May
06
2021
     15:01

Nespresso Berkolaborasi dengan Pengrajin Lokal Meluncurkan Rangkaian Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada

Nespresso Berkolaborasi dengan Pengrajin Lokal Meluncurkan Rangkaian Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada

Jakarta, 6 Mei 2021 – Nespresso menambah satu lagi varian di dalam seri Master Origins, yaitu Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada, kopi seasonal pertama dari Nicaragua yang menggunakan teknik fermentasi dalam pembuatannya.

Nespresso Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada

Penggunaan teknik gastronomi bukan lagi hal yang asing dalam dunia kuliner, dengan teknik uniknya yang mengubah bahan-bahan mentah menjadi sajian kuliner istimewa, sama halnya dengan Nespresso. Para coffee expert di Nespresso bekerja sama dengan pertanian di Nicaragua untuk menghasilkan rasa kopi yang istimewa untuk dapat dinikmati para penikmat kopi Nespresso dari rumah masing-masing.   

Varian kopi terbaru yang dihasilkan termasuk dalam seri Master Origins, rangkaian yang terdiri dari biji kopi yang diambil dari satu daerah dari berbagai belahan dunia, memberikan pengalaman ekstraordinari bagi para penikmat kopi untuk merasakan kenikmatan kopi tersebut. Rasa dan aroma istimewa dari kopi-kopi ini tak hanya berdasarkan pada asal daerah masing-masing, tetapi juga karena proses produksi kopi yang dilakukan dengan teknik khusus dari masing-masing komunitas petani lokal.

Cerita asal mula dari La Cumplida Refinada

Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada adalah salah satu contoh dari ketertarikan dan perjalanan Nespresso dalam mencari proses pembuatan kopi yang dapat menghasilkan rasa kopi yang memiliki berbagai rasa mengejutkan dalam setiap cangkirnya.

Dikarenakan kondisi perubahan iklim, pertanian-pertanian kecil di Nicaragua dikenal dengan kopi microlots, yaitu kopi yang ditanam dengan jumlah terbatas oleh pengrajin kopi lokal. Di waktu yang bersamaan, coffee experts di Nespresso melihat adanya perkembangan dari eksperimen proses pascapanen kopi, terutama di tahap fermentasi.

Seperti halnya wine, proses fermentasi adalah tahap penting dalam pembuatan kopi untuk mengeluarkan rasa dan aroma kopi yang sebenarnya. Proses di mana pengrajin kopi memutuskan teknik fermentasi kopi akan memengaruhi rasa kopi dalam setiap cangkirnya.

Nespresso melakukan pencarian proses fermentasi kopi yang tepat hingga akhirnya bertemu dengan pengrajin kopi di Nicaragua pada tahun 2018. Para coffee experts berkolaborasi dengan pengrajin dan petani lokal dari La Cumplida mencoba berbagai eksperimen, untuk mencari dan menemukan proses fermentasi yang sesuai.

Akhirnya, ditemukan cara fermentasi yang tepat yaitu dengan menyemprotkan ceri kopi yang sudah matang dengan ragi natural dan dibiarkan untuk memulai proses fermentasi selama 72 jam, proses ini akan menghasilkan profil kopi yang manis dan ringan dengan note buah-buahan.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved