January
18
2023
     13:27

Tips Menyusui Bagi Ibu Bekerja Agar Asupan Nutrisi Buah Hati Tetap Terpenuhi

Tips Menyusui Bagi Ibu Bekerja Agar Asupan Nutrisi Buah Hati Tetap Terpenuhi
ILUSTRASI. Philips hadirkan Avent, breast pump, dilengkapi teknologi Natural Motion.manual ataupun elektrik memakai kombinasi isapan & stimulasi puting susu, sehingga mampu meniru proses menyusui bayi secara alamiah, menghasilkan lebih banyak ASI.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Mengawali tahun baru, kebanyakan orang membuat resolusi mengenai prioritasnya di tahun 2023 ini, tak terkecuali para ibu yang mengutamakan kebutuhan keluarganya. Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) sebagai pemimpin global dalam teknologi kesehatan, mengerti dan memahami perjuangan dan peran penting para ibu dalam memberikan yang terbaik untuk keluarga, salah satunya adalah mencukupi kebutuhan nutrisi untuk buah hati.

Para ibu menjadi sosok penting yang memainkan peran kunci pada tumbuh kembang anak diusia dini. Berdasarkan data dari UNICEF, 1.000 hari pertama kehidupan - yang terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pertama kehidupan buah hati - adalah masa periode emas yang akan mempengaruhi pertumbuhan mereka hingga dewasa. 

Nutrisi dan perawatan yang tepat selama 1.000 hari pertama akan mempengaruhi kemampuan anak untuk tumbuh dan belajar[2]. Mengetahui hal tersebut, pemberian air susu ibu (ASI) selama 6 bulan pertama adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah[3].

Akan tetapi, mengutip dari laman Kemenkes, ibu bekerja cenderung tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya dibandingkan dengan ibu yang tidak bekerja atau Ibu Rumah Tangga (IRT) [4]. Hal ini disebabkan karena sulitnya mengatur waktu atau kendala kesibukan yang padat. Padahal, menyusui merupakan hak setiap ibu, termasuk ibu bekerja atau wanita karir.

“Menjadi working moms saat sedang menyusui adalah tantangan tersendiri, namun bukan berarti tak mungkin bagi para working moms untuk tetap dapat memberikan ASI eksklusif. Para ibu yang bekerja dianjurkan memiliki jadwal yang teratur untuk melakukan pumping, sehingga tidak mengganggu pekerjaan lain, mengetahui dan memanfaatkan tempat penyimpanan sementara ASIP yang terdapat di kantor, memiliki cooler bag untuk penyimpanan ASIP selama perjalanan, mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang, dan mempersiapkan alat-alat menyusui dari rumah, seperti wadah plastik, label untuk menulis tanggal ASIP, cooler bag, kulkas sementara,” jelas dr. S. Tumpal Andreas, M. Ked (Ped), Sp. A.

Untuk mengoptimalkan pemberian ASI kepada sang buah hati, ibu memerlukan support system yang berfungsi dengan baik, seperti keluarga dan juga dukungan eksternal yaitu lingkungan kantor. Ibu bekerja yang menyusui dapat menginfokan kepada personel HRD atau atasan langsung untuk memberikan kebijakan waktu memerah ASI, mengingat kebijakan kantor merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam keputusan ibu bekerja untuk menyusui bayinya secara eksklusif.

“Ada pula hal-hal yang sepatutnya dihindari oleh para ibu menyusui selama bekerja, seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan rendah gizi yang dapat mempengaruhi kualitas ASI, serta membawa dampak buruk bagi kesehatan ibu dan bayi. Hal lain yang perlu dihindari adalah inkonsistensi dalam memompa ASI yang dapat menyebabkan kebocoran yang membuat ibu tidak nyaman.

Dan yang terpenting ialah tetap menjaga kebersihan dan higinitas sebelum dan sesudah memompa ASI saat berada di luar rumah,” lanjut dr. S. Tumpal Andreas, M. Ked (Ped), Sp. A.

Selain itu, untuk mengelola stres, beristirahat yang cukup juga turut andil dalam keberhasilan pemberian ASI. Hal ini membuat para ibu bekerja yang menyusui harus untuk terus berlatih membagi prioritas dengan baik, menyeimbangkan waktu untuk keluarga, pekerjaan, beristirahat, dan juga meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Agar ibu bekerja dapat memberikan ASIP dengan kualitas baik dan jumlah yang sesuai, dibutuhkan perlengkapan yang menunjang. Sebagai bentuk dukungan kepada para ibu, Philips menghadirkan berbagai rangkaian produk Avent, produk breast pump yang dirancang secara khusus membantu para ibu yang bermobilitas tinggi namun ingin tetap memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya.

“Philips menyadari dan memahami perjuangan para ibu untuk terus memberikan nutrisi terbaik untuk bayi, bahkan di tengah kesibukan yang padat. Sebagai perusahaan teknologi kesehatan yang secara aktif mendorong perubahan melalui teknologi, Philips berkomitmen untuk menjawab kebutuhan ibu dalam memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati, melalui rangkaian produk unggulan yang mempertimbangkan kenyamanan mereka,” jelas Pim Preesman, Country Leader Philips Indonesia.

Philips Avent dilengkapi teknologi Natural Motion - baik manual ataupun elektrik - memakai kombinasi isapan dan stimulasi puting susu, sehingga mampu meniru proses menyusui bayi secara alamiah, menghasilkan lebih banyak ASI dalam waktu yang lebih singkat, meningkatkan efisiensi waktu dan kenyamanan.

Khusus untuk breast pump elektrik Philips Avent, desainnya yang sesusai standard medis, ringkas, dan tidak berisik menjadikannya teman yang tepat untuk ibu dengan aktivitas padat yang membutuhkan kenyamanan maksimal dalam menyusui.

Tentang Royal Philips

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) merupakan perusahaan teknologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah. Philips memanfaatkan teknologi canggih serta pemahaman mendalam secara klinis maupun mengenai konsumen untuk memberikan solusi yang terintegrasi.

Berkantor pusat di Belanda, perusahaan ini adalah pemimpin dalam pencitraan diagnostik, terapi dipandu citra, pemantauan pasien dan informatika kesehatan, serta kesehatan konsumen dan perawatan di rumah. Philips mencapai penjualan pada tahun 2021 sebesar EUR 17,2 miliar EUR dan mempekerjakan sekitar 79.000 karyawan dengan penjualan dan layanan pada lebih dari 100 negara.

Baca Juga: Philips Dorong Gaya Hidup Sehat Jaga Jantung Sehat & Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved