June
21
2021
     12:12

KKP Serahkan Percontohan Pembenihan Ikan Gabus di Kota Banjarbaru

KKP Serahkan Percontohan Pembenihan Ikan Gabus di Kota Banjarbaru

JAKARTA (21/6) – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan di tengah masa pandemi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menggelar kegiatan Serah Terima Bahan Percontohan Penyuluhan Perikanan “Pembenihan Ikan Gabus dengan Sistem Jaring Bertingkat” di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis minggu lalu (17/6/2021).

Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan pasal 26 ayat (3), BRSDM berperan dalam menyebarluaskan materi penyuluhan serta mengembangkan berbagai bentuk metode dan media penyuluhan. Salah satu metode penyuluhan perikanan adalah demonstrasi hasil melalui percontohan penyuluhan kelautan dan perikanan.

Difasilitasi oleh Balai Pelatihan Penyuluhan dan Perikanan (BP3) Banyuwangi, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, dan stakeholder lain.

Ditemui secara terpisah, Kepala BRSDM KP, Sjarief Widjaja mengharapkan, peran penyuluh dapat memberdayakan dan mendampingi masyarakat. Salah satunya dengan melalui percontohan penyuluhan budidaya ikan gabus. Pengembangan budidaya ikan gabus sejalan dengan program prioritas KKP 2021-2024 yang digaungkan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, di program ke-3 yakni pengembangan perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

“Ikan gabus ini memiliki potensi yang baik dan dapat dikembangkan melalui percontohan penyuluhan. Saya berharap para penyuluh dapat mendampingi masyarakat dalam mengembangkan budidaya ini serta memperhatikan kriteria jenis inovasi, menguasai teknis, ekonomi yang menguntungkan, dapat diterima masyarakat, dan ramah lingkungan,” ujar Sjarief.

Dalam kegiatan percontohan ini, inovasi yang diterapkan menggunakan pembenihan dengan sistem jaring bertingkat. Sistem ini diterapkan dengan melakukan perkawinan secara alami yang bersifat parental fish atau melindungi telur dari induk ikan gabus  sehingga posisi induk ikan gabus berada di atas akan melindungi telur atau larva yang ada di bawahnya. Sistem ini merupakan sistem baru yang belum pernah diterapkan dengan skala besar di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sjarief mengatakan kegiatan percontohan penyuluhan KP ini, bertujuan untuk mendiseminasikan teknologi kelautan dan perikanan yang tepat dan berhasil. Hal ini sesuai dengan kebutuhan sasaran penyuluhan dalam rangka meningkatkan produksi di bidang kelautan dan perikanan.

Saat ini sektor kelautan dan perikanan telah terbukti sebagai salah satu sektor yang mampu bertahan dan menjadi tumpuan dalam mengatasi krisis ekonomi di Indonesia. Hingga saat ini, upaya-upaya untuk meningkatkan produksi perikanan terus dikembangkan. Hal tersebut yang menjadikan sektor kelautan dan perikanan memiliki peranan dalam meningkatkan perekonomian di masa mendatang.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP), Lilly Aprilia Pregiwati menyatakan bahwa dalam percontohan penyuluhan ini, ikan gabus perlu ditingkatkan proses produksinya, khususnya di Kota Banjarbaru. Hal ini karena Kota Banjarbaru memiliki potensi sumber daya perikanan yang cukup besar, dengan ditandai adanya 54 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan 25 Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar).

“Ikan gabus adalah tumpuan dari salah satu usaha yang dilakukan oleh para pembudidaya, khususnya di Kota Banjarbaru. Produksi ikan gabus selama ini masih mengandalkan tangkapan dari alam dengan kecenderungan produksi yang semakin menurun. Pastinya semakin banyak orang yang minat pada ikan gabus ini, maka tentunya perlu dilakukan upaya dorongan dan juga terobosan inovasi kepada para pelaku utama agar bisa terus meningkatkan produksi ikan gabus,” jelas Lilly.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved