October
16
2020
     19:56

ACSET Lakukan Topping-off Gedung Tertinggi di Indonesia

ACSET Lakukan Topping-off Gedung Tertinggi di Indonesia

Jakarta, 16 Oktober 2020—PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) bersama dengan PT Putragaya Wahana (PGW) telah mengadakan seremoni topping-off gedung Thamrin Nine Tower 1 pada Kamis, 15 Oktober 2020 kemarin. Seremoni ini dilakukan di lantai 70 gedung tersebut, yang secara simbolis menyatakan bahwa konstruksi telah dilakukan hingga bagian atap gedung.

Sementara itu, konstruksi lanjutan hingga lantai 75 masih akan diteruskan hingga proses serah terima dilakukan dari ACSET kepada PGW selaku pemberi kerja/owner pada tahun 2021.

Pada saat selesai dibangun pada tahun 2021, gedung Thamrin Nine Tower 1 akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia dengan 75 lantai dan ketinggian hingga 385 meter. Tinggi ini meliputi ketinggian dari lantai dasar (ground level) hingga bagian crown dan menara gedung. Selain itu, gedung Thamrin Nine Tower 1 juga dilengkapi dengan 6 lantai basement.

Sehubungan dengan strukturnya yang supertall, ACSET menggunakan beberapa material dan teknik konstruksi khusus yang tergolong tidak cukup umum di industri konstruksi Indonesia. Salah satunya penggunaan belt truss dan outrigger yang sangat besar pada lantai 35-36 dan 55-57 untuk mendukung ketinggian gedung.

Di samping itu, ACSET juga memilih metode cast-in-situ dibandingkan pre-cast untuk melakukan konstruksi kolom dari tingkat dasar hingga tingkat menengah gedung untuk meningkatkan resistensi gedung terhadap gempa bumi. Selain dilengkapi dengan fitur anti-gempa, gedung Thamrin Nine Tower 1 juga sudah memenuhi standar wind load test untuk memastikan ketahanan struktur gedung supertall terhadap angin.

“ACSET bangga mendapat kepercayaan menjadi kontraktor dari sebuah gedung landmark prestisius di Indonesia. Ke depannya, kami optimis bahwa ACSET mampu menghasilkan karya lainnya yang menjadi kebanggaan bangsa,” ujar Idot Supriadi, Presiden Direktur ACSET yang hadir dalam seremoni tersebut. Selain gedung Thamrin Nine, kini ACSET juga tengah berpartisipasi dalam pembangunan gedung kembar ikonik Indonesia 1 yang juga akan masuk pada daftar sepuluh bangunan tertinggi di Indonesia ketika tahap konstruksinya sudah selesai.

ACSET secara konsisten menjalankan strateginya untuk turut serta dalam proyek yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan keahliannya. Tingkat kompleksitas ini dapat berupa proyek dengan fondasi dalam, super tall structure, maupun proyek infrastruktur yang menuntut keahlian dan komitmen tinggi dalam penyelesaiannya.

Selain itu, ACSET juga menyelaraskan seluruh strategi ini dengan peningkatan operational excellence secara terus menerus. Semua upaya ini dilakukan untuk mendukung realisasi visi ACSET sebagai kontraktor swasta terbesar di Indonesia.

Profil PT Acset Indonusa Tbk

Berdiri pada tahun 1995, ACSET merupakan perusahaan konstruksi dengan spesialis di bidang fondasi dan ground engineering. Sejak tahun 2000, ACSET telah mengalami pertumbuhan yang pesat, berdiversifikasi dan sekarang dikenal sebagai salah satu kontraktor terkemuka di Indonesia. ACSET kini hadir untuk memberikan pelayanan jasa konstruksi terpadu, mulai dari pekerjaan pembongkaran (demolition), fondasi, struktur dan infrastruktur.

Beberapa proyek prestisius yang pernah dikerjakan oleh ACSET antara lain Pacific Place, Kota Kasablanka, Tol Layang Jakarta-Cikampek II dan Tol Kunciran-Serpong. Sementara itu, kini ACSET tengah berpartisipasi dalam pembangunan Thamrin Nine dan Gedung Indonesia 1 sebagai gedung tertinggi dan gedung dengan fondasi terdalam, serta terlibat dalam pembangunan proyek mega infrastruktur di Jawa Barat—Pelabuhan Patimban, spesifiknya untuk pekerjaan soil improvement.

Dalam layanan konstruksi terintegrasinya, ACSET didukung oleh anak-anak usahanya yang masing-masing memiliki keahlian spesialis dalam industri konstruksi. ACSET telah membuktikan keunggulannya yang berlandaskan pada dua prinsip utamanya, keamanan (safety) dan kualitas. ACSET telah tersertifikasi dengan ISO 9001:2008, OHSAS 18001:2007, dan ISO 14001:2004. Informasi lebih lengkap tentang ACSET dapat dilihat di www.acset.co.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved