September
29
2021
     18:07

Stay The Course: Lima Fakta Penting Terkait Penanaman Modal pada Triwulan ke-4 2021

Stay The Course: Lima Fakta Penting Terkait Penanaman Modal pada Triwulan ke-4 2021

Jakarta, 29 September 2021 - Dengan memuncaknya momentum pertumbuhan ekonomi global dan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) mengisyaratkan pelonggaran kuantitatif melalui pengurangan pembelian aset kemungkinan besar akan terjadi, kami memperkirakan fase moderasi akan terjadi dengan perbedaan lebih besar antara kinerja pasar negara berkembang (emerging market, EM) dan pasar negara maju (developed market, DM), serta kebutuhan untuk menyesuaikan strategi portofolio.

Dalam kondisi ini, kami percaya bahwa triwulan ke-4 2021 akan dibentuk oleh tema berikut:

1.Moderasi dalam momentum pertumbuhan dan pengembalian keuntungan pasar ekuitas: Kami memperkirakan momentum pertumbuhan makro memasuki fase moderasi dalam beberapa bulan mendatang setelah ekspansi kuat terlihat sejak April 2020. Kondisi yang ikut menyebabkan moderasi terjadi termasuk (a) Memudarnya dampak dari pelonggaran fiskal AS dan (b) kasus Covid kembali merebak.

Pasar ekuitas tidak serta merta mengalami koreksi tajam ketika momentum makro memuncak mengingat aktivitas ekonomi masih dalam mode ekspansi (meskipun dengan kecepatan lebih lambat). Namun, keuntungan pasar ekuitas kemungkinan akan lesu dalam beberapa bulan mendatang karena investor mencari katalis baru.

2.Perbedaan antara DM dan EM: Kami percaya perbedaan antara DM dan EM akan bertahan pada triwulan mendatang. Dalam CIO Insights 3Q21, kami menyoroti bahwa ekuitas EM secara historis berkinerja buruk selama siklus pengetatan moneter Bank Sentral AS, dan keputusan kami membuahkan hasil. Kali ini tidak akan berbeda karena:

i)    Ketergantungan EM terhadap pendanaan utang dolar eksternal

ii)   Mempersempit perbedaan imbal hasil antara EM dan DM

iii)  Perbedaan situasi Covid antara EM dan DM

3.Saham teknologi akan kembali memimpin: Dengan sentimen positif seputar penemuan vaksin yang semakin dihargai, kami percaya bahwa saham Teknologi siap untuk kembali memimpin. Pencarian pertumbuhan dan prospek pendapatan lebih kuat di ruang teknologi pasca-pandemi adalah katalis utama untuk kinerja superior saham ini.

Kami memperkenalkan kerangka kerja I.D.E.A. (singkatan dari Innovators, Disruptors, Enablers, dan Adapters) untuk memilih pemenang yang dapat berhasil melalui disrupsi digital global. Kami merekomendasikan pemodal untuk mencari pemenang Teknologi yang menampilkan karakteristik berikut:

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved