November
29
2021
     19:45

Indonesia Pamerkan Produk Pemenang GDI di Expo 2020 Dubai

Indonesia Pamerkan Produk Pemenang GDI di Expo 2020 Dubai

Dubai, 29 November 2021 – Pada minggu ke-9 Expo 2020 Dubai, Paviliun Indonesia semakin banyak memperkenalkan produk Indonesia yang berasal dari penganugerahan Good Design Indonesia (GDI) melalui rolling exhibition Kementerian Perdagangan di area pasar malam Paviliun Indonesia.

Ada 16 produk dari para pemenang GDI yang dipamerkan pada 26 November—2 Desember 2021. Produk-produk yang ditampilkan mulai dari produk dekorasi yang terbuat dari bambu, perlengkapan alat tulis, serta produk fesyen seperti tas dan sepatu. Selain itu juga produk yang berasal dari kayu eboni, yaitu jam tangan, dan produk masker elektrik transparan yang sukses menarik perhatian pengunjung.

Masker tersebut dilengkapi kipas motor dengan dua pengaturan kecepatan, sehingga pengguna dapat bernapas lebih nyaman. Selain itu, masker ini juga menggunakan bahan transparan yang dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa kehilangan ekspresi wajah. Expo 2020 Dubai menjadi salah satu panggung untuk memperkenalkan produk unggulan Indonesia, khususnya untuk pasar Uni Emirat Arab (UAE).

“Perhelatan Expo 2020 Dubai membuka kesempatan bagi para pelaku bisnis Indonesia menampilkan aneka produk lokal yang berkualitas dan siap ekspor. Meskipun produk Indonesia cukup berkualitas, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi. Salah satunya dari sisi desain produk dan kemasan.

Penganugerahan GDI hadir untuk meningkatkan kualitas desain produk yang nantinya berpengaruh pada kualitas produk lokal untuk diekspor,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi.

pengembangan desain, kemasan, dan produk-produk dari berbagai pelaku bisnis Indonesia guna memicu pelaku usaha mengembangkan produknya. Dorongan yang diberikan berupa peningkatan nilai komersial produk hingga memperluas peluang ekspor. GDI juga merupakan upaya mengembangkan produk ekspor melalui peningkatan desain dan kualitas produk ekspor. Di sisi lain, program GDI juga turut memberikan peluang usaha dan akses pasar bagi para desainer dan eksportir Indonesia menuju pasar global.

Didi menambahkan, sejak 2017, Kemendag telah menggelar GDI sebanyak lima kali. Tujuannya untuk membuka pintu para pelaku bisnis agar lebih mengasah kreativitas dari segi desain produk. “Hal ini juga sekaligus membuka kesempatan produk lokal yang unik untuk go internasional. Sehingga, tidak kalah saing dengan produk luar negeri lainnya. Berbagai produk lokal Indonesia yang ditampilkan dalam Paviliun Indonesia juga merupakan produk dengan desain yang menarik dan berkualitas tinggi, serta bermanfaat untuk penggunanya,” ungkap Didi.

Sekilas Mengenai GDI

GDI adalah ajang penganugerahan desain terbaik berskala nasional bagi desainer dan pelaku bisinis termasuk untuk para pelaku bisnis Indonesia yang terkoneksi dengan G-Mark Jepang agar dapat menuju pasar global. Penganugerahan ini menawarkan peluang pasar atau peluang bisnis untuk mendorong perekonomian bangsa melalui pertumbuhan ekspor nonmigas. Melalui penganugerahan ini, Kemendag akan memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk melakukan pameran melalui forum bisnis dan penjajakan bisnis di luar negeri.

Produk-produk ini juga diberi fasilitas permanent display di kantor perwakilan perdagangan luar negeri (Indonesian Trade Promotion Center/ITPC). Pada penganugerahan GDI 2021, sebanyak 427 pendaftar dengan 296 produk lolos penjurian. Mereka berasal dari 18 kategori produk yang mencakup kerajinan, dekorasi rumah, arsitektur, hingga model bisnis.

Dalam GDI, para pelaku usaha akan diberi kesempatan untuk mengeksplorasi desain produknya masing-masing. Kemudian, produk-produk tersebut dilombakan dan bersaing dengan produkproduk luar negeri. Penganugerahan GDI memiliki tiga predikat penjurian, yaitu GDI of The Year, GDI Best, dan GDI. Kategori produk yang terlibat dalam program GDI mulai dari aksesori, alat kesehatan, alat tulis, mainan anak, perlengkapan dapur dan rumah tangga, furnitur rumah, alat musik, peralatan olahraga dan travel, transportasi, aplikasi jasa, konten media, serta proyek sosial.

Sebagai sebuah ajang apresiasi dan penghargaan tahunan yang prestisius terhadap produk yang memiliki keunggulan desain di Indonesia, Kementerian Perdagangan telah menyelenggarakan program GDI sebanyak lima kali. GDI diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi Indonesia dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk mencapai target kinerja ekspor nonmigas Indonesia sebesar 6,3 persen tahun ini.

Selain menargetkan pertumbuhan ekspor, Kementerian Perdagangan juga diamanatkan untuk mencetak 1.500 usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) ekspor per tahunnya. Adapun lima kategori produk yang berhasil mencetak penghargaan pada penganugerahan GDI disyaratkan inovatif, bernilai kebaruan dan komersial, berorientasi ekspor, serta berdampak positif bagi masyarakat.

Selain mendapatkan kesempatan untuk dipamerkan pada ajang internasional, produk keluaran GDI sebelumnya juga telah banyak mendapatkan penghargaan internasional. Pada Agustus tahun ini, sebanyak enam produk pemenang predikat GDI Best dari penghargaan GDI telah meraih penghargaan Good Design Award (GDA) atau G-Mark di Jepang. Perhelatan ini merupakan sebuah ajang penghargaan desain tingkat internasional yang diselenggarakan Japan Institute of Design Promotion (JDP).

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved