October
28
2022
     15:08

Indonesia Brand Communication & Guardian Champions 2022

Indonesia Brand Communication & Guardian Champions 2022
ILUSTRASI. Majalah MIX MarComm keduakalinya menggelar Indonesia BRAND COMMUNICATION & GUARDIAN Champions, ajang rekognisi karya komunikasi merek dan penghargaan untuk para pengelola merek atas upaya pengawalan mereka terhadap eksistensi brand.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kedua kalinya Majalah MIX MarComm menggelar “Indonesia BRAND COMMUNICATION & GUARDIAN Champions,” sebuah rekognisi untuk karya komunikasi merek dan penghargaan untuk para pengelola merek atas upaya pengawalan mereka terhadap eksistensi brand. Rekognisi ini untuk menunjukkan kepada investor bahwa brand yang di-support-nya dikelola dan dikawal dengan baik oleh para wali merek (brand guardian) di perusahaan.

Berbeda dengan tahun lalu yang hanya diselenggarakan secara online, tahun ini seremonial penyerahan penghargaan dilakukan secara hybrid di Prof. Dr. Djayusman Auditorium & Performance Hall, LSPR Institute of Communication & Business, Jakarta, serta live melalui platform Zoom, Youtube, dan Facebook.

“Harapannya, selain menambah kepercayaan investor, penghargaan ini dapat menjadi brand credential yang dapat menarik konsumen. Bagi agensi branding-nya, rekognisi ini diharapkan dapat menunjukkan level of service mereka dalam mengawal brand kliennya,” ungkap Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX MarComm.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa “Indonesia BRAND COMMUNICATION & GUARDIAN Champions 2022” adalah dua rekognisi dengan penilaian yang berbeda satu sama lain dari cara penilaiannya. Brand Communications Champion adalah penghargaan untuk karya-karya komunikasi merek yang terdiri dari empat kategori utama, yaitu
1.    The Best Digital Campaign (in Food & Beverages Industry dan in Financial Services)
2.    The Best Digital Channel (Website Performance dan Social Media Performance).
3.    The Best Creative Commercial Ad (in FMCG Industry, in Health & Pharmacy Industry, in Financial Services Industry, dan Tactical Commercial Ad)
4.    The Best Integrated Marketing Communication (IMC)

Sementara itu, Brand Guardianship Champion adalah anugerah untuk para wali merek yang sukses melindungi, menjaga, dan memastikan merek yang dikawalnya tetap berharga, sehingga investasi yang besar yang telah ditanam untuk membangunnya tidak hilang. Penghargaan ini terdiri dari dua kategori, yakni
1.    The Best Brand Guardian Leader dan
2.    The Best Brand Guardian Team.

“Ada 110 brand lokal Indonesia yang kami review Creative Advertising, Digital Campaign, serta Digital Channel Performance-nya. Ke-110 brand lokal tersebut adalah leading local brand di 110 kategori produk hasil survei Indonesia Original Brand (IOB) 2021 yang dilakukan oleh majalah bisnis terkemuka SWA bersama Business Digest,” urai Lis.

Sedangkan untuk kategori IMC, partisipannya adalah brand yang menjawab Call for Entries dengan mengajukan program komunikasinya untuk di-review oleh Dewan Juri. Ada 19 partisipan pada kategori ini.
 
“Pada rekognisi Brand Guardian Champion, kami evaluasi berdasarkan presentasi dan tanya-jawab 19 team & leader brand Guardian—yang berpartisipasi pada kontes IMC—bersama dengan anggota dewan juri yang terdiri dari konsultan dan penulis buka marketing, doktor di bidang branding, dan pengamat branding dari media,” lanjutnya. Presentasi tim Brand Guardian dan tanya-jawab dengan dewan juri ini diselenggarakan melalui platform Zoom pada 6-7 September 2022.

Metode penilaian untuk masing-masing kategori dilakukan berbeda-beda. Creative Commercial Advertising dinilai melalui metode penjurian oleh pakar creative advertising dari kalangan praktisi dan akademisi yang merupakan juri tetap Rubrik Advertising Review Majalah MIX MarComm. Sedangkan Digital Brand Campaign dan Digital Channel Performance dievaluasi secara kuantitatif menggunakan Ripple10 Digital Listening Tools, Social Media, dan Website monitoring, bekerja sama dengan agensi digital Ivosights.

Ada tiga orang anggota Dewan Juri Creative Commercial Advertising. Mereka adalah juri tetap rubrik ADVERTISING REVIEW Majalah MIX MarComm, yaitu Djito Kasilo, dosen, praktisi komunikasi marketing, penulis lagu dan jingle iklan; Jeanny Hardono, dosen Ilmu Periklanan Universitas Indonesia; dan Yazied Syafaat, founder dan creative director agensi kreatif periklanan Srengenge.  

Sementara itu, untuk mengevaluasi entries Integrated Marketing Communication (IMC) dan Brand Guardianship, ada tiga orang juri yang dilibatkan. Mereka adalah Yuswohady, Managing Director Inventure Indonesia dan penulis buku-buku best seller marketing; Dr. A. Edhy Aruman, dosen LSPR Institute for Business & Communication dan Senior Editor Majalah MIX MarComm; dan Dr. Bambang Sukma Wijaya, Brand Scientist, Strategist, & Culturalist dari Universitas Gadjah Mada yang kini mengajar di Universitas Bakrie.

Dalam rangkaian penganugerahan “Indonesia BRAND COMMUNICATION & GUARDIANSHIP Champions 2022”, MIX MarComm juga menggelar diskusi panel “INDONESIA BRAND GUARDIANSHIP FORUM 2022” bertajuk “Brand Guardianship to Save the Brand Value”. Ada empat penbicara yang dihadirkan pada forum tersebut, yakni Kristy Iskandar, Strategic Planning Director Dentsu Creative; Edie Kurniawan, VP Marketing Management PT Telkom Indonesia Tbk.  (IndiHome); Ivan Ally, SVP Marketing Communications PT Bank Syariah Indonesia Tbk.;  dan Tarrence K. Palar, Marcomm & Community Manager Harian Kompas & Kompas.id.

Berikut ini adalah Pemenang  
“Indonesia BRAND COMMUNICATION & GUARDIAN Champions 2022”    

The Best Digital Campaign in Food & Beverages Industry
1.    Sasa, #SasaMelezatkan #CeritaSasa
2.    BonCabe, #GueBonCabe #BonCabe
3.    Aqua, #AquaDulu
4.    Hydro Coco, #IniAsliAirKelapa #RealCoconutWater
5.    Indomilk, #NikmatnyaGakAbisAbis #IndomilkKentalManis

The Best Digital Campaign in Financial Services Industry
1.    Bank Mandiri, #JadiMakinEasy
2.    Bank BCA, #DatamuRahasiamu #AwasModus
3.    Bank BJB, #tandamatauntuknegeri #tandamataku

The Best Creative Commercial Ad in FMCG Industry
1.    Aqua, Apapun Aktivitasmu #AquaDulu
2.    Sasa, Sasa Tepung Bumbu Bervitamin versi Animasi
3.    Nutrisari, Nurdin (Nutrisari Dingin)

The Best Creative Commercial Ad in Health & Pharmacy Industry
1.    Kimia Farma Apotek, Kimia Farma Apotik Mobile Dekat Cepat Sehat
2.    Halodoc, #TenangAdaHalodoc
3.    Krim 88, Tumpas Tuntas #GaSel

The Best Creative Commercial Ad in Financial Services Industry
1.    Bank BCA, Fitur Lifestyle di BCA Mobile

The Best Creative Tactical Commercial Ad
1.    Racik Indofood, Bumbu Racik Special Ramadan

The Best Integrated Marketing Communication
1.    Bank Syariah Indonesia, BSI Griya Simuda
2.    Mayora Indah, Strengthening Brand Connection to Teens Campaign (Roma Sari Gandum)
3.    SiCepat Ekspres, Bayar Reguler Berasa Sameday
4.    Sharp Electronics Indonesia, Let's Be A Hero
5.    Sewu Segar Nusantara, #Pilihan Tepercaya
6.    Telkom Indonesia (IndiHome), Winning Brand Comm thru Omni-Marcomm Strategy

The Best Website Performance
1.    Kimia Farma Health & Beauty
2.    Mandiri e-money
3.    Tokopedia
4.    Bank Syariah Indonesia
5.    Holland Bakery
6.    Erafone
7.    Pegadaian
8.    Sensi Gloves
9.    FIF Spektra
10.    Indofood

The Best Social Media Performance
1.    Tokopedia
2.    Blibli
3.    Mandiri e-monney
4.    Bank BCA
5.    Bank Syariah Indonesia
6.    J&T Express
7.    JNE Express
8.    CIMB Niaga Syariah
9.    Halodoc
10.    Rumah Zakat

The Best Brand Guardian Leader
1.    Edie Kurniawan, VP Marketing Management PT Telkom Indonesia Tbk. (IndiHome)
2.    Wiwin Dewi Herawati, Chief Marketing & Corporate Communication Officer SiCepat Ekspres
3.    Reskia Dwi Lestari, Marcomm Manager Prodia
4.    Dewi Irma Kusvianty, Co-Founder & CEO Katarsa
5.    Marlen Deine, SVP Brand Strategy Blibli

The Best Brand Guardian Team
1.    Telkom Indonesia (IndiHome)
2.    Astra Otoparts (Shop & Drive)
3.    Bank Syariah Indonesia
4.    Mayora Indah
5.    Austindo Nusantara Jaya (Tim Internal Communication)

Baca Juga: Hypefast Umumkan Brand Founders of The Year Class of 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved