October
14
2024
     16:13

Wamendag Jerry: Indonesia & Negara-Negara Lembah Mekong Harus Bersinergi

Wamendag Jerry: Indonesia & Negara-Negara Lembah Mekong Harus Bersinergi
ILUSTRASI. Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga menjadi panelis pada sesi pertama ASEAN Business Advisory Council (BAC) Fintech Roundtable Luncheon yang digelar di The Sultan Hotel Jakarta, Rabu (6 Sep).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengimbau agar Indonesia dan negara-negara Sungai Mekong yaitu Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar terus bersinergi meningkatkan kerja sama perdagangan untuk mendorong stabilitas ekonomi Kawasan.

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat membuka forum bertema “Indonesia-Mekong Basin Connect: Infrastructure, Food, and Energy Security” di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) hari Jumat (11/10). Forum yang dihadiri lebih dari 100 pelaku peserta yang berasal dari kalangan Kementerian/Lembaga, Akademisi, Asosiasi dan Pelaku Usaha tersebut merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan dan KBRI Phnom Penh yang diselenggarakan di sela gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39.

“Indonesia dan negara-negara Sungai Mekong harus bersinergi. Kinerja perdagangan Indonesia dan negara-negara Sungai Mekong yang menunjukkan tren positif sebesar 9,14 persen pada 2019—2024 menunjukkan adanya kerja sama yang baik dan harus dilanjutkan. Hal ini juga guna mendorong stabilitas ekonomi kawasan,” kata Wamendag Jerry.

Menurut Wamendag Jerry, dari sisi perdagangan, Indonesia dan negara-negara Lembah Mekong mempunyai potensi yang sangat besar untuk dijajaki di beberapa sektor, seperti pertanian dan ketahanan pangan, perikanan, pariwisata, investasi dalam proyek energi terbarukan, serta perdagangan dan investasi di bidang infrastruktur.

“Inisiasi ini harus mampu meningkatkan infrastruktur, pangan, dan ketahanan energi sebagai landasan stabilitas ekonomi. Selain itu, inisiatif bersama di sektor-sektor ini dapat meningkatkan pertumbuhan bersama, ketahanan ekonomi, sekaligus meningkatkan perdagangan dan investasi berkelanjutan antarnegara,” imbuh Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menekankan, kolaborasi dan sinergi penting karena Indonesia tidak bisa hidup sendiri sehingga perdagangan yang harus dimaksimalkan adalah perdagangan dengan tetangga terdekat yaitu Asia Tenggara.

“Saya ingin mendorong semua peserta hari ini untuk mempromosikan dan meningkatkan kerja sama Indonesia dan negara-negara Singai Mekong melalui komitmen kolaborasi dan keberlanjutan demi kesejahteraan Bersama,” pungkas Wamendag Jerry.

Baca Juga: Wamendag Jerry: Surplus Perdagangan Terjaga, Indonesia Percaya Diri di Pasar Global

Selanjutnya: Dorong Inklusi Keuangan, Kredivo Catat Pengguna Berusia Lebih Tua

Menarik Dibaca: Dorong Inklusi Keuangan, Kredivo Catat Pengguna Berusia Lebih Tua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved