November
01
2021
     13:41

Dukung Inklusi Keuangan dengan Teknologi Digital, Amar Bank Berpartisipasi Dalam FinEXPO BIK 2021

Dukung Inklusi Keuangan dengan Teknologi Digital, Amar Bank Berpartisipasi Dalam FinEXPO BIK 2021

Jakarta, 31 Oktober 2021 – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan, Amar Bank, perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan, berpartisipasi dalam acara FinEXPO BIK 2021, sebuah pameran produk/jasa keuangan yang digelar secara virtual oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2021.

Dengan berpartisipasi dalam virtual expo bertema “Inklusi Keuangan untuk Semua. Bangkitkan Ekonomi Bangsa”, Amar Bank berharap dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia dan memperluas akses terhadap edukasi dan layanan keuangan.

Inklusi keuangan masih menjadi salah satu fokus utama pemerintah Indonesia, terutama dengan adanya perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019[1] yang dilakukan oleh OJK, indeks inklusi keuangan Indonesia mencapai 76.19%. Untuk dapat mencapai target inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024, dibutuhkan berbagai program dan upaya untuk meningkatkan literasi keuangan.

Merespon hal ini, Amar Bank memperkuat komitmen untuk menjangkau dan memberdayakan masyarakat yang belum memiliki rekening (unbanked) dan kurang terlayani perbankan (underserved) melalui teknologi  dan pemanfaatan penetrasi internet. EVP Retail Banking Amar Bank, Abraham Lumban Batu berkomentar, “Kami memahami bahwa masih ada gap antara masyarakat yang sudah memiliki akses terhadap layanan perbankan formal dan mereka yang masih tidak memiliki rekening atau kurang terlayani.

Inilah mengapa acara seperti FinEXPO BIK 2021 penting untuk diadakan, dan kami sangat mengapresiasi OJK atas penyelenggaraan virtual expo yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Dalam virtual expo ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi terkait keuangan pribadi maupun bisnis dan beragam layanan keuangan dari berbagai bank dan institusi keuangan. Dengan berpartisipasi dalam expo ini, kami berharap dapat memperluas layanan keuangan kami ke lebih banyak orang yang membutuhkannya.”

Salah satu produk utama Amar Bank yang dikedepankan dalam virtual expo ini adalah Tunaiku, aplikasi KTA online yang didesain untuk melayani dan menjangkau masyarakat yang belum atau tidak terlayani oleh layanan perbankan, terutama di daerah yang sulit dijangkau layanan keuangan formal dan konvensional, asalkan di daerah tersebut memiliki jaringan internet layak.

Melalui Tunaiku, Amar Bank telah memperluas akses terhadap layanan keuangan ke seluruh penjuru negeri. Ini adalah cara Amar Bank memberdayakan masyarakat yang tidak memiliki rekening dan kurang terlayani, demi meningkatkan taraf hidup mereka.

Masyarakat dapat mengakses virtual booth Amar Bank melalui kategori perbankan pada Fin EXPO BIK 2021 (finexpo-bik2021.id) dari tanggal 18 Oktober hingga 2 November 2021. Baru-baru ini, Amar Bank melalui Tunaiku meluncurkan kampanye #SemuaBisaLebih untuk meningkatkan kesadaran masyarakat seputar produk keuangan yang aman dan kredibel untuk mendukung kebutuhan produktif. Melalui Tunaiku, Amar Bank juga menawarkan  Program Referral untuk memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menambah pendapatan mereka dengan memberikan referensi pinjaman Tunaiku. Sebagai agen referral, mereka akan menerima komisi setiap bulannya berdasarkan program referral yang diikuti. Ada dua skema program referal yaitu Silver dengan komisi Rp 30,000 untuk setiap pengajuan aplikasi pinjaman yang valid dan Gold dengan komisi Rp 200,000 per pengajuan pinjaman yang berhasil dicairkan. Sejak 2014, sudah ada lebih dari 1,500 referral yang aktif berpartisipasi dalam program ini

Di bulan inklusi keuangan ini, Amar Bank juga menawarkan program spesial untuk mendorong dan menumbuhkan kebiasaan menabung, seperti memberikan bunga hingga 9% per tahun untuk deposito di digital bank, Senyumku. Melalui Senyumku, Amar Bank menawarkan digital bank yang dipersonalisasi dengan memahami perilaku nasabah dan menyesuaikan kebiasaan menabung ke dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk mencapai kesejahteraan finansial.

Inklusi keuangan harus berjalan beriringan dengan literasi keuangan. Untuk itu, Amar Bank terus mempublikasikan konten-konten edukatif terkait keuangan pribadi, UMKM dan juga edukasi lainnya melalui platform swara.tunaiku.com, meliputi berbagai topik seperti bagaimana menghindari deposito bodong, mengelola keuangan bagi pengantin baru, tips sukses mengajukan pinjaman ke bank untuk modal bisnis, bagaimana perubahan pandemi menjadi endemi akan mempengaruhi ekonomi, dan sebagainya.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved