Langkah Membumi Festival 2023 Persembahan Blibli Tiket Action dan Ecoxyztem
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Dampak perubahan iklim semakin terasa nyata di Indonesia, termasuk salah satunya ketika anomali suhu di September 2023 merupakan tertinggi ke-4 di Tanah Air sejak 1981 silam, dengan anomali sebesar 0,4° C, dengan kisaran suhu antara 35°-38°C selama seminggu terakhir di bulan yang sama. Kondisi ini memicu krisis lain, seperti gagal panen dan kelangkaan air bersih, yang mengancam kesejahteraan masyarakat, apalagi melansir studi global terbaru diprediksi kematian tahunan akibat panas ekstrem akan meningkat 5 kali lipat pada 2050.
Sinergi atasi perubahan iklim menjadi perhatian pemerintah, tertuang dalam komitmen Enhanced Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030, selaras dengan Strategi Jangka Panjang Rendah Karbon dan Ketahanan Iklim 2050, serta visi untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060.
Seruan sustainability terus digaungkan di tengah 35 persen sampah nasional yang belum terkelola dengan baik dan potensi kerugian akibat perubahan iklim yang diperkirakan mencapai Rp 544 triliun. Di sisi lain, pertumbuhan climate-tech startup dan ecopreneur menunjukkan potensi Indonesia sebagai salah satu poros ekonomi hijau dengan nilai proyeksi mencapai US$ 400 miliar pada tahun 2030.
Wujudkan semangat aksi kolaborasi untuk satu bumi yang lebih lestari, Blibli Tiket ACTION -program sustainability dari Blibli Tiket Group- bersama venture builder Ecoxyztem mempersembahkan Langkah Membumi Festival (LMF) 2023, yang akan digelar pada 25-26 November mendatang di SCBD Park.
Mengusung tema besar ‘One Action, One Earth’ yang merepresentasikan kekuatan ekosistem dalam memerangi perubahan iklim, festival ini menjadi melting pot yang mempertemukan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, penggiat sustainability dalam mewujudkan visi bersama menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan.
Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli mengatakan, “Langkah Membumi Festival menjadi langkah nyata dari komitmen Blibli Tiket Action dalam mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis dengan melibatkan karyawan, pelanggan, mitra dan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan bumi, sosial dan ekonomi yang berkelanjutan”. Lisa juga menambahkan “Melalui festival ini, kami bersama Ecoxyztem dan para pemangku kepentingan lain bersatu untuk menjadi enabler gaya hidup dan praktik bisnis yang berkelanjutan, collaborator dunia yang lebih hijau, dan accelerator ekonomi hijau di Indonesia.”
Lanjut Lisa, Blibli Tiket ACTION memprioritaskan 6 (enam) fokus materialitas dalam menjalankan strategi keberlanjutan, yakni penggunaan sumber daya, pengelolaan limbah, pengurangan emisi, pelatihan dan pengembangan, hubungan komunitas, serta tata kelola data dan privasi.
“Dari mulai 100% kemasan kardus tersertifikasi dapat didaur ulang hingga ajakan pelanggan mengembalikan 10 kemasan bekas untuk penanaman 1 bibit pohon, semangat keberlanjutan di bawah payung Blibli Tiket ACTION ini ingin diperluas ke skala yang lebih besar melalui aksi kolaborasi yang melibatkan semua pihak,” tambah Lisa.
Festival ini mengundang apresiasi Vinda Damayanti, M.Sc., Direktur Pengurangan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, yang menambahkan bahwa dirinya optimis Langkah Membumi Festival 2023 dapat menjadi wadah aksi iklim yang nyata dan partisipatif.
"Mendekati persiapan Pemerintah menuju COP 28 yang akan dilaksanakan di Dubai, kami merasa senang bahwa sektor swasta, industri, dan para ecopreneur dapat berperan aktif bersama pemerintah untuk menawarkan berbagai macam solusi dari permasalahan lingkungan. Hal ini senada dengan komitmen KLHK untuk mempercepat dan memperbesar penurunan Gas Rumah Kaca (GRK) menuju target di 2030.”
Optimisme serupa disampaikan oleh Andreas Pandu Wirawan, Chief Commercial Officer Ecoxyztem, yang berujar, “Sebagai sebuah venture builder yang telah membantu dan bertemu lebih dari ratusan climate tech startup atau biasa disebut ecopreneurs, kami merasa bangga dapat menjadi bagian dari kolaborasi multi-stakeholders ini.
LMF 2023 merupakan bentuk nyata bahwa pihak pemerintah dan industri telah mulai percaya dengan tumbuhnya inovasi permasalahan lingkungan yang muncul dari para ecopreneur, hal ini sejalan dengan cita-cita kami untuk terus menggaungkan #PercayaEcopreneur. Setidaknya 40 ecopreneurs akan terlibat dalam event LMF ini baik untuk pitching, mengisi booth, maupun menjadi pembicara untuk membagikan pengalamannya membangun startup di isu lingkungan.”
Dengan membawa semangat edukasi menjadi aksi, Langkah Membumi Festival 2023 gratis untuk umum; pengunjung cukup menukarkan sampah plastik dan kardus yang sudah terpilah sebagai akses masuk. Para pengunjung bisa mengikuti berbagai talk show inspiratif yang berbagi pengetahuan seputar gaya hidup hingga tata kelola bisnis yang berkelanjutan, serta berpartisipasi dalam workshop menarik, seperti upcycled pet toy, ecoprint, dan urban farming dengan mendaftar di langkahmembumi.com.
Ada pula Langkah Membumi Networking, dimana ecopreneur dapat memperluas relasi dengan mitra strategis dan penggiat sustainability, yang digagas bersama Paloma Sjahrir Foundation dan TS Media.
Menghadapi dampak perubahan iklim yang semakin nyata, para pengunjung juga berkesempatan cek kesehatan gratis, uji emisi gratis untuk mengurangi carbon footprint, hingga test drive kendaraan listrik gratis, termasuk di antaranya BMW iX dan Neta V di mana Blibli menjadi mitra e-commerce untuk kedua mobil tersebut. Penampilan dari musisi Barasuara, Diskoria, hingga instalasi seni dari iForte yang memanfaatkan sampah industri telco menambah daftar kenapa festival ini perlu menjadi wishlist di weekend mendatang.
SVP Corporate Strategy & Investor Relations TBS Energi Utama, Nafi Achmad Sentausa mengungkapkan dukungan perseroan pada acara LMF 2023, "Penting bagi kami, TBS Energi Utama, untuk mendukung inisiatif Langkah Membumi Festival 2023 yang sejalan dengan komitmen ‘Towards a Better Society 2030’ (TBS2030).
Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya transisi energi dan bisnis hijau yang berkelanjutan, sebagai dua pilar penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Kolaborasi seperti ini memainkan peran kunci dalam menciptakan solusi inovatif yang tidak hanya memajukan industri, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi mendatang."
Adam Gifari, Vice President Director Protelindo Group yang menaungi iForte, perusahaan telekomunikasi dan penyedia layanan internet, yang menghadirkan instalasi seni dalam festival ini mengungkap, “iForte, sebagai perusahaan telekomunikasi memiliki komitmen tinggi terhadap keberlangsungan hidup manusia dan kesehatan lingkungan.
iForte tidak hanya fokus pada pengembangan solusi telekomunikasi yang inovatif, tetapi juga memprioritaskan dampak positif yang dihasilkan bagi masyarakat dan lingkungan. Instalasi seni bertajuk “Aquifer” yang kami hadirkan akan memberikan pengalaman interaktif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ketersediaan air tanah yang layak dan keberlanjutan lingkungan.
Kami berharap melalui keterlibatan dalam LMF 2023 dapat mendorong masyarakat untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan sumber daya air tanah dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan kota yang lebih baik di masa depan.”
Selain itu, publik juga bisa mengikuti Langkah Membumi Festival Reels Competition ‘One Action, One Earth’ untuk kategori individu dan komunitas, dengan total hadiah Rp 9 juta rupiah. Kompetisi digelar sebagai ajakan untuk membuat dan mengunggah creative reels berisi pesan untuk lebih mencintai Bumi. Pemenang kompetisi reels ini akan diumumkan pada puncak gelaran LMF 2023 pada 25 November mendatang.
Langkah Membumi Festival ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi melibatkan sejumlah mitra strategis, meliputi Djarum Foundation, GIZ Indonesia, Bappenas, TBS Energi Utama, Paloma Sjahrir Foundation, Pegadaian, iForte, Blu by BCA Digital, Bank DBS Indonesia, Primaya Hospital, Polytron, Astra BMW, Artha Graha Peduli, dan Neta. Sementara itu, sejumlah ecopreneur yang berpartisipasi, di antaranya Waste4Change, Demibumi, CarbonEthics, YAGI Natural, PALA Nusantara, Dulang, Fairatmos, Surplus, Ravelware, Allas, dan Alner.
Yuk, tunjukkan aksi nyata kepedulian terhadap pelestarian Bumi lewat rangkaian acara seru di Langkah Membumi Festival 2023! Registrasi partisipasimu sekarang dan cari tahu info selengkapnya di langkahmembumi.com.
Tentang PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli)
Didirikan tahun 2010, PT Global Digital Niaga Tbk (“Perseroan”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terkemuka di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital. Platform perdagangan (commerce) yang dimiliki Perseroan – Blibli, mengintegrasikan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara daring melalui layanan e-commerce dan secara luring dengan mengoperasikan 156 toko-toko fisik untuk berbagai mitra pemegang merek global terkemuka serta 70 gerai supermarket premium.
Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 31.400 toko yang mengadopsi fitur omnichannel, yakni Blibli InStore dan Click & Collect, didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman pihak pertama (1PL) secara langsung melalui layanan logistik milik Perseroan – BES Paket dan bekerja sama dengan berbagai mitra logistik pihak ketiga (3PL). Blibli menempati peringkat pertama kategori B2C Omnichannel 1P consumer electronics dan fresh products menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7 berkelas dunia.
Pada tahun 2017, Perseroan mengakuisisi PT Global Tiket Network (tiket.com) untuk memperluas layanan hingga meliputi perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Selanjutnya pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Perseroan semakin lengkap dengan penambahan penawaran produk segar dan kebutuhan sehari-hari melalui akuisisi PMSupra Boga Lestari Tbk (“Ranch Market”; BEI: “RANC”) – perusahan pengelola sejumlah gerai supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market.
Perseroan memiliki ekosistem omnichannel terpadu (unified omnichannel ecosystem) yaitu Blibli Tiket, yang menegaskan sinergi antara Blibli, tiket.com dan Ranch Market di dalam suatu ekosistem terintegrasi yang memberikan kemudahan pengalaman berbelanja serta bernilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap titik interaksi konsumen. Blibli Tiket juga memiliki program loyalitas bernama “blibli tiket rewards”, yang menawakan berbagai program loyalitas yang terintegrasi kepada seluruh pelanggan di dalam ekosistem.
Pada tahun 2022, saham Perseroan resmi melantai dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) dengan kode saham "BELI".
Baca Juga: Blibli (BELI) Memacu Penjualan di Penghujung Akhir Tahun 2023
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News