September
29
2022
     13:55

Transaksi Tanpa Kartu, Kebiasaan Baru Ratusan Ribu Nasabah blu by BCA Digital

Transaksi Tanpa Kartu, Kebiasaan Baru Ratusan Ribu Nasabah blu by BCA Digital

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Transaksi tanpa kartu atau cardless transaction kini sudah menjadi salah satu pilihan gaya hidup baru nasabah. Kebiasaan nasabah untuk setor dan tarik tunai tanpa kartu ATM ini terlihat dari data pengguna BCA Digital.

Berdasarkan catatan BCA Digital dalam periode Januari-September 2022, jumlah transaksi setor tunai tanpa kartu pada atm BCA oleh pengguna blu sudah mencapai lebih dari Rp381 miliar dengan frekuensi lebih dari 212 ribu penarikan. Sedangkan untuk transaksi tarik tunai tanpa kartu, jumlah volume transaksi mencapai lebih dari Rp289 miliar dengan frekuensi mencapai 919 ribu penarikan.

Direktur Utama PT Bank Digital BCA, Lanny Budiati, memaparkan bahwa transaksi tanpa kartu dapat dinikmati oleh seluruh nasabah BCA Digital tanpa terkecuali. “Kami secara konsisten terus mendengar kebutuhan, serta mendengar apa yang menjadi kendala nasabah, dan bagaimana blu bisa jadi sahabat finansial yang membantu mereka. Dari sekian banyak pengembangan produk blu, ternyata layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu menjadi salah satu yang banyak diminati,” ujar Lanny.
 
Menurut Lanny, tingginya jumlah transaksi setor dan tarik tunai tanpa kartu ini didorong oleh perilaku nasabah yang semakin digital dan ingin dapat mengakses banyak hal melalui smartphone-nya. Apalagi, sejak pandemi Covid-19, cashless dan cardless transaction semakin diminati oleh masyarakat lantaran tak perlu bersentuhan dengan orang lain ketika bertransaksi.
 
Selain itu, fitur tarik dan setor tunai tanpa kartu bisa menjadi pilihan untuk menghindari skimming. Layanan ini dilengkapi dengan kode transaksi dan pin agar transaksi lebih aman.
 
Berikut adalah cara melakukan tarik tunai tanpa kartu, bebas biaya di seluruh ATM BCA yang tersebar di Indonesia melalui aplikasi blu:
1.    Login pada aplikasi blu.
2.    Klik ‘transaksi’ dan pilih fitur tarik tunai.
3.    Pilih nominal uang yang ingin diinginkan.
4.    Setelah muncul halaman konfirmasi yang tercantum nominal yang akan diambil, klik “tarik tunai”.
5.    Masukkan PIN akun blu.
6.    Jika berhasil maka akan terlihat halaman tarik tunai yang menampilkan nomor pelanggan, kode transaksi, nominal dan batas waktu yang berlaku selama satu jam.
7.    Datang ke ATM BCA dan pilih menu transaksi tanpa kartu pada layar.
8.    Input 80800 + nomor handphone nasabah
9.    Input 6 digit kode transaksi pada mesin ATM.
10.    Secara otomatis mesin ATM akan memproses, dan transaksi tarik tunai berhasil dilakukan.
 
Baca Juga: BCA Digital Sebut Jumlah Transaksi di Aplikasi Blu Sudah Capai 15,4 Juta Kali
 
Tentang BCA Digital
 
PT Bank Digital BCA atau BCA Digital sebelumnya bernama Bank Royal, hadir sejak 2020 setelah diakuisisi oleh PT Bank Central Asia. BCA Digital merupakan the next-generation bank tanpa cabang yang fokus melayani segmen digital savvy melalui aplikasi mobile perbankan digital blu. blu by BCA Digital diluncurkan pada Juli 2021 untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah agar bisa melakukan transaksi finansial maupun non finansial melalui ponsel. Hingga 16 September 2022, blu sudah mencatatkan sekitar 919.000 pengguna.
 
Beberapa fitur di dalamnya seperti bluSaving, bluDeposit, dan bluGether dirancang untuk membantu pengguna memiliki kontrol lebih serta kebebasan mengatur finansial mereka. Aplikasi blu bisa diakses melalui Google Play Storedan Apple App Store. blu tak hanya hadir sebagai direct digital banking, tetapi juga sebagai bank as a service (BaaS). Berbagai enhancement dilakukan di aplikasi blu untuk semakin memudahkan proses pembukaan rekening, user-friendly UI/UX, dan pelayanan haloblu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved