March
31
2021
     17:56

Digitarasa Ungkap Rahasia Sukses Bisnis Kuliner di Platform Digital ke Puluhan Pelaku UMKM

Digitarasa Ungkap Rahasia Sukses Bisnis Kuliner di Platform Digital ke Puluhan Pelaku UMKM

JAKARTA, 31 Maret 2021 – Platform digital semakin menjadi andalan para pengusaha/ UMKM kuliner guna menjangkau pelanggan setia dan memasarkan produknya. Seiring dengan itu, pengusaha kuliner/ UMKM perlu terus meningkatkan ilmu dan keterampilan khususnya terkait pemasaran atau berbisnis di dunia online sehingga dapat menjawab kebutuhan dan preferensi konsumen.

Program akselerator startup kuliner Digitarasa, yang didukung oleh GoFood, hadir sejak awal 2020, dan telah sukses melatih puluhan pengusaha/ UMKM kuliner untuk go online serta memberikan pendampingan agar mereka terus bertumbuh. Kali ini, di program pelatihan (bootcamp) Digitarasa Batch 3, GoFood berbagi resep sukses berbisnis kuliner kepada pelaku UMKM dengan memanfaatkan strategi promosi digital yang efektif.

Head of GoFood & Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya mengatakan, “Salah satu strategi yang membuat bisnis kuliner kita  jauh lebih menarik adalah dengan strategi pemasaran yang baik, termasuk lewat program promosi atau diskon. Apalagi hampir seluruh pelanggan GoFood memilih berbelanja dari restoran yang menawarkan promosi.

Di GoFood, kami membuka peluang seluas-luasnya bagi mitra usaha yang ingin menjalankan strategi promosi dengan mudah dan efektif. Pelaku usaha dapat memilih sendiri jenis promosi yang sesuai dengan target bisnisnya, seperti jenis promo ‘menu rekomendasi’  diskon di item menu, diskon total belanja, hingga diskon ongkos kirim. Kami mencatat bahwa mitra usaha GoFood yang mengikuti promo mengalami peningkatan penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak mengikuti promo.”

Selain membuat promosi dengan menawarkan berbagai skema diskon, Felicia melanjutkan bahwa mitra usaha dapat mengambil kesempatan untuk terus jadi andalan pelanggan dengan menerapkan strategi rekomendasi menu, dimana mitra usaha menawarkan beberapa menu andalan secara rutin dan konsisten agar menjadi best seller.

Saat sudah mulai dikenal, menu best seller tadi bisa dikombinasikan dengan menu baru yang sedang ingin dipromosikan dalam bentuk paket.  Di tengah pandemi di mana sebagian besar pelanggan masih banyak melakukan aktivitas di rumah bersama anggota keluarga, strategi ini pun semakin efektif karena turut menjawab tren membeli makanan dalam jumlah banyak.

“Tidak kalah penting dan sering kali terlupakan oleh mitra usaha adalah tampilan menu, seperti foto, nama dan deskripsi menu, hingga pengaturan kategori, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pencarian menu andalan. Hal ini cukup sederhana tetapi dapat membuat pelanggan semakin setia membeli dari resto,” jelas Felicia pada sesi bootcamp Digitarasa Batch 3 yang dibawakan oleh GoFood.

Sebanyak 20 (dua puluh) peserta Digitarasa Batch 3 terpilih setelah melalui proses seleksi ketat dari sekitar 3000 pendaftar dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Para peserta dari pelaku usaha kuliner anak bangsa ini sedang mengikuti bootcamp yang meliputi beberapa materi, seperti strategi manajemen bisnis F&B bersama CEO Mangkokku – Julius Kartadinata; perencanaan dan pelaporan keuangan dari SVP Kopi Kenangan – Rahmad Budiarjo; strategi meningkatkan skala bisnis kuliner bersama CEO Kopi Kenangan – Edward Tirtanata, seluk beluk dunia kuliner bersama CEO Digitarasa – Chef Arnold Poernomo, dan para pelaku bisnis kuliner Tanah Air lainnya.

Pelatihan  dilanjutkan dengan pendampingan atau mentoring terkait pengelolaan bisnis kuliner yang dilakukan secara personal dan terfokus, dan akan ditutup dengan sesi business review untuk menilai kesiapan bisnis kuliner dalam melakukan ekspansi.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved