January
06
2022
     12:33

Bank DBS Indonesia Siap Kawal Rencana Pemulihan Ekonomi Indonesia

Bank DBS Indonesia Siap Kawal Rencana Pemulihan Ekonomi Indonesia

Jakarta, 6 Januari 2022 - Indonesia siap meninggalkan 2021 dengan sejumlah torehan keberhasilan signifikan yang mencerminkan keseriusan upaya pemerintah, terutama di bidang kesehatan dan ekonomi.

Kondisi tersebut tentunya ikut menguatkan keyakinan sejumlah pihak untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengawal laju pemulihan kesehatan masyarakat dan perekonomian.  

Dalam bidang kesehatan, hingga minggu kedua Desember 2021, berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, sebanyak 103 juta warga telah divaksinasi dosis lengkap. Sementara 146 juta warga lainnya telah divaksin dosis pertama.

Secara total, sebanyak 251,14 juta dosis vaksin telah disuntikkan, dan akan menembus 300 juta vaksinasi pada minggu ketiga Januari 2022.

“Vaksinasi yang kami lakukan sudah mencapai 38,16 persen dari jumlah total populasi,” ujar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat rapat dengan DPR, Selasa (14/12).

Walaupun target capaian vaksinasi 70 persen belum tercapai dan baru dilakukan di 13 provinsi dari total 33 provinsi, tetapi kerja keras pemerintah dalam menanggulangi pandemi mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Alhasil Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah capaian vaksinasi terbesar di dunia.

Saat ini, hanya ada lima negara yang berada di atas Indonesia, yakni China (2,6 miliar dosis), India (1,3 miliar dosis), Amerika Serikat (484 juta dosis) dan Brasil (319 juta dosis), berdasarkan informasi yang dirilis oleh Menteri keuangan, Sri Mulyani Indrawati di sebuah acara pada minggu lalu.

Pada sektor perekonomian, fenomena pemulihan juga sudah tergambar jelas. Bank Indonesia memprediksikan bahwa Indonesia akan mengalami tingkat pertumbuhan ekonomi 4,7-5,5 persen pada 2022.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 3,51 persen pada kuartal III- 2021 (YoY). Sektor usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial mencatatkan pertumbuhan tertinggi sebesar 14,01 persen. Ekspor barang dan jasa juga terlihat membukukan kenaikan tertinggi sebesar 29,16 persen.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga beberapa waktu lalu menyatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia semakin menunjukkan indikasi bertumbuh. Salah satunya terlihat dari neraca perdagangan Indonesia pada Oktober lalu yang surplus sebesar US$5,73 miliar.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved