Wujudkan Misi Ekspansi Global, Kopi Kenangan Resmi Buka Gerai Pertama di Malaysia
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Kopi Kenangan, sebagai jaringan New Retail F&B Unicorn dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia resmi membuka gerai pertamanya pada Senin (17/10) di Suria KLCC, Malaysia. Pembukaan gerai pertama Kopi Kenangan di Malaysia sebagai langkah awal dalam menjalankan misi ekspansi global ini diresmikan langsung oleh Edward Tirtanata selaku CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, serta James Prananto selaku Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan. Peresmian ini juga dihadiri oleh Bapak Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI secara virtual, dan kehadiran Ibu Ni Made Ayu Marthini selaku Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI secara langsung.
Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, mengatakan, “Kami memilih Malaysia sebagai negara tujuan ekspansi global pertama kami karena kecintaan orang Malaysia terhadap makanan, perkembangan budaya kopi yang stabil, terutama untuk model bisnis grab-and-go, dan banyak kesamaan yang dimiliki orang Malaysia dengan orang Indonesia dalam hal cita rasa dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru.
Proyeksi sektor F&B di Malaysia juga menjanjikan karena saat ini Malaysia sedang bertransformasi dalam menerapkan ekonomi digital berpenghasilan tinggi dengan fokus utama pada digitalisasi yang juga sejalan dengan konsep bisnis kami. Kami ingin menerapkan kesuksesan model bisnis kopi grab-and-go yang diterapkan Kopi Kenangan di Indonesia ke pasar luar negeri, yang dimulai dengan Malaysia.
Tujuan kami membangun Kopi Kenangan adalah untuk mengenalkan kopi Indonesia yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang. Kami sangat senang bisa berbagi cita rasa kopi Indonesia dengan orang Malaysia.”
James Prananto, selaku Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan, juga menyetujui pernyataan tersebut. “Kopi Kenangan akan beroperasi di bawah nama Kenangan Coffee, sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia.
Alasan kami menggunakan nama Kenangan Coffee karena kami ingin memfokuskan pada kata kunci ‘kenangan’, dengan harapan kami dapat memperlakukan setiap konsumen yang datang ke gerai sebagai teman dan setiap cangkir kopi yang kami buat dengan cinta dapat meninggalkan kenangan yang baik untuk para konsumen. Cita-cita kami adalah menjadi merek kopi yang paling dicintai konsumen di Asia Tenggara, dan Malaysia akan menjadi langkah awal kami dalam mencapai misi Kopi Kenangan tersebut,” terang James.
Selain gerai pertamanya di Suria KLCC, Kenangan Coffee juga akan membuka empat gerai lainnya di MyTown Cheras, Pavilion KL, NU Sentral KL, dan Sunway Pyramid PJ di akhir tahun ini. Kenangan Coffee juga meluncurkan Kenangan Academy di Uptown, PJ, untuk menyediakan berbagai program pelatihan yang diperuntukkan bagi para barista dan karyawan, dengan tujuan menjadi pusat pelatihan profesional di bidang F&B terbaik di Malaysia.
Sejalan dengan komitmen dalam menyajikan kualitas terbaik untuk konsumen, Kopi Kenangan juga menggandeng Mikael Jasin, World’s 7th Best Barista (2021), sebagai Head of Coffee yang akan menerapkan pengalaman dan pengetahuannya untuk memilah biji kopi berkualitas hingga akhirnya dapat dinikmati oleh konsumen.
Kenangan Coffee akan mengenalkan menu andalannya pertama kali, Kenangan Latte (Gambar 1) yang diadaptasi dari menu andalan Kopi Kenangan di Indonesia yaitu Kopi Kenangan Mantan, dan Avocado Coffee (Gambar 2) serta berbagai pilihan kopi lainnya yang ada di berbagai gerai Kenangan Coffee. Harga per-cangkirnya tentu cukup terjangkau dengan kualitas yang ditawarkan. Kenangan Coffee juga akan memperkenalkan berbagai pilihan makanan sebagai pendamping kopi yang nikmat.
Kenangan Coffee pertama di Malaysia resmi dibuka pada Senin (17/10) dan beralamat di Suria KLCC, Lot C70 Lantai Concourse, No. 241, Malaysia.
Baca Juga: Kopi Kenangan: 5 Tahun Menyeduh Kopi Kenangan untuk Indonesia
Tentang Kopi Kenangan
Kopi Kenangan adalah jaringan F&B non-waralaba berkonsep New Retail yang memiliki pertumbuhan tercepat di Indonesia. Dikenal luas dengan kopi bercita rasa terbaik, saat ini Kopi Kenangan memiliki lebih dari 850 gerai di 64 kota di Indonesia, Kopi Kenangan yang didirikan pada 2017 berhasil mengisi sweet spot antara kopi berharga tinggi yang disajikan pebisnis kopi internasional dan kopi instan yang dijual di kios pinggir jalan.
Pada 2020, Kopi Kenangan mengembangkan sayapnya ke industri makanan dengan meluncurkan varian roti bernama Cerita Roti serta brand ayam goreng dengan nama Chigo dan soft cookies brand Kenangan Manis pada 2021. Melalui pemahaman dan eksplorasi akan cita rasa lokal serta model bisnis 'New Retail' yang berfokus pada pengalaman offline dan online pelanggan, Kopi Kenangan memiliki visi untuk menjadi jaringan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, hingga Asia Tenggara. Visi ini terwujud melalui produk berkualitas yang terjangkau, layanan cepat dan bersahabat, pengendalian mutu, serta pengembangan bisnis yang kreatif.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News