March
22
2024
     12:11

UNIQLO Gelar Seminar Bertema Building Inclusive Culture In The Workplace

UNIQLO Gelar Seminar Bertema Building Inclusive Culture In The Workplace
ILUSTRASI. ki-ka: Moderator, Irma Yunita - Director of Corporate Affairs PT Fast Retailing Indonesia, M. Meirza Anbiya - Head of People and Culture FWD Insurance Indonesia, Wita Krisanti - Executive Director of IBCWE pada seminar yang digelar Uniqlo.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Bulan Maret menjadi bulan peringatan International Women’s Day di seluruh dunia, yang tahun ini mengangkat tema besar Inspire Inclusion. Inklusivitas sendiri dalam dunia kerja dapat dicapai dengan menerapkan konsep keberagaman yang tidak membatasi talenta setiap orang, khususnya para perempuan.

Dalam mendukung kesetaraan gender di tempat kerja bagi para perempuan di Indonesia, perusahaan ritel pakaian global asal Jepang, UNIQLO berkolaborasi dengan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) menggelar seminar berjudul “Building Inclusive Culture In The Workplace”.

Irma Yunita, Director of Corporate Affairs PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO) mengungkapkan, “Pada perayaan Hari Perempuan Internasional tahun 2024 ini, kami menyadari pentingnya inklusivitas di segala hal, bagaimana merayakan keberagaman di mana setiap orang terlepas dari perbedaan gender, ras, agama, dan lainnya.

Keberagaman dan kesetaraan gender di tempat kerja pun akan menciptakan suasana kerja yang positif dan inklusif. Kami pun sudah memulainya dari lingkup internal, di mana UNIQLO memiliki Komite Khusus yang disebut Diversity and Inclusion Committee (D&I), yang bertujuan berbagi pemahaman dan praktik nyata untuk mempromosikan keberagaman dan inklusivitas pada produk, pelanggan dan bisnis.

Sejalan dengan pembentukan D&I team di UNIQLO global dan penambahan kewajiban menghargai keberagaman karyawan dalam Fast Retailing Group Human Rights Policy. Kolaborasi bersama IBCWE ini pun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberagaman dan inklusivitas dalam perusahaan, serta cara-cara praktis untuk mengatasi berbagai tantangan dalam mendukung kesetaraan di dunia kerja.”

Inisiatif yang mendukung inklusivitas di lingkungan kerja UNIQLO ini memiliki tiga fokus utama. Pertama, Gender Equality, yang mengawal kebijakan maternity dan paternity leave, flexible working arrangement, work from home, staggered work hours (karyawan mulai dan selesai kerja di waktu yang berbeda dengan jam kerja pada umumnya dalam jumlah 8 jam sehari), penyediaan ruang menyusui, rekrutmen dan pengembangan karier berdasarkan merit-based performance.

Kedua, Global One (Race, Ethnicity), yaitu global talent transfer dari Indonesia ke luar negeri dan sebaliknya, perayaan agama, employee engagement untuk pengenalan multicultural exchange.

Ketiga, People with Disability, UNIQLO merekrut PwD staff dengan disabilitas intelektual, hearing dan speech di toko, serta penyediaan fitting room dan area parkir disabilitas di toko-toko UNIQLO.

Wita Krisanti, Executive Director of IBCWE mengatakan, “Keberagaman dapat merangsang inovasi dan mendobrak pemikiran konvensional, sehingga dapat memunculkan ide-ide segar serta kreatif dalam memecahkan permasalahan. Dengan memiliki tenaga kerja yang beragam serta terciptanya inklusivitas di dunia kerja, akan menciptakan atmosfer kerja yang saling mendukung satu sama lain, sehingga potensi besar yang ada pada setiap individu dapat muncul dan memberikan kesuksesan jangka panjang.”  

Menurut UNIQLO, diversity dan inclusion merupakan salah satu filosofi brand. Dengan konsep “MADE FOR ALL”, UNIQLO menciptakan filosofi bernama LifeWear, yaitu sebuah nilai yang dituangkan pada hadirnya pakaian yang dirancang untuk membuat kehidupan setiap orang tanpa terkecuali untuk menjadi lebih baik. UNIQLO pun berfokus pada keunikan dan keunggulan individu, sehingga terlepas dari perempuan atau laki-laki dan background lainnya dapat terus mengembangkan diri, serta dapat mencapai karir yang diinginkannya.

Tentang UNIQLO LifeWear
Busana yang berasal dari nilai Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear dibuat dengan keanggunan modern yang menjadi dasar gaya setiap individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang selalu dibuat lebih sempurna. Desain paling sederhana menyembunyikan detail paling bijaksana dan modern. Bahan dan potongan dengan fit terbaik dibuat agar dapat diakses oleh semua orang dengan harga terjangkau. LifeWear adalah pakaian yang terus berinovasi, menghadirkan lebih banyak kehangatan, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan kenyamanan yang lebih baik untuk kehidupan manusia.

Tentang UNIQLO and Fast Retailing
UNIQLO adalah merek dari Fast Retailing Co., Ltd., perusahaan induk ritel Jepang terkemuka dengan kantor yang berpusat di Tokyo, Jepang. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek di Fast Retailing Group, seperti GU, Theory, PLST, Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2,77 Triliun yen untuk tahun fiskal 2023 terakhir pada 31 Agustus 2023 (US $18,92 miliar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2023 sebesar 1 Dollar = 146,2 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu ritel perusahaan pakaian terbesar di dunia , dan UNIQLO adalah peritel khusus terkemuka di Jepang.

UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi terpenting di dunia, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat statusnya sebagai merek global. Saat ini perusahaan memiliki total lebih dari 2.400 toko UNIQLO di seluruh dunia, termasuk Jepang, Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Jumlah keseluruhan dari merek milik Fast Retailing saat ini hampir mencapai 3.600 toko.

Dengan pernyataan perusahaan yang berkomitmen untuk mengganti pakaian, mengubah kebijaksanaan konvensional, dan mengubah dunia, Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian hebat dengan nilai baru dan unik untuk memperkaya kehidupan orang di mana pun.

Baca Juga: Koleksi Uniqlo U Spring/Summer 2024 Hadirkan Warna Futuristik & Desain Genderless

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved