March
09
2021
     19:56

CIMB Niaga Pacu Transaksi QRIS Octo Mobile

CIMB Niaga Pacu Transaksi QRIS Octo Mobile

JAKARTA. Perbankan terus memacu transaksi digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari aplikasi digital banking untuk memfasilitasi beragam kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Upaya tersebut dilakukan dengan meningkatkan ketersediaan QRIS di merchant mitra dan memberikan program menarik bagi para pengguna.

Salah satu bank yang mengimplementasikan upaya tersebut yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga). Dengan strategi penetrasi dan akuisisi merchant yang terus dilakukan, CIMB Niaga dapat memperluas penggunaan QRIS. Per 31 Desember 2020, sebanyak 266.935 Electronic Data Capture (EDC) dan QR CIMB Niaga telah digunakan oleh merchant di berbagai daerah. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring akuisisi yang dilakukan perusahaan ke berbagai merchant di sektor retail.

Adapun program QRIS yang dihadirkan bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini yaitu cashback hingga 30% bagi nasabah yang bertransaksi melalui Scan QRIS dari aplikasi digital banking OCTO Mobile di merchant-merchant yang telah bekerjasama.

Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan, transaksi menggunakan QRIS menjadi solusi bagi nasabah agar dapat memenuhi kebutuhan secara sehat dan aman di tengah kondisi yang masih menantang. Karena itu, CIMB Niaga menyediakan fasilitas tersebut disertai dengan program yang menguntungkan nasabah.

”Kami mendorong nasabah untuk bertransaksi secara cashless dan contactless lewat Scan QRIS OCTO Mobile. Dengan metode pembayaran ini nasabah tidak perlu membawa uang tunai atau mengeluarkan kartu debit/kredit, sehingga lebih praktis dan mudah. Selain itu, nasabah juga dapat menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan program cashback yang disediakan di merchant,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Bambang menjelaskan, selain nasabah, merchant yang menyediakan QRIS OCTO Mobile juga diuntungkan. Karena QRIS OCTO Mobile telah sesuai dengan standar dari Bank Indonesia sehingga dapat menerima pembayaran dari berbagai penyedia QRIS lain baik bank maupun dompet digital. Tak hanya itu, proses dan administrasi transaksi pun menjadi lebih cepat dan efisien.

Salah satu merchant mitra CIMB Niaga yang menyediakan program menarik yaitu Solaria, dengan cashback sebesar 30% (maksimum Rp20.000) per transaksi. Program yang berlaku hingga 30 April 2021 ini, diberikan dengan ketentuan satu nasabah bisa mendapatkan maksimum 1 kali cashback per hari dan 2 kali cashback per bulan per akun OCTO Mobile. Cashback akan dikreditkan secara real time atau maksimum 1x24 jam ke saldo Rekening Ponsel nasabah yang terdaftar di OCTO Mobile.

Selain Solaria, CIMB Niaga juga memberikan program cashback untuk transaksi QRIS OCTO Mobile di merchant lainnya sepert Shell, Lottemart, Farmers Market, Ace Hardware, dan ratusan merchant lainnya. Untuk mengetahui program promosi QRIS OCTO Mobile terkini, nasabah dapat mengakses menu ”Ada OCTO” pada aplikasi digital banking OCTO Mobile. Transaksi QRIS OCTO Mobile bisa menggunakan sumber dana dari Tabungan, Kartu Kredit dan Rekening Ponsel di mesin EDC atau QR statis CIMB Niaga dan setiap pembelanjaan senilai Rp500 ribu ke atas menggunakan sumber dana kartu kredit dapat dikonversi menjadi cicilan 3 bulan 0% tanpa bunga.

Nasabah yang ingin bertransaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, login ke aplikasi OCTO Mobile. Kedua, pilih menu QR, klik pindai/scan dan tentukan sumber dana baik Tabungan, Kartu Kredit, maupun Rekening Ponsel dengan nominal pembayaran yang sesuai. Ketiga, konfirmasi pembayaran dan masukkan PIN OCTO Mobile, transaksi pun selesai.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk merasakan kemudahan transaksi QRIS melalui OCTO Mobile, namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui aplikasi digital banking CIMB Niaga OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat menikmati fitur-fitur yang dibutuhkan.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Desember 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 380, 38 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 33 unit. CIMB Niaga memiliki 12.899 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2020.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi.

CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD10,8 miliar.

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved