September
11
2020
     22:25

Citi CEO Michael Corbat Umumkan Rencana Pensiun Februari 2021 - Dewan Direksi Pilih Jane Fraser Gantikan Corbat

Citi CEO Michael Corbat Umumkan Rencana Pensiun Februari 2021 - Dewan Direksi Pilih Jane Fraser Gantikan Corbat

New York, Amerika Serikat - CEO Citi Michael Corbat telah mengumumkan bahwa, setelah 37 tahun bekerja di Citi, termasuk delapan tahun terakhir sebagai CEO, dirinya berencana untuk pensiun dari Citi dan mundur dari Dewan Direksi di bulan Februari 2021.

Dewan Direksi Citi kemudian memilih Jane Fraser, yang saat ini menjabat sebagai Presiden dan CEO Global Consumer Banking Citi, untuk menggantikan Michael sebagai CEO di bulan Februari. Jane sendiri sudah terlebih dahulu terpilih menjadi Dewan Direksi, dan akan langsung memulai perannya. Jane Fraser telah bekerja di Citi selama 16 tahun dan telah menjalankan perannya saat ini sejak tahun 2019.

Michael Corbat menjelaskan, “Saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai dalam delapan tahun terakhir. Kami menyelesaikan transformasi kami dari krisis keuangan menjadi sebuah institusi yang lebih sederhana, lebih aman dan lebih kuat. Di seluruh bisnis Citi, kami melakukan investasi pada produk di mana kami melihat peluang untuk tumbuh dan Citi telah mendapatkan kembali tempatnya sebagai pemimpin dalam perbankan.

Kami telah menggandakan jaringan global kami, menjadikannya sebagai sesuatu yang sangat diperlukan oleh klien kami dan memperoleh pangsa pasar yang signifikan di seluruh pasar dan jaringan perbankan kami. Dalam hal consumer banking, kami merasionalisasi langkah dan melakukan transisi ke arah digital. Kedua hal ini menjadi pusat dari langkah kami yang tidak lagi berfokus pada operasional kantor cabang kami dan kini kami dapat memberikan produk dan pengalaman terbaik di kelasnya kepada nasabah dan klien kami.

“Kinerja keuangan kami meningkat secara kuat dan signifikan selama delapan tahun sebelum COVID-19, karena kami menjaga komitmen kami untuk meningkatkan laba dan modal kami kepada para pemegang saham. Dari tahun 2012 hingga 2019, laba bersih Citi meningkat dari USD 7 miliar menjadi hampir USD 20 miliar dan Laba atas Ekuitas Umum Berwujud (Return on Tangible Common Equity) kami meningkat dari 5% menjadi lebih dari 12%, menutup kesenjangan dengan perusahaan sejenis. Kami berhasil beralih dari pengembalian modal yang sedikit menjadi pengembalian modal hampir USD 80 miliar kepada para pemegang saham kami selama enam tahun terakhir.

“Melalui itu semua, kami juga menunjukkan karakter karyawan dan perusahaan kami, dimana kami memilih mengambil peran yang besar dalam memerangi perubahan iklim dan perjuangan mencapai kesetaraan gender. Kinerja Citi melalui COVID-19 telah menunjukkan kekuatan dan ketahanan kami, dan saya yakin Citi akan terus menjadi mitra yang berharga bagi klien dan nasabah kami.

“Tentu saja, selalu ada banyak hal yang harus dilakukan dan saya yakin inilah waktu yang tepat bagi penerus saya untuk memimpin Citi melalui tahap pengembangan ini. Kami tahu masih terdapat produk lainnya di mana kami masih bisa menjadi bagian; kami tahu bahwa ekspektasi nasabah dan klien kami terus meningkat dan kami harus bekerja lebih keras untuk memenuhinya.

Dan sebagai bank berskala global terbesar di dunia, kesehatan dan kekokohan dari institusi kami harus selalu terjaga. Kami telah meluncurkan investasi yang signifikan dalam pembangunan infrastruktur sebagai bagian dari usaha kami untuk menjadikan penguatan risiko dan pengendalian lingkungan sebagai prioritas strategis bagi perusahaan.

“Saya telah bekerja dengan Jane selama bertahun-tahun dan saya bangga bahwa Jane terpilih untuk menggantikan saya. Dengan kepemimpinan, pengalaman, dan nilai-nilainya, saya percaya dia akan menjadi CEO yang luar biasa, ”tutup Michael.

John C. Dugan, Ketua Dewan Direksi Citi, menambahkan, “Dewan Direksi sangat menghargai banyak kontribusi Mike kepada Citi dan dia akan meninggalkan perusahaan dalam posisi yang jauh lebih kuat daripada sebelumnya. Dia memimpin dengan integritas dan telah berdedikasi tidak hanya untuk kinerja perusahaan, tetapi juga untuk kesejahteraan dan pertumbuhan karyawan kami. Dia telah membantu menjadikan Citi tempat di tempat kerja yang membanggakan.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved