September
19
2019
     18:56

Berikan Pemahaman Wirausaha bagi Generasi Milenial, Allianz Indonesia Gelar Seminar Akbar Syariah

Berikan Pemahaman Wirausaha bagi Generasi Milenial, Allianz Indonesia Gelar Seminar Akbar Syariah

Jakarta, 19 September 2019 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia melalui unit usaha syariah (Allianz Life Syariah) tetap konsisten mengembangkan perekrutan generasi milenial yang berminat menekuni profesi dalam bidang kewirausahaan (entrepreneurship). Strategi ini menjadi fokus Allianz Life Syariah untuk menumbuhkembangkan bisnis asuransi syariah pada lini asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Generasi milenial ke depannya akan menjadi pasar terbesar untuk asuransi syariah. Oleh karena itu, Allianz Life Syariah secara rutin mengadakan sosialisasi dan memperluas akses agar generasi milenial dapat mengenal asuransi syariah lebih dalam. Bentuk sosialisasi yang sudah dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan beberapa universitas dan berpartisipasi dalam seminar kewirausahaan syariah. Selain memperkenalkan asuransi syariah, inisiatif ini juga ditujukan untuk meningkatkan edukasi dan mengembangkan literasi keuangan kepada generasi milenial agar dapat mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

“Saat ini, disrupsi yang dimotori oleh generasi milenial telah masuk dalam hampir semua aspek kehidupan kita. Tak terkecuali bisnis asuransi. Namun, saya yakin bisnis asuransi masih membutuhkan peran manusia untuk bertindak sebagai edukator sekaligus sebagai wirausahawan, terutama asuransi syariah. Mengapa demikian? Karena berbisnis asuransi syariah pada dasarnya adalah mengajak orang untuk bergabung dalam skema tolong-menolong, bukan semata-mata transaksi jual beli risiko. Atas kondisi ini, Allianz Life Syariah ingin mendorong kaum milenial Indonesia untuk terus meningkatkan pengetahuan mengenai asuransi syariah, sekaligus mengasah cara mereka berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi agar tidak tergerus oleh disrupsi. Kami berharap Allianz Syariah dapat terus mendukung program literasi dan inklusi keuangan pemerintah dengan inisiatif-inisiatif yang kami lakukan,” kata Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia.

Hingga bulan Agustus 2019, tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan Allianz tercatat lebih dari 23.000 orang, dan lebih dari 50% di antaranya adalah generasi milenial. Dari jumlah tersebut, sekitar 50% merupakan tenaga pemasar yang memiliki lisensi dan aktif memasarkan produk asuransi syariah. Produk asuransi syariah sendiri adalah produk yang sifatnya universal, sehingga siapapun dapat menggeluti bisnis asuransi syariah dan menjadi nasabah tanpa ada pandangan akan status sosial dan keyakinan yang dipeluknya.


Allianz Life Syariah juga secara rutin mengadakan seminar akbar tahunan untuk para tenaga pemasar yang menghadirkan tokoh-tokoh inspirasional dari bidang syariah dan kewirausahaan. Tahun ini, seminar yang mengusung tema #AllianzSyariahisCool menghadirkan pembicara seperti Yuswohady, penulis dan pakar marketing, Achmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak, Moch. Muchlasin, Direktur IKNB Syariah OJK, dan Shanty Apriyanti, dari komunitas agen asuransi syariah AlliSya Circle.

Dalam acara ini, topik diskusi dimulai dari bagaimana kaum milenial merevolusi cara orang melakukan bisnis dan apa yang harus dipelajari oleh pebisnis asuransi syariah dalam memanfaatkan teknologi. Diskusi dilanjutkan dengan pembicara berikutnya yang memaparkan peran penting regulator dalam memastikan operasional asuransi syariah memenuhi prinsip good corporate governance dan diakhiri dengan berbagai kisah inspirasional yang dibawakan oleh beberapa pembicara untuk dapat djadikan motivasi dalam mengembangkan bisnis oleh para tenaga pemasar asuransi syariah.

Moch. Muchlasin, Direktur IKNB Syariah OJK, menjelaskan mengenai peranan regulator dalam mendukung pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia. Para pelaku industri asuransi harus memperhatikan good corporate governance. Tenaga pemasar memiliki peran penting untuk memberikan pemahaman dan informasi sebanyak mungkin mengenai produk asuransi yang ditawarkan kepada nasabah. Selain itu, penting juga untuk selalu menampilkan image positif asuransi.

Yuswohady, penulis dan pakar marketing, berbagi pengetahuan mengenai potensi pasar muslim saat ini dan pengaruh generasi milenial terhadap industri Keuangan Syariah di Indonesia, “Generasi milenial saat ini menjadi penentu tren berbagai industri dan produk-produk yang dihasilkannya. Perubahan perilaku tidak lepas dari revolusi digital yang berkembang pesat. Para pelaku industri asuransi harus cepat menangkap dan memahami perubahan tersebut, kemudian berinovasi menyesuaikan dan mengembangkan produk dan layanannya. Dengan demikian, pelaku industri dapat terus mempertahankan eksistensinya dan tidak kalah dengan perubahan era yang sangat dinamis,”

Allianz Life Syariah membuktikan komitmen untuk memperkuat posisi dalam segmen pasar generasi milenial dengan memberikan dan terus mengembangkan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah serta masyarakat luas. Agar relevan dengan karakter generasi milenial dan selaras dengan strategi Allianz Life konvensional, fasilitas layanan berbasis digital tersedia, baik untuk mitra bisnis dan nasabah. Di mulai dari pemberian informasi dan interaksi langsung dengan nasabah dalam memilih perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan, pengajuan polis asurasi, pelayanan terkait informasi polis dan pengajuan klaim dapat dilakukan secara online sehingga memberikan customer journey dan pengalaman berasuransi yang mengesankan bagi nasabah.


Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di wilayah ini sejak 1910, dimana awalnya Allianz menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Cina. Saat ini, Allianz aktif di 14 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 32.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 18 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 92 juta nasabah personal dan perusahaan. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 673 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investor mengelola aset tambahan sebesar 1,4 trilliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2018, lebih dari 142.000 karyawan di lebih dari 80 negara meraih total pendapatan 131 miliar Euro dan laba operasional sebesar 11,5 miliar Euro.

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved