January
23
2019
     18:47

Inilah 7 Keseruan Menjadi Bagian dari Cashless Society

Inilah 7 Keseruan Menjadi Bagian dari Cashless Society

Jakarta, 23 Januari 2019 - Perkembangan teknologi sejatinya memicu perubahan gaya hidup termasuk dengan cara bertransaksi masyarakat Indonesia. Saat ini, masyarakat sudah mulai terbiasa bertransaksi non-tunai dengan teknologi pembayaran digital atau yang disebut dengan tren cashless society. Berdasarkan Consumer Payment Attitudes Study yang dirilis oleh Visa (2016), masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan kartu pembayaran elektronik dibandingkan dengan uang tunai. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa 34% masyarakat Indonesia hanya membawa sedikit uang tunai dibandingkan dengan lima tahun yang lalu, karena 71% masyarakat lebih suka menggunakan kartu pembayaran dan 59% menganggap bahwa membawa uang tunai tak lagi aman.

Hal ini sejalan dengan program yang diinisiasi oleh Bank Indonesia pada tahun 2014, yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Tidak dapat dipungkiri, peralihan sistem transaksi pada masyarakat dikarenakan adanya teknologi pembayaran yang inovatif, efisien, aman, dan mudah digunakan. Lantas, apakah kamu sudah menjadi bagian dari cashless society? Mari kita ulas apa saja sih keseruan menjadi bagian dari cashless society.

1. Banyak promo? Sudah pasti!

Transaksi menggunakan alat pembayaran non-tunai sebenarnya sangat menguntungkan bagi masyarakat. Hal tersebut tentunya sangat beralasan, karena banyak merchant yang menawarkan berbagai potongan harga dan cashback bagi pengguna setianya. Hal tersebut membuat barang-barang yang kita beli menjadi lebih murah dan tentunya bisa membuat kita lebih hemat bukan?

2. Pengeluaran menjadi lebih teratur

Ngga percaya? Pernah dengar istilah spending tracker?

Pembayaran non-tunai selain lebih cepat dan efisien, juga memungkinkan kamu untuk memonitor berbagai transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya. Kamu jadi bisa tahu seberapa banyak dana yang dikeluarkan untuk pos-pos tertentu, misalnya untuk belanja kebutuhan pokok, makan di restoran, melakukan hobi, dan kegiatan lainnya. Melalui laporan ini tentunya kamu bisa merencanakan keuangan kamu lebih baik lagi di setiap bulannya.

3. Anti transfer dengan biaya tambahan

Hal yang biasa menjadi kendala ketika kita ingin transfer dana entah untuk keluarga atau teman yang memiliki rekening dari bank lain adalah biaya transfer. Tanpa kita sadari, kita secara rutin mengeluarkan biaya untuk transfer antar bank yang terasa sedikit tetapi cukup menguras kantong. Apalagi jika kita berhadapan dengan situasi dimana kita harus transfer beberapa kali ke beberapa rekening berbeda, jadi merasa ‘terbebani’ kan? Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan biaya yang harus dikeluarkan saat transfer karena sudah tersedia solusinya yaitu layanan free transfer. Sesuai dengan namanya, layanan free transfer memungkinkan kamu untuk lebih leluasa transfer kemanapun dan kapanpun, tanpa harus berpikir tentang biaya transfer lagi. Bahkan, digibank by DBS menawarkan solusi transfer gratis melalui aplikasi ke bank mana saja hingga 200 juta per harinya! Yakin masih ngga mau jadi bagian dari cashless society?

4. Ngga perlu antri lama di pintu tol

Sejak diberlakukannya kebijakan Pemerintah Indonesia tentang pembayaran pada semua pintu tol menggunakan E-money, uang elektronik berbentuk kartu ini menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh pengendara mobil. Secara tidak langsung, kamu yang menggunakan fasilitas ini sudah menjadi bagian dari cashless society loh! Keputusan tersebut tentu mempercepat antrian bayar di pintu tol dan menghemat waktu para pengendara karena penggunaan E-money hanya perlu sekali tap. Transaksi akan langsung terbayar dan saldo akan otomatis berkurang sesuai nominal yang ditentukan. Bagi yang memiliki fitur Near Field Communication (NFC) di smartphone Androidnya, kalian dapat dengan mudah meng-update saldo e-Money dimana saja setelah top up melalui fitur Bayar Beli pada Aplikasi digibank by DBS.

5. Buka rekening ngga harus datang ke bank

Kamu sudah tidak perlu repot lagi datang ke bank, ambil nomor, dan antri untuk membuka rekening baru karena sekarang sudah ada sarana elektronik atau digital milik bank dimana nasabah bank dapat melakukan segala aktivitas perbankan secara mandiri. Kok bisa? Dengan adanya teknologi biometrik yang berupa fingerprint pada e-KTP, verifikasi dan data keamanan setiap nasabah sudah tercatat dan terintegrasi sehingga mempersingkat waktu nasabah dalam membuka rekening. Bukan hanya buka rekening, tetapi semua layanan kegiatan perbankan lain seperti transfer dana atau cek saldo juga sudah dapat dilakukan melalui aplikasi. Jadi, apakah kamu tim cashless society yang sudah pakai aplikasi atau masih suka datang ke bank nih?

6. Bertransaksi lebih aman dan efisien

Meskipun kemudahan merupakan hal yang penting, pada akhirnya keamanan merupakan faktor utama yang harus terjamin. Pada awalnya orang cenderung ragu bertransisi dari memakai uang tunai menjadi uang elektronik. Mereka berpikir apakah uang mereka akan aman dan tidak akan tersedot oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Bagi kamu para cashless society, pasti sudah tidak asing dengan istilah OTP atau one time password dan hard token. Kedua fitur tersebut membantu verifikasi kepemilikan yang tentu akan meningkatkan keamanan rekening kamu. Tetapi memang jadi kurang efisien ya kalau harus verifikasi berulang kali atau bawa alat tambahan kemana-mana untuk bertransaksi. Tenang aja, kini sudah ada layanan soft token yang hanya membutuhkan satu password untuk segala transaksi jadi tetap aman tanpa harus repot.

7. Memanfaatkan fitur interaktif dari aplikasi

Jika kita mengandalkan sistem, tentu semua hal akan menjadi lebih praktis dan terkendali. Akan tetapi, ada kalanya kita bingung bagaimana harus menggunakannya atau apa yang harus dilakukan ketika sistem sedang mengalami gangguan saat kita mau bertransaksi. Tahukah kamu? Sekarang sudah tersedia fitur interaktif bernama digibot loh. Sebagai Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dimiliki oleh digibank by DBS, digibot akan menjawab segala pertanyaan kamu tentang digibank. Buat kamu yang sudah menjadi bagian dari cashless society, tidak perlu bingung lagi harus bertanya pada siapa karena digibot mampu menyediakan layanan chatting, kirim dana, dan cek transaksi untuk nasabah selama 24/7!

Transformasi digital merupakan fokus utama Bank DBS Indonesia. Bank DBS berhasil meraih berbagai penghargaan internasional dari publikasi kenamaan dunia, seperti The Best Bank in The World oleh Euromoney dan Global Bank of The Year oleh The Banker atas transformasi digitalnya, salah satunya adalah melalui layanan dan produk perbankan digibank by DBS. Oleh karena itu, segala keseruan menjadi bagian dari cashless society dapat dirasakan melalui aplikasi digibank by DBS. Fitur-fitur seperti spending tracker, free transfer, Bayar Beli untuk top up e-Money, buka rekening dengan teknologi biometrik, soft token, serta digibot telah tersedia agar nasabah dapat dengan mudah bertransaksi dalam satu genggaman.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi mempermudah kita sebagai pengguna dalam berbagai aspek terutama melakukan aktivitas sehari-hari. Pemahaman akan digital banking dan berbagai layanan perbankan tentunya sangat diperlukan untuk memilih solusi atas kebutuhan keuangan para nasabah. Memilih produk dan layanan perbankan yang sesuai kebutuhan haruslah tepat, akan lebih baik lagi apabila produk perbankan tersebut tidak hanya menjadi alat atau fasilitas kebutuhan transaksional tetapi juga investasi,” ujar Leonardo Koesmanto, Head of Digital Banking DBS di Indonesia.

Leonardo menambahkan, “Saat ini kita dipermudah oleh teknologi di mana semua aktivitas perbankan dapat dilakukan hanya dalam genggaman. Hal ini sejalan dengan misi kami Live more, Bank less dimana kami ingin nasabah untuk lebih menikmati hidup dan tidak direpotkan dengan urusan perbankan yang rumit.”

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan lebih dari 280 cabang di 18 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" bank termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS telah dinobatkan sebagai “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan "Best Bank in the World" oleh Global Finance. Bank ini berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, diberi nama "World’s Best Digital Bank" oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah diberikan penghargaan “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga 2018.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan ini. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan yang langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional yang ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank ini mengakui gairah, komitmen, dan semangat dari 26.000 karyawan kami, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.  

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved