan pencapaian yang sesuai harapan. Bisnis layanan Data
menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun
lalu dan yang tertinggi di
industri, dengan komposisi pendapatan layanan data dan pengguna smartphone mencapai
71% dan 70%. Saya senang XL Axiata berhasil memanfaatkan momentum untuk terus
tumbuh selama 4 kuartal berturut-turut ”.
XL Axiata telah berhasil memanfaatkan
momentum meningkatnya penggunaan layanan Data di Indonesia dengan terus
membangun infrastruktur jaringan Internet kecepatan tinggi yang handal dan
memperluas cakupan layanan. Untuk memperkuat bisnis layanan Data tersebut,
jaringan 4G LTE XL Axiata
saat ini telah menjangkau 338 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia,
dengan hampir 16.000 BTS 4G, serta lebih dari 44.000 BTS 3G. Hal ini telah
menempatkan XL menjadi brand pilihan
bagi pelanggan data dan pengguna smartphone, dimana melalui parameter Net Promoter Score (NPS) menunjukkan
adanya peningkatan penilaian terhadap berbagai atribut khususnya yang terkait
dengan meningkatkan persepsi positif pelanggan terhadap kualitas layanan data
khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal. Selain itu, meningkatnya
investasi yang dilakukan di berbagai wilayah di luar Jawa dengan program 3G
U900 dan perluasan jaringan internet kecepatan tinggi 4G LTE yang telah
mancakup ratusan kota di Sumatera,
Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok, telah mendorong XL untuk dapat
meraih wilayah pertumbuhan baru, selaras dengan semakin meningkatnya trafik
Data dan pertumbuhan pendapatan.
Dian
menambahkan, “Berbagai penawaran paket Data inovatif kami melalui strategi dual-brand telah telah
menghasilkan berbagai pencapaian yang positif, selaras dengan semakin
diminatinya XL bagi segmen pasar white-collar dan blue-collar,
serta Axis bagi segmen pasar youth, dimana kedua merk tersebut
membedakan penawarannya sesuai
fokus dari segmen pasarnya”. XL
Axiata juga terus berhasil menarik jumlah pengguna data dan smartphone,
dengan lanju penetrasi smartphone meningkat 3 persen sejak kuartal
sebelumnya menjadi 70%. Konsumsi layanan Data juga terus menerus meningkat, dimana
trafiknya mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya, sehingga mempercepat
konsumsi data per pengguna.
Produk
layanan XL Axiata yang berhasil merebut pasar
terutama Program Xtra Combo dan AXIS Hitz. Layanan Xtra Combo dengan brand “XL”
terus menjadi favorit pelanggan prabayar XL sejak diluncurkan pertama kali.
Program ini memberikan bonus yang sangat menarik, yaitu dengan membeli paket
internet, pelanggan akan bisa menikmati akses YouTube tanpa kuota, juga kuota
menelpon ke semua operator 24 Jam. Selain itu, pelanggan juga masih akan
mendapatkan manfaat dari kerja sama dengan penyedia konten, berupa bebas
berlangganan konten untuk menyaksikan Liga Inggris di Genflix, menikmati serial
drama Korea favorit di Tribe, dan streaming musik sepuasnya di Yonder.
XL
Axiata juga berhasil mendapatkan
sambutan baik dari pelanggan dari program lainnya seperti XL Super Ngobrol Baru
yang menawarkan layanan gratis menelpon dan SMS tanpa batas ke semua nomor XL,
menelpon Rp 1/detik ke operator lain, Rp 50 per SMS ke operator lain, dan akses
internet Rp 50/MB. Selain itu, pelanggan masih akan mendapatkan manfaat berupa
gratis nelpon tanpa batas melalui WhatsApp dan LINE, gratis akses YouTube
100MB/bulan, serta gratis berlangganan dan akses ke program “XL Super Nonton”.
Sementara
itu bagi pelanggan “AXIS”, program AXIS Hitz telah mampu menjawab kebutuhan
mereka atas layanan yang sesuai dengan karakter anak muda beserta segala
aktivitasnya. Paket AXIS HITZ menjadi produk yang digemari pelanggan muda
karena menawarkan keuntungan berupa tarif menelpon
irit disertai bonus SMS ke semua operator, serta tambahan bonus tambahan berupa
gratis akses ke aplikasi chatting WhatsApp, LINE, dan BBM. Peningkatan
kualitas layanan juga terus dilakukan bagi pelanggan AXIS melalui sejumlah
inisiatif, antara lain penerbitan voucher AIGO (AXIS Internet On The Go)
untuk mempermudah pelanggan mendapatkan paket internet AXIS.
Pada
layanan pascabayar, XL Axiata juga terus memaksimalkan layanan XL PRIORITAS
yang menawarkan beragam program menarik, seperti antara lain layanan yang
bersifat prioritas hingga bundled data. Daya tarik XL Prioritas ada pada
manfaat yang ditawarkan yaitu antara lain menggunakan jaringan 4G LTE yang
diprioritaskan sehingga bisa menghadirkan akses data/internet yang lebih cepat
dan stabil dibandingkan non XL Prioritas. Selain itu, ada juga fasilitas “worry
free” untuk menelpon dan SMS ke semua operator dan “worry free”
untuk layanan Data Roaming dengan tarif flat.
Di
kuartal tiga tahun 2017, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 5% QoQ dan 14% YoY, yang didorong dari
pertumbuhan pendapatan Data yang tumbuh sebesar 11% QoQ atau 61% YoY. Adapun kenaikan pendapatan layanan Data didorong dari adanya
peningkatan yang signifikan dari produk layanan data yang inovatif dan didukung
dengan jaringan data berkualitas tinggi. Pendapatan layanan Data memberikan
kontribusi sebesar 71% terhadap pendapatan jasa perusahaan dibandingkan periode
yang sama tahun lalu, dan
ini adalah yang tertinggi secara industri.
Selama periode sembilan bulan di 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor
sebesar Rp.16,926 triliun, meningkat sebesar 5% YoY, terdorong dari
meningkatnya Service
Revenue perusahaan sebesar 8%.
Dari sisi jumlah pelanggan, pada
kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 2 juta pelanggan,
sehingga secara total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 52.5 juta. Adapaun
ARPU secara kuartal juga meningkat, dengan rata-rata ARPU campuran sebesar Rp.
35.000.
Peningkatan pendapatan layanan Data
didorong oleh meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone, yakni
meningkat 36%
dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di akhir kuartal ini, jumlah
pengguna smartphone mencapai sekitar 37 juta, atau sekitar 70% dari
total pelanggan XL Axiata,
tertinggi di antara operator yang ada di Indonesia. Meningkatnya
pengguna smartphone juga mendorong meningkatnya trafik layanan sebesar
162% YoY, yang mayoritas
dikarenakan kenaikan dari trafik data.
Earnings
Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization (EBITDA) XL Axiata tumbuh secara
berturut-turut selama tiga kuartal sebesar 10% QoQ dan 15% YoY dengan margin
sebesar 38,2% di kuartal ketiga 2017 yang didorong dari meningkatnya pendapatan
serta upaya efisiensi yang dilakukan. Selama periode sembilan bulan di tahun
2017, EBITDA mengalami penurunan sebesar 1% YoY menjadi Rp. 6,2 triliun yang merupakan dampak dari meningkatnya
beban biaya pemasaran dan penjualan untuk memasarkan perluasan jaringan U900 dan 4G LTE, khususnya di luar Jawa. Secara
keseluruhan pencapaian kinerja perusahaan mengalami peningkatan dengan Laba Bersih selama sembilan bulan
sebesar Rp. 238 milliar,
meningkat sebesar 49%.
Melanjutkan keberhasilan
berbagai inisitif pengelolaan neraca keuangan di tahun 2016, maka necara
keuangan XL Axiata saat ini juga juga tetap kuat dengan tingkat rasio hutang
terhadap EBITDA dalam posisi yang aman, yaitu 1,5x. Dengan demikian, XL Axiata
memiliki landasan yang kuat untuk terus melakukan pengembangan bisnis dan menjadi penyedia layanan data terdepan di Indonesia.
Sebagai perusahaan yang memiliki
kepedulian, XL Axiata
juga meluncurkan inisiatif program sosial yang dipadukan dengan edukasi
pemanfaatan layanan internet cepat dan data kepada kalangan pelajar. Melalui
program bernama “Gerakan Donasi Kuota” ini, untuk setiap pelanggan yang mengisi
ulang paket Xtra Combo, XL Axiata akan memberikan donasi kuota dalam jumlah
tertentu bagi pelajar di 5.000 sekolah setingkat SMA/SMK. Jadi, semakin banyak
jumlah dan intensitas pelanggan mengisi ulang paket Xtra Combo, maka semakin banyak
pula kuota yang didonasikan untuk dunia pendidikan.
Program
Gerakan Donasi Kuota ini meneruskan Program 1.000 Sekolah Broadband yang telah
tuntas dijalankan di semua wilayah yang telah terjangkau layanan internet cepat
XL Axiata. Program ini telah memberikan manfaat bagi sekitar 400 ribu siswa
SMA/SMK di lebih dari 40 kota/kabupaten di berbagai daerah.
Pencapaian kinerja perusahaan yang
terus meningkat tersebut menunjukkan implementasi agenda transformasi yang
dilakukan sudah berada pada jalur yang tepat. Agenda Transformasi XL Axiata terdiri dari Revamp
(Mengubah) – mengubah model bisnis pencapaian pelanggan (dari 'volume' menjadi
'value') disertai strategi distribusi serta perbaikan portofolio produk untuk
meningkatkan pendapatan. Rise (Meningkatkan) – meningkatkan nilai brand XL dan
menggunakan strategi dual-brand dengan AXIS untuk menyasar berbagai segmen
pasar yang berbeda. Reinvent (Menemukan kembali) – menumbuhkan berbagai inovasi
bisnis melampaui model bisnis yang digunakan saat ini.
Tentang
XL Axiata
PT
XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka
di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan
kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan
ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober
1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan
korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia.
Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang
dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli
2015. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom
(Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell
(Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore).