January
23
2023
     14:27

Social Marketing untuk Perluas Kontribusi CSR

Social Marketing untuk Perluas Kontribusi CSR
ILUSTRASI. Dalam Indonesia's Best Sustainability Initiatives & Sustainability Warriors 2022, MIX MarComm menggelar INDONESIA CORPORATE SUSTAINABILITY SUMMIT 2023. Digelar hybrid tema Corporate Sustainability Ecosystem & Social Marketing to Support SDGs 2030.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Program “INDONESIA'S BEST CORPORATE SUSTAINABILITY INITIATIVES” kembali digelar Majalah MIX MarComm. Program tahunan yang memasuki perhelatan ke-7 itu, merupakan rekognisi bagi dunia usaha di Indonesia untuk program-program keberlanjutan perusahaan atau yang lebih dikenal dengan program CSR (Corporate Social Responsibility).

Menurut Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX MarComm, berbeda dengan penyelenggaraan rekognisi untuk CSR pada umumnya, Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives yang diselenggarakan Majalah MIX MarComm - SWA Media Group menggunakan konsep Philip Kotler dan Nancy Lee tentang MARKETING & CORPORATE SOCIAL INITIATIVES.  “Hal ini untuk mendorong dunia usaha menularkan inisiatif keberlanjutan mereka secara lebih luas, lebih kreatif, inovatif, dan relevan  dengan bisnis mereka,” ucapnya.

Social Marketing menurut Philip Kotler dan Nancy Lee pada buku Marketing & Corporate Social Initiatives (2005) adalah upaya untuk mendorong perubahan perilaku khalayak sasaran melalui berbagai upaya yang diinisiasi dan difasilitasi oleh perusahaan. Selain Social Marketing, ada konsep-konsep CSR lain yang disenaraikan oleh Kotler dan Lee pada buku tersebut, yaitu Cause Related Marketing, Cause Promotion, Employee Volunteering, Responsible Business Practices, dan Philanthropy.

Pada anugerah Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives 2022 ini, Majalah MIX mengelompokkan peserta ke dalam tujuh kategori, yaitu:
1.    CREATIVE PHILANTROPHY, yakni cara kreatif dalam memberikan kontribusi langsung kepada sebuah gerakan kebaikan;
2.    EMPLOYEE VOLUNTEERING, yakni mendukung dan mendorong karyawan perusahaan untuk berkontribusi kepada sebuah gerakan kebaikan (cause) tertentu;
3.    CAUSE PROMOTION, yakni upaya perubahan perilaku khalayak sasaran melalui pembangkitan atau peningkatan awareness dan kepedulian masyarakat;
4.    CORPORATE SOCIAL MARKETING, yakni mengkampanyekan perubahan perilaku dan memastikan terjadinya perubahan perilaku tersebut dengan sumberdaya yang dimiliki perusahaan;
5.    RESPONSIBLE BUSINESS PRACTICES, yakni praktik bisnis dan investasi perusahaan yang mendukung sebuah cause (gerakan) tertentu;
6.    CIRCULAR ECONOMY atau Zero Waste Practices, yang merupakan alternatif atau antitesis dari ekonomi linear (produksi-penggunaan–pembuangan); dan
7.    CREATING SHARED VALUE, yakni menciptakan kebijakan baru dan atau prosedur operasi perusahaan yang memungkinkan perusahaan memaksimalkan pendapatannya, sementara itu perusahaan juga menawarkan manfaat tambahan bagi komunitas lokal.

Kategori ketujuh (Creating Shared Value atau CSV) dikembangkan oleh Michael Porter dan Mark Kramer pada 2011. Sedangkan konsep Circular Economy sudah lebih dahulu dikembangkan.

Lebih jauh Lis menjelaskan, selain rekognisi Corporate Sustainability Initiatives, sejak 2020 MIX MarComm juga telah memperluas anugerah ini ke kategori people dengan meluncurkan kategori Corporate Sustainability Warrior yang terdiri dari dua kategori, yaitu Warrior Top Leader dan Warrior Team. SUSTAINABILITY WARRIOR TOP LEADER, adalah pemimpin di perusahaan yang berperan besar dalam mendorong perusahaannya untuk selalu berkontribusi menciptakan dunia yang lebih baik melalui berbagai inisiatif yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sedangkan SUSTAINABILITY WARRIOR TEAM adalah tim di perusahaan yang dinilai solid dan sukses melaksanakan program inisiatif keberlanjutan perusahaan.

Dan yang terbaru lagi dari anugerah ini adalah hadirnya kategori baru CORPORATE ECOSYSTEM. Kategori ini merujuk kepada ekosistem di perusahaan yang memungkinkan perusahaan dapat melaksanakan inisiatif keberlanjutan dengan lebih mudah, lebih terarah, dan lebih efektif.

Untuk memenangkan rekognisi ini, partisipan harus mengikuti tiga tahap penjurian. Penjurian tahap I dilakukan dengan mengevaluasi materi yang disubmit (oleh partisipan) maupun berasal dari hasil riset Redaksi. Penjurian tahap II dilakukan melalui wawancara tatap muka melalui platform Zoom (termasuk penjurian untuk Corporate Sustainability Warriors). Selanjutnya, finalisasi dilakukan melalui diskusi di dalam grup juri.

“Adapun kriteria penilaian program, didasarkan pada empat aspek, yakni konsep, eksekusi atau pelaksanaan, potensi dampak, dan keberlanjutan. Sementara itu, untuk kriteria penilaian Sustainability warriors, didasarkan pada visi jangka panjang perusahaan, roadmap CSR perusahaan, visi korporasi dalam mendukung SDGs, peran top leader dalam perencanaan program, dan keterlibatan multistakeholders,” papar Lis.

Selanjutnya, khusus untuk memilih pemenang kategori CAUSE PROMOTION, MIX MarComm melibatkan Ivosights, pemilik Ripple10 Digital Listening Tools. Dikombinasi dengan Social Media Monitoring, Ivosights memilih pemenang untuk kategori ini. Adapun social media yang dimonitor adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. “Hanya kategori Cause Promotion yang dilakukan pengukuran dengan tools ini, karena pada era digital, adalah sebuah kewajaran kalau kampanye dilakukan secara massif melalui media sosial dan Website,” Lis menambahkan.

Kali ini, MIX MarComm menghadirkan enam orang dewan juri Indonesia's Best Sustainability Initiatives dan Sustainability Warriors 2022. Mereka adalah pakar Corporate Social Responsibility (CSR), akademisi yang concern dengan isu sustanability, aktivis sustainability, dan media. Keenam dewan juri tersebut adalah Herry Ginanjar, Ambassador of International Association for Risk & Crisis Communications (IARCC), ESG Consultant, Founder & CEO of etKomunika; Aloysius Wiratmo, Program Development & Engagement Director IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development); Restu Pratiwi, Social Development Specialist; IGG Maha Adi, MSi, Ecoliterasi Enthusiast, National Communications Manager Conservation International; Dr. A. Edhy Aruman, Senior Editor Majalah MIX MarComm, dosen ilmu Komunikasi LSPR Business & Communications; dan Dyah Hasto Palupi, Senior Editor Majalah SWA  dan MIX MarComm.

Dalam rangkaian penganugerahan Indonesia's Best Sustainability Initiatives dan Sustainability Warriors 2022, MIX MarComm menggelar “INDONESIA CORPORATE SUSTAINABILITY SUMMIT 2023”. Digelar hybrid pada hari ini, program ini mengusung tema “Corporate Sustainability Ecosystem & Social Marketing to Support SDGs 2030”. Sejumlah pembicara yang dihadirkan adalah Rifka Suryandari, VP External Communications Bank DBS Indonesia; Sufintri Rahayu, Director Corporate Affairs Nestle Indonesia; dan Dr. Umi Waheeda MSi, Sociopreneur with Dozens Socio Business, cofounder & owner pesantren Al-Ashiriyyah Nurul Iman Bogor.

Acara penganugerahan “Indonesia's Best Sustainability Initiatives dan Sustainability Warriors 2022” ditutup dengan peluncuran buku “Journey to Become Strong Brand”. Buku tersebut merupakan jilid kedua dari buku “Brand Journey: From Zero to Hero”, yang telah diliuncurkan pada 2021 lalu.  

Berikut ini Daftar Pemenang “Indonesia's Best Sustainability Initiatives dan Sustainability Warriors 2022”:

INDONESIA'S BEST CORPORATE SUSTAINABILITY WARRIOR 2022

SUSTAINABILITY WARRIOR LEADER
1.    Rene Sanchez Valle, Managing Director Multi Bintang Indonesia
2.    Nunik Maharani, Director of Sustainability and Corporate Communication Austindo Nusantara Jaya
3.    Totok Sutrisno, President Director Pringsewu Restaurant Group

SUSTAINABILITY WARRIOR TEAM
1.    Austindo Nusantara Jaya, Tim Koperasi Simpan & Responsible Development
2.    Multi Bintang Indonesia Sustainability Cabinet
3.    Bank DBS Indonesia, Tim Program People of Purpose
4.    Mondelez International, Tim Program Indonesia Cocoa Life
5.    Pringsewu Restaurant Group
6.    Indosat Ooredoo Hutchison
7.    XL Axiata
8.    Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim

BEST SUSTAINABILITY ECOSYSTEM
1.    Multi Bintang Indonesia
2.    Austindo Nusantara Jaya
3.    Mondelez International
4.    XL Axiata
5.    Bank DBS Indonesia
6.    Astra International - PENGHARGAAN KHUSUS
7.    Unilever Indonesia - PENGHARGAAN KHUSUS

CREATIVE PHILANTROPHY
1.    Indosat Ooredoo Hutchison, IDCamp
2.    Semen Padang, Pelepasan Ikan Bilih
3.    Bank OCBC NISP, CSR Initiative Program to Response Pandemic Covid-19 Situation
4.    Bank Danamon Indonesia, Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara
5.    Canon & Datascrip, Selembar Kebaikan

EMPLOYEE VOLUNTEERING
1.    Bank DBS Indonesia, People of Purpose

CIRCULAR ECONOMY
1.    Austindo Nusantara Jaya, PELITA - Pengolahan Limbah Terpadu ANJ
2.    Multi Bintang Indonesia, Maximizing Circularity through Spent Grain Utilization
3.    Baitulmaal Muamalat, Produksi Kopra Putih dan Arang
4.    Great Giant Foods, Circular Economy GGF
5.    Ajinomoto Indonesia, Praktik Sirkular Ekonomi

RESPONSIBLE BUSINESS PRACTICES
1.    Mondelez International, Child Labor Monitoring, Agro Forestry, Reduce Water Usage
2.    Austindo Nusantara Jaya, Koperasi Simpan: Menghadirkan Ketahanan Ekonomi di Pedalaman Papua
3.    Bank DBS Indonesia, Green Savings
4.    Indocement Tunggal Prakarsa, #InvestInOurPlanet
5.    Semen Baturaja, Pengelolaan Lahan Bekas Tambang Quarry
6.    Gojek, #GoGreener

CREATING SHARED VALUE
1.    Kalbe Farma, Negeri Jahe Merah
2.    Great Giant Pineapple, Kemitraan GGP dengan Petani Lokal
3.    Mondelez International, Indonesia Cocoa Life

SOCIAL MARKETING
1.    Austindo Nusantara Jaya, Inovasi Sosial Program Sapu Tangan Jarwo
2.    Bank Central Asia, BCA UMKM Fest 2022
3.    Bank BTPN, Daya
4.    IKEA Indonesia, Teras Indonesia
5.    Bank Negara Indonesia (Persero), Pengembangan Investasi dan Usaha BUMDes
6.    P&G Indonesia, Conscious Living

CAUSE PROMOTION
1.    Astra International, #SemangatSalingBantu
2.    Jenius Bank BTPN, #langkahkecilhariini
3.    Rinso (Unilever) x Anteraja, Generasi Pilah Plastik
4.    Bank Jateng, Kejar Mimpi Gerakan Semangat Menabung
5.    PLN (Persero), Dorong Masyarakat Kelola Sampah

Baca Juga: Indonesia Brand Communication & Guardian Champions 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved