November
27
2023
     16:30

Transisi Menuju Kendaraan Listrik: Memahami Tantangan di Balik Manfaat Kurangi Polusi

Transisi Menuju Kendaraan Listrik: Memahami Tantangan di Balik Manfaat Kurangi Polusi
ILUSTRASI. Jasa pengiriman in-house Blibli, BES Paket, menggunakan motor listrik sebagai upaya mengurangi emisi pada operasional Blibli. Jasa pengiriman in-house Blibli, BES Paket, menggunakan motor listrik sebagai upaya mengurangi emisi pada operasional Blibli.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Isu polusi udara terus menjadi prioritas pemerintah, apalagi dengan Jakarta di beberapa kesempatan memegang predikat sebagai kota dengan polusi udara tertinggi di dunia. Bahkan dalam laporan Air Quality Life Index (AQLI) tahun lalu, sekitar 10,7 juta warga Jakarta diprediksi kehilangan 2,4 tahun dari usia harapan hidupnya akibat kualitas udara yang tidak sesuai dengan ambang batas WHO. Diketahui, kendaraan bermotor menyumbang sekitar 44% kontribusi dalam penurunan kualitas udara di Jabodetabek.

Menyikapi kualitas udara yang tidak sehat, pemerintah terus mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik. Terlihat dari arah Kebijakan Fiskal 2024, terkait kebijakan pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), dimana pemerintah mendorong sejumlah insentif yang diarahkan baik dari sisi supply maupun demand untuk menstimulasi investasi dan penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat secara luas.

Juga, dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian nomor 21 tahun 2023, salah satunya menargetkan 200.000 unit motor listrik mendapatkan subsidi Rp7 juta dari pemerintah pada tahun ini.

Terlepas dari berbagai insentif dalam mendorong minat publik, adopsi kendaraan listrik di Indonesia masih tergolong lambat. Survei PWC menyoroti sejumlah penyebab, diantaranya kekhawatiran mengenai ketersediaan stasiun pengisian daya hingga pemeliharaan yang mahal dalam jangka panjang.

Untuk domisili pengguna pun terpusat di kota metropolitan, dengan 39% adalah warga Jakarta. Adapun, survei tersebut juga mengungkap optimisme permintaan kendaraan listrik akan meningkat seiring kesadaran konsumen Indonesia terhadap kendaraan ramah lingkungan yang semakin baik.

Selaras dengan upaya pemerintah mendorong adopsi kendaraan listrik, PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blibli’ atau ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) dipercaya menjadi mitra e-commerce untuk program subsidi motor listrik yang diinisiasi pemerintah bekerja sama dengan sejumlah brand partner dan mitra, di antaranya Polytron dan Pegadaian.

Eddy Lukita, Vice President (VP) Automotive Category Blibli, mengungkap bagaimana komitmen operational excellence dan 100% original di Blibli mendorong konsistensi platform dipercaya menjadi mitra eksklusif untuk berbagai peluncuran produk otomotif oleh mitra, tak terkecuali kendaraan listrik.

“Kami sangat bangga dipercaya untuk ikut memasarkan produk motor dan mobil listrik program subsidi pemerintah. Terbaru kami menjadi mitra e-commerce eksklusif peluncuran mobil listrik Neta V dengan keunggulan priority delivery hingga gratis wall box charger. Kami berterima kasih atas kepercayaan pemerintah dan mitra terhadap Blibli, dan kami terus berkomitmen untuk berperan aktif mendorong pemanfaatan teknologi rendah emisi di Indonesia.”  

Terpilihnya Blibli menjadi mitra e-commerce untuk subsidi motor listrik, dilansir Eddy, menjadi bukti nyata peran e-commerce dalam memudahkan penyaluran insentif fiskal untuk meningkatkan minat publik dan investor, serta memastikan terselenggaranya edukasi kolaboratif yang melibatkan pemerintah dan sektor swasta.

Apalagi, saat ini terdapat dua tantangan yang dihadapi industri kendaraan listrik, yakni bagaimana meningkatkan demand domestik dan kapasitas manufaktur dalam mewujudkan potensi Indonesia menjadi hub dari basis produksi.

Ecoxyztem, sebagai venture builder, menuturkan isu polusi dan dekarbonisasi juga mendorong bertumbuhnya ecopreneur di bidang carbon offset dan air quality dalam menjawab demand terhadap kualitas udara yang lebih baik.

Andreas Pandu Wirawan, Chief Commercial Officer Ecoxyztem, mengatakan, “Dengan semangat #PercayaEcopreneur, Ecoxyztem telah membantu lebih dari 350 ecopreneur dalam membangun solusi hijau di Indonesia, termasuk berinvestasi di ecopreneur yang bergerak di bidang carbon offset, yakni CarbonEthics.”

Tertarik untuk ambil bagian kurangi polusi dan jejak karbon dengan beralih ke mobil listrik atau motor listrik bersubsidi? Kunjungi Langkah Membumi Festival yang akan digelar oleh Blibli Tiket dan Ecoxyztem pada 25-26 November 2023 yang menghadirkan EV test drive secara gratis bekerja sama dengan brand-brand otomotif ternama, termasuk motor listrik subsidi Polytron, serta mobil listrik incaran Neta V dan BMW iX.

Selain itu, tersedia pula uji emisi gratis secara terbatas, kesempatan networking dengan para ecopreneur dengan visi misi serupa, bincang diskusi tentang isu e-waste hingga carbon offset, lokakarya upcycling, dan Pasar Ecopreneur. Ikuti juga keseruan berbagai aksi hijau lainnya dengan mengunjungi dan registrasi partisipasimu sekarang di langkahmembumi.com.

Tentang PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli)

Didirikan tahun 2010, PT Global Digital Niaga Tbk (“Perseroan”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terkemuka di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital. Platform perdagangan (commerce) yang dimiliki Perseroan – Blibli, mengintegrasikan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara daring melalui layanan e-commerce dan secara luring dengan mengoperasikan 156 toko-toko fisik untuk berbagai mitra pemegang merek global terkemuka serta 70 gerai supermarket premium.

Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 31.400 toko yang mengadopsi fitur omnichannel, yakni Blibli InStore dan Click & Collect, didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman pihak pertama (1PL) secara langsung melalui layanan logistik milik Perseroan – BES Paket dan bekerja sama dengan berbagai mitra logistik pihak ketiga (3PL). Blibli menempati peringkat pertama kategori B2C Omnichannel 1P consumer electronics dan fresh products menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7 berkelas dunia.

Pada tahun 2017, Perseroan mengakuisisi PT Global Tiket Network (tiket.com) untuk memperluas layanan hingga meliputi perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Selanjutnya pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Perseroan semakin lengkap dengan penambahan penawaran produk segar dan kebutuhan sehari-hari melalui akuisisi PMSupra Boga Lestari Tbk (“Ranch Market”; BEI: “RANC”) – perusahan pengelola sejumlah gerai supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market.

Perseroan memiliki ekosistem omnichannel terpadu (unified omnichannel ecosystem) yaitu Blibli Tiket, yang menegaskan sinergi antara Blibli, tiket.com dan Ranch Market di dalam suatu ekosistem terintegrasi yang memberikan kemudahan pengalaman berbelanja serta bernilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap titik interaksi konsumen. Blibli Tiket juga memiliki program loyalitas bernama “blibli tiket rewards”, yang menawakan berbagai program loyalitas yang terintegrasi kepada seluruh pelanggan di dalam ekosistem.

Pada tahun 2022, saham Perseroan resmi melantai dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) dengan kode saham "BELI".

Baca Juga: Langkah Membumi Festival 2023 Persembahan Blibli Tiket Action dan Ecoxyztem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved