CIMB Niaga Bangun Motivasi Anak Muda Jadi Penggerak Perubahan
JAKARTA. Anak muda sejatinya memiliki potensi untuk berperan strategis dalam membawa perubahan sosial di masyarakat. Generasi ini dianggap memiliki pengetahuan yang inovatif, kreativitas, serta daya juang yang tinggi, sehingga disebut banyak orang sebagai ‘penerus bangsa’. Adakalanya golongan ini membutuhkan dorongan untuk menyadari arti penting tersebut, agar tidak ragu dan semakin siap untuk melangkah.
Untuk memacu aktifnya kalangan muda menjadi penggerak perubahan (agent of change), PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menyelenggarakan #KejarMimpi Online Fest bertajuk We Are The Change. Berkolaborasi dengan 29 Komunitas #KejarMimpi se-Indonesia, acara yang dihelat untuk kedua kalinya ini berlangsung selama empat hari, yang terdiri dari community gathering pada Kamis (24/9/2020), webinar melalui aplikasi Kejar Mimpi pada Jumat-Sabtu (25-26/9/2020), dan ditutup dengan volunteering pada Minggu (27/9/2020).
Head of Marketing, Brand and Customer Experience CIMB Niaga Toni Darusman mengatakan, melalui rangkaian kegiatan inspiratif ini, CIMB Niaga terus berupaya untuk memotivasi kaum milenial agar berani memulai perubahan dari hal sekecil apapun. “Karena setinggi-tingginya mimpi kita untuk berkontribusi bagi dunia, tidak akan tercapai tanpa keberanian mengambil langkah pertama, yaitu dengan mengubah diri sendiri,” kata Toni di Jakarta, Kamis (24/9/2020).
Toni menegaskan, setelah berhasil menggerakkan diri sendiri, selanjutnya dapat memperluas pengaruhnya bagi komunitas, lingkungan sekitar, Tanah Air, hingga ke penjuru dunia. Untuk meningkatkan kesadaran tersebut, CIMB Niaga menghadirkan sejumlah pembicara yang berbagi wawasan pada sesi webinar dan dapat diikuti secara free oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Adapun para mentor yang sharing pengalamannya adalah Audrey Maximillian (Co-Founder Riliv), Nadhira Afifa (Chief Marketing Officer AyoBlajar & Harvard Alumni), Fellexandro Ruby (Entrepreneur & Podcaster), Nadin Amizah (Musician), Ariel Tatum (Public Figure), Baskara Putra (Musician), Keenan Pearce (Entrepreneur), dan Kunto Aji (Musician). Acara akan dipandu oleh Ikhsan Akbar (presenter), Alia Bianca (The Complete Banker CIMB Niaga 2020), Putri Balqis (Komunitas #KejarMimpi Aceh), dan Fyral (#KejarMimpi Brand Warrior).
Toni menjelaskan, melalui kesempatan ini peserta dapat menggali kunci serta tips dari speaker untuk mengenali dan mengasah potensi diri. Dimulai dari Audrey Maximillian yang berbagi pandangan bahwa perubahan harus dilandasi niat yang benar untuk memberi manfaat orang lain, karena esensinya adalah membantu menyelesaikan masalah. Lalu, Nadhira Afifa melengkapi pentingnya membuat rencana detail agar impian tidak berhenti menjadi sekadar goals semata, melainkan diturunkan hingga menjadi to do list yang dikerjakan konsisten.
Perubahan juga tidak melulu berbasis aktivitas sosial atau volunteering. Nadin Amizah, Baskara Putra, dan Kunto Aji membuktikan hal itu bisa dilakukan dengan kreasi yang berdampak positif, diantaranya melalui musik. Sementara Ariel Tatum menjadi contoh bahwa ketenangan jiwa dapat menunjang untuk menggapai harapan dan meraih sukses.
Community Gathering dan Volunteering
Selain webinar, rangkaian acara juga dimeriahkan dengan community gathering pada hari pertama dan volunteering di hari terakhir. Community Gathering diadakan untuk memperingati Hari Komunitas Nasional sekaligus mempererat kolaborasi #KejarMimpi CIMB Niaga dengan Komunitas #KejarMimpi yang telah berdiri di 29 kota. Sejak 2018, CIMB Niaga terus bersinergi dengan banyak pemuda di daerah untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat sekitar.
Rangkaian #KejarMimpi Online Fest ini ditutup dengan aktivitas volunteering yang dilaksanakan secara serentak dan virtual di 25 kota di Indonesia, bertempat di sejumlah panti asuhan/rumah singgah bagi anak usia SD. Selain membagikan buku dari program Sejuta Buku dan masker melalui gerakan SolidLawanCovid, para relawan juga mengajar beragam pelajaran, mulai dari pola hidup bersih dan sehat, Bahasa Inggris, mewarnai, literasi keuangan, storytelling, dan lainnya.
Toni menambahkan, kegiatan berbasis online ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun CIMB Niaga yang ke-65 pada 26 September 2020. Di tengah kondisi yang masih menantang saat ini, Perusahaan senantiasa berupaya untuk dapat menginspirasi, memotivasi serta memberikan customer experience terbaik bagi nasabah dan masyarakat. “Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif melayani Indonesia, diantaranya dengan memberikan manfaat nyata untuk turut membangun SDM penerus bangsa yang berkualitas,” tutup Toni.
Tentang CIMB Niaga
CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 30 Juni 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 390, 34 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.051 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2020.
CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD8,2 miliar.