July
06
2021
     10:09

Amar Bank Menangkan 2 Penghargaan Asia Pacific Enterprise Awards 2021

Amar Bank Menangkan 2 Penghargaan Asia Pacific Enterprise Awards 2021

Jakarta, 5 Juli 2021 - PT Amar Bank Indonesia Tbk ("Amar Bank"), sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digital bank di Indonesia, mengumumkan pencapaian terbarunya di ajang bergengsi Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2021, di mana perusahaan menerima Corporate Excellence Award untuk kategori Financial Services Industry.

Selain itu, Vishal Tulsian selaku Presiden Direktur Amar Bank juga menerima Master Entrepreneur Award atas kegigihan dan ketekunannya dalam menumbuhkan dan mengembangkan bisnis perusahaan. Di bawah kepemimpinan Vishal, Amar Bank berhasil mengembangkan jumlah karyawannya dari hanya 17 orang pada tahun 2014 menjadi 1100+ orang pada tahun 2021; meningkatkan pendapatan bunga yang tumbuh sebesar 86.8% CAGR dari Rp 15 milyar menjadi Rp 650 milyar dalam kurun waktu enam tahun, serta meraih total 22 penghargaan bergengsi sejak tahun 2017.

Vishal juga memimpin pencapaian modal inti Amar Bank yang mencapai lebih dari Rp1 triliun per Juni 2019 dan naik kelas menjadi bank BUKU II. Amar Bank mencapai tingkat profitabilitas yang sangat baik hanya dalam kurun waktu dua tahun beroperasi. Hingga tahun 2020, lebih dari Rp 5 triliun pinjaman telah disalurkan kepada lebih dari 400.000 nasabah (100.000 di antaranya adalah UMKM) melalui Tunaiku yang merupakan aplikasi pinjaman digital milik Amar Bank.

Berkat Vishal pula, Amar Bank berhasil melakukan IPO pada bulan Januari 2020 dan melantai di Bursa Efek Indonesia (kode: AMAR) dengan melepas 1,2 miliar saham. Vishal juga mendorong peluncuran Senyumku, bank digital yang berbasis cloud pertama di Indonesia melalui kolaborasi dengan Google. Senyumku yang didukung oleh teknologi AI dan data analytics ini bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mengembangkan kebiasaan menabung dan menjaga kesehatan finansial.

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian mengatakan: “Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas penghargaan ini, yang merupakan cerminan dari komitmen kami untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia dan merevolusi pengalaman perbankan. Kami memulai perjalanan kami pada tahun 2014 dengan keyakinan bahwa teknologi harus mampu meningkatkan kehidupan masyarakat dan kami juga membangun model bisnis baru.

Penghargaan ini membuktikan bahwa membangun model bisnis yang sukses serta memberikan dampak sosial yang positif adalah sesuatu yang dapat dilakukan. Saya paham betul bahwa penghargaan ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Namun, perlu diingat bahwa hal ini bukanlah pekerjaan satu orang saja, melainkan pekerjaan seluruh tim.

Jadi, sebagai perwakilan tim, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan (Amarites) atas ide-ide inspiratif dan terobosan luar biasa setiap harinya. Kedepannya, kami akan terus bergerak dan bertumbuh dalam menciptakan inovasi untuk meningkatkan akses dan literasi keuangan seluruh masyarakat Indonesia, Hal ini sejalan dengan visi kami untuk membuat 200 juta orang Indonesia tersenyum pada tahun 2025.”

Di tengah penurunan ekonomi nasional akibat pandemi COVID19, Amar Bank tetap menunjukkan komitmennya dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat yang kurang terlayani (underserved) dan yang tidak memiliki rekening (unbanked). Dengan teknologi AI yang unik, digital bank (Senyumku) dan pinjaman digital (Tunaiku) yang cerdas, Amar Bank berhasil menyederhanakan proses birokrasi perbankan guna menghadirkan layanan finansial yang lebih mudah dan nyaman bagi nasabah.

Dengan Tunaiku, lebih dari 400.000 nasabah dan pelaku UKM di seluruh Indonesia telah merasakan manfaat layanan keuangan. Melalui Tunaiku pula, Amar Bank telah menyalurkan lebih dari Rp 5 triliun pinjaman kepada nasabah dengan tiga tujuan penggunaan utama, yaitu renovasi rumah, modal usaha, atau pendidikan (semua ini dikategorikan sebagai pinjaman produktif).

Amar Bank memprioritaskan talenta terbaik dengan menerapkan budaya kerja semi-startup yang mendorong karyawan untuk selalu berusaha melampaui segala batasan dalam mengembangkan layanan perbankan yang terbaik. Amar Bank telah menerapkan serangkaian program pembelajaran progresif di berbagai divisi untuk menciptakan tim yang data-driven dan memprioritaskan nasabah. Upaya membawa kebaikan untuk masyarakat, nasabah, dan komunitas ini memperkuat posisi Amar Bank sehingga mampu memenangkan Corporate Excellence Award di APEA 2021.

APEA adalah program penghargaan kewirausahaan yang dilakukan secara tahunan. Ajang yang diluncurkan pada tahun 2007 ini bertujuan untuk memberikan penghargaan untuk perusahaan dan pelaku industri yang unggul di Asia Pasifik.

Dalam rangka menerapkan evaluasi yang adil dan independen, APEA menerapkan audit primer, sekunder, dan tersier yang ekstensif dan dilakukan oleh panel juri dan pakar industri terhadap seluruh nominasi di setiap kategori. Menggunakan EAGLE Framework (Enterprise Asia Growth Leadership Excellence), perusahaan dan pelaku industri dinilai berdasarkan beberapa parameter, seperti kemampuan organisasi, mobilisasi SDM, keberlanjutan model usaha, pengelolaan brand, dan ketangkasan perusahaan.

Bertema “The Great Reset: Towards A Sustainable Recovery”, APEA 2021 Regional Edition bertujuan untuk mendorong pertumbuhan kewirausahaan yang berkelanjutan di Asia serta mendorong kolaborasi untuk mengatasi lingkungan bisnis yang terus berubah.

Tentang Amar Bank - Tunaiku

PT Bank Amar Indonesia Tbk. ("AMAR") atau Amar Bank adalah bank yang murni bermain secara digital pertama dan satu-satunya di Indonesia. Didirikan pada 15 Maret 1991 di Surabaya sebagai PT Anglomas International Bank (Amin Bank), Amar Bank diakuisisi oleh Tolaram Group pada tahun 2014. Bank ini telah mengalami transformasi digital yang signifikan untuk menjadi salah satu lembaga pelopor fintech Indonesia melalui platform pinjaman digital, Tunaiku, yang telah sering memenangkan penghargaan.

Diluncurkan pada tahun 2014, Tunaiku adalah platform pinjaman mikro berbasis aplikasi pertama di Indonesia dan terus menjadi produk unggulan Amar Bank. Tunaiku memberikan pinjaman kepada individu dan UMKM hingga Rp.20 juta, dengan jangka waktu pinjaman 6-20 bulan. Aplikasi diproses dan disetujui dalam waktu 24 jam.

Amar Bank secara resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Januari 2020 dengan melepaskan 1,2 miliar saham melalui penawaran umum perdana dengan kode saham "AMAR".

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved