July
15
2022
     14:04

Tarif Tol Ruas Pondok Aren-Serpong TETAP dan TIDAK Mengalami Perubahan di Tahun 2022

Tarif Tol Ruas Pondok Aren-Serpong TETAP dan TIDAK Mengalami Perubahan di Tahun 2022
ILUSTRASI. Kenaikan Tarif Tol: Suasana Jalan Tol Pondok Aren - Serpong, Rabu (29/1). Ruas tol Pondok Aren - Serpong akan mengalami penyesuaian per 31 Januari 2020.KONTAN/Baihaki/29/1/2020

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bintaro Serpong Damai (BSD) anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) yang juga merupakan pengelola dan operator Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong telah menjalani evaluasi penyesuaian tarif yang dilakukan setiap dua (2) tahun sekali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berdasarkan rekomendasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Merujuk Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Nomor 569/KPTS/M/2022 tentang penyesuaian tarif tol Ruas Pondok Aren-Serpong, telah ditetapkan bahwa mulai 17 Juli 2022, tidak ada perubahan tarif (tarif tetap) untuk ruas tersebut.

Purwoto, Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) menjelaskan, “Kami telah menjalani penilaian dan evaluasi regular dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dilakukan setiap dua (2) tahun sekali terkait pemenuhan seluruh Standar Pelayanan Minimal (SPM). Kebijakan penyesuaian tarif untuk Tol BSD sempat tertunda sekitar 6 bulan, dan tarif yang dibayarkan untuk Ruas Tol Pondok Aren-Serpong dapat dikatakan kompetitif karena tarif untuk ruas tersebut di bawah Rp1.000 per kilometernya.

Purwoto menambahkan, “Selain pemenuhan SPM, penyesuaian tarif juga dihitung berdasarkan angka inflasi Kota Tangerang selama 2 tahun terakhir yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu sebesar 2,46%. Berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian dari penyesuaian tarif telah ditetapkan bahwa mulai 17 Juli 2022 tidak ada perubahan tarif (tarif tetap) untuk Ruas Jalan Tol Sepong-Pondok Aren”.

Meski tidak ada perubahan tarif untuk Ruas Jalan Tol Sepong-Pondok Aren, namun Manajemen Tol BSD tetap melakukan berbagai kegiatan dan upaya dalam hal pemenuhan SPM sebagai bentuk peningkatan pelayanan yang dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan.

Salah satunya dengan melakukan beautifikasi di beberapa titik area Daerah Milik Jalan (DAMIJA), diantaranya penanaman pohon jenis Bougenville dan perawatan di sekitar area KM 6+500 - 6+300 A/B di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong. Selain itu, juga dilakukan kegiatan pengecatan  kanstin dan bullnose area pada Gerbang Tol Pondok Aren 1 dan 2, penghijauan di area on off ramp GT Pondok Aren,  pembersihan drainase dan perbaikan rambu.

Tak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi Perusahaan untuk mendukung pengembangan infrastruktur jalan di Wilayah Tangerang Selatan, saat ini sedang dilakukan pengerjaan proyek penanganan banjir di KM 08+00 dan Proyek weaving di KM 7-11. Proyek ini bertujuan untuk menangani permasalahan banjir di Ruas Tol Pondok Aren–Serpong terutama pada saat intensitas hujan tinggi. Kedua proyek tersebut ditargetkan rampung pada kuartal kedua tahun 2023.

Manajemen Tol BSD telah melakukan sejumlah sosialisasi dan edukasi terkait penyesuaian tarif ini melalui media sosial Perusahaan, mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan mengundang berbagai stakeholders terkait, pemasangan spanduk dan Variable Message Sign (VMS) serta pendistribusian berita pers ke media massa. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pihak bahwa hasil dari kebijakan penyesuaian tarif tidak selalu tentang kenaikan tarif, tetapi bisa juga terkait penetapan tarif baru, penurunan tarif bahkan tarif tetap atau tarif tidak mengalami perubahan seperti yang terjadi di Jalan Tol Pondok Aren-Sepong.

Jalan tol merupakan investasi jangka panjang bentuk kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan badan usaha dalam upaya membangun infrasturuktur wilayah. Tarif tol ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya konsesi, nilai investasi dan volume lalu lintas yang berlaku secara nasional. Tarif tol yang dibayarkan pengguna jalan akan digunakan untuk berbagai kegiatan operasional dan pemeliharaan jalan tol.

Adapun tarif (tetap) yang berlaku untuk Jalan Tol Pondok Aren–Serpong per Tanggal 17 Juli 2022 sebagai berikut:

Ruas Tol

Besaran Tarif (Rp)

Golongan

I

II

III

IV

V

Pondok Aren-Serpong

7.000

13.500

13.500

16.000

16.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved