August
31
2021
     14:03

Cashlez Capai Pertumbuhan Pendapatan 3x Lipat di Semester I 2021

Cashlez Capai Pertumbuhan Pendapatan 3x Lipat di Semester I 2021

Jakarta, 31 Agustus 2021 – PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (Cashlez), Perusahaan teknologi finansial pembayaran pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham CASH, membukukan pendapatan bersih konsolidasi sebesar Rp 58,8 miliar pada semester I-2021. Realisasi ini tumbuh 298,5% atau hampir 3x lipat dibanding periode yang sama pada tahun lalu, yaitu sebesar Rp 14,7 miliar.

Kenaikan pendapatan bersih diiringi dengan pertumbuhan laba kotor atau gross profit sebesar 108% yoy menjadi Rp 17,9 miliar. Presiden Direktur Cashlez, Suwandi mengatakan, pertumbuhan positif tersebut ditopang oleh beberapa strategi Perusahaan mulai dari kolaborasi, transformasi dan inovasi teknologi hingga optimalisasi produk serta layanan.

“Di masa pandemi ini, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang terdampak secara signifikan, namun dari sisi positifnya terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital oleh pelaku UMKM dalam penetrasi ke pasar digital di Indonesia.

Untuk itu, Cashlez siap membantu dan mendukung UMKM menghadapi dampak pandemi Covid-19 dengan menyediakan platform yang dapat membantu proses pembayaran konsumen secara digital dari berbagai jenis pembayaran, baik melalui kartu (kartu kredit & kartu debit) ataupun melalui digital (QRIS, Virtual Account, & e-wallet) dalam satu platform.” tutur Suwandi.

Hingga akhir Juni 2021, tercatat sebesar 13,6% merchant baru yang bergabung dengan Cashlez, yang berasal dari berbagai segmen, diantaranya Pasar Bersih Sentul City, Etalase Pasar Baru Bandung, Brown & Spirits dan Pass Swab.

Selain itu, perusahaan juga terus mengembangkan platform yang ada saat ini ke semua ekosistem digital, tidak hanya di platform payment saja, namun juga di platform pendanaan bagi merchant dan konsumen. Dari sisi merchant, saat ini Cashlez telah bekerja sama dengan beberapa penyedia pendanaan (lending) seperti Bank Commonwealth, Duha Syariah dan KoinWorks untuk membantu pelaku bisnis mendapatkan pendanaan. Sedangkan dari sisi konsumen, Cashlez telah dapat memproses installment payment atau yang biasa dikenal dengan PayLater sebagai alternatif pembayaran untuk konsumen di masa pandemi ini.

Mempertahankan struktur permodalan yang sehat untuk menjaga profitabilitas

Total Aset Perusahaan hingga akhir Juni 2021 mencapai Rp 165,34 miliar, dengan total Liabilitas sebesar Rp 57,1 miliar, sedangkan Ekuitas Perusahaan berada pada level Rp 108,28 miliar. Perusahaan akan terus berupaya untuk menjaga struktur permodalan yang optimal agar dapat menopang pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Untuk penggerak kinerja utama Perusahaan dalam menjalani semester II tahun 2021 yang masih dibayangi oleh ketidakstabilan ekonomi karena dampak pandemi Covid-19, Suwandi menjelaskan, Cashlez telah menyiapkan beberapa strategi baru untuk melakukan ‘quantum leap’, baik dari sisi pertumbuhan organik (organic growth) maupun pertumbuhan anorganik (inorganic growth).

“Kami akan terus memantau perkembangan pandemi Covid-19 dan melakukan evaluasi secara kontinu dampaknya terhadap perusahaan. Di sisi lain, kami juga menyiapkan beberapa strategi baru untuk memaksimalkan pertumbuhan bisnis berkelanjutan secara jangka panjang.” tutupnya.

Tentang PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk.:

PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk. (Cashlez) adalah perusahaan teknologi finansial yang bergerak di bidang pembayaran, khususnya payment gateway. Cashlez menyediakan layanan pembayaran sebagai nilai tambah bagi pemilik usaha maupun perusahaan untuk tumbuh dan berkembang melalui pengembangan sistem Mobile Point of Sales (MPOS) yang didukung berbagai fasilitas penerimaan pembayaran, seperti pembayaran menggunakan kartu dan pembayaran digital (QRIS, Virtual Account dan Payment Link) dalam satu aplikasi. Sistem ini sekaligus dapat memantau seluruh transaksi secara real-time.

Melalui inovasi ini, Cashlez berhasil mendapatkan rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2019 sebagai “Payment Aggregator Pertama dengan Point-of-Sale dan Pilihan Pembayaran Multi-Acquiring Bank Terbanyak dalam Satu Aplikasi”. Cashlez berkomitmen untuk menjadi solusi terbaik bagi para pelaku usaha dan mitra terbaik bagi bank dan non-bank, oleh karena itu Cashlez juga bekerjasama dengan bank dan non-bank untuk menyediakan akses pendanaan/permodalan bagi pelaku usaha.

Kini, Cashlez telah membantu lebih dari 10.000 pelaku usaha dari berbagai segmen di seluruh Indonesia. Pada bulan Mei 2019, Cashlez menerima izin resmi sebagai penyelenggara payment gateway dari Bank Indonesia dan awal tahun 2020, Cashlez secara resmi menjadi perusahaan teknologi finansial pembayaran pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham CASH.

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

Kemitraan IOH dan RedONE

14 JANUARI 2022 / 20:00 WIB

Terpopuler


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved