May
20
2020
     16:42

Lumbung Pangan Jatim Optimalkan Sinergi dengan GoSend

Lumbung Pangan Jatim Optimalkan Sinergi dengan GoSend

Surabaya 19 Mei 2020 - Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19, Gojek melalui layanan GoSend mendukung penuh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam program Lumbung Pangan Jatim berupa penyelenggaraan Pasar Sembako Murah yang diadakan dari tanggal 21 April hingga 21 Juli 2020 di Jatim Expo.

Pelanggan dapat dengan mudah berbelanja secara daring dan menerima barang melalui layanan GoSend, sebuah solusi pengiriman barang yang berkomitmen untuk mengantarkan barang bagi pengguna Gojek dengan lebih mudah dan cepat. Dengan belanja daring melalui website https://lumbungpanganjatim.com/, masyarakat mendapatkan layanan gratis biaya pengiriman hingga 20 kilometer.

Inovasi dalam sistem GoSend mempermudah para pengguna untuk menginformasikan alamat lengkap dan jenis barang yang hendak dikirim serta memantau lokasi mitra driver Gojek pada saat proses pengiriman barang. Karena keunggulannya ini, Pemprov Jatim menjadikan layanan GoSend sebagai mitra Lumbung Pangan Jatim dalam pengiriman barang belanja masyarakat.

Untuk memastikan keamanan dan kesehatan, baik mitra Gojek yang memberikan layanan GoSend maupun Lumbung Pangan Jatim menetapkan standar prosedur operasional (SOP) untuk mengatasi penyebaran pandemi COVID-19, dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di Jatim Expo, menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) serta melengkapi mitra driver Gojek dengan masker dan alat pelindung diri lainnya.

Khofifah Indar Parawansa - Gubernur Jawa Timur mengatakan, “Dalam Lumbung Pangan Jatim masyarakat diberikan banyak kemudahan pemenuhan kebutuhan logistik mereka selama PSBB, bulan Ramadhan, menjelang Lebaran Idul Fitri. Di masa penerapan PSBB, memang teman-teman dari ojek online tidak bisa menarik penumpang. Maka menggandeng mereka untuk mengantarkan belanja pelanggan Lumbung Pangan Jatim yang belanja online adalah ikhtiar kita untuk membantu dan meringankan beban mereka yang terdampak COVID-19.

Sementara itu Leo Arifin -  VP Strategic Regional Head Gojek Jatim dan Bali Nusra mengatakan, ”Kami mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif yang dilakukan oleh Pemprov Jatim melalui program Lumbung Pangan Jatim berupa Pasar Sembako Murah ini. Layanan GoSend turut membantu mitigasi penyebaran pandemi COVID-19 melalui teknologi dan program kolaboratif. Di samping itu, kami terus mendukung gerakan #dirumahaja dengan menghindari kontak fisik langsung sambil mengemban tanggung jawab menjaga mitra kami seoptimal mungkin agar mereka tetap produktif dan aman.”

Sebagaimana diketahui, dalam situasi yang penuh tantangan saat ini GoSend memastikan keamanan dan kesehatan dalam layanan dengan menerapkan SOP terkait COVID-19, antara lain memfasilitasi jarak aman sedikitnya satu (1) meter ketika bertemu dengan orang termasuk pelanggan; untuk menghindari kontak fisik langsung. Beragam kanal digunakan untuk mempromosikan kebiasaan hidup sehat dengan menyebarkan informasi kesadaran dan pencegahan COVID-19, pemberitahuan dalam aplikasi dan diskusi dengan mitra. GoSend telah menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra UMKM dan mitra driver agar pelanggan tetap #dirumahaja.

Di sisi lain Erlangga Satriagung - Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim mengatakan, “Masyarakat sangat antusias atas keberadaan Lumbung Pangan Jatim sejak dibuka di tanggal 21 April yang lalu. Lumbung Pangan hadir karena kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan jelang Idul Fitri di tengah Covid-19 tetap tinggi. Oleh karena itu keberadaan Lumbung Pangan Jatim ini diharapkan dapat memberikan kepastian ketersediaan bahan pokok yang aman dan mudah diakses masyarakat serta memastikan stabilitas harganya”.

“Di samping itu, kami melakukan berbagai inisiatif dan terobosan, salah satunya bermitra dengan Gojek dengan menggandeng layanan GoSend bagi masyarakat yang berbelanja secara daring  untuk mengantarkan kebutuhan dan pesanan masyarakat secara efektif, higienis, dan cepat. Layanan GoSend ini dapat menjadi solusi agar masyarakat Kota Surabaya Raya dapat tetap aman berbelanja meski #dirumahaja’,  jelas Erlangga.

Bagi masyarakat yang berbelanja secara daring melalui website, setelah melakukan pembayaran secara virtual dan menginformasikan titik pengirimannya, maka driver Gojek yang sudah bekerja sama dengan Lumbung Pangan Jatim akan mengantarkan belanjaan ke tempat yang dituju dengan biaya pengiriman yang ditanggung oleh Pemprov Jawa Timur.

Hingga tanggal 18 Mei 2020, total transaksi penjual Lumbung Pangan Jatim mencapai Rp 3,3 miliar sejak dibuka di tanggal 21 April yang lalu. Dengan transaksi belanja online yang memanfaatkan layanan bebas ongkir rata-rata 200 lebih driver per hari. Sehingga dalam sehari ada sebanyak lebih dari 200 ojek online yang dibantu mendapatkan penghasilan melalui program Lumbung Pangan Jatim ini.

Tentang Grup Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang memelopori model Super App dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya.
 
Sejak awal berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara. Per kuartal keempat 2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh hampir 170 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara. Melansir data dari App Annie ‘2020 State of Mobile Report’, Gojek menjadi aplikasi on-demand paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus menawarkan cara pintar guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sejalan dengan misinya untuk mempermudah kehidupan sehari-hari serta menciptakan dampak sosial positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra penyedia layanan, serta mitra bisnis dan UMKM di dalam ekosistemnya, pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua kalinya ke dalam daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia versi Majalah Fortune tahun 2019 (Fortune’s “Change the World” 2019).

Aplikasi Gojek tersedia untuk diunduh melalui iOS dan Android.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved