November
08
2022
     13:08

Realisasi Akselerasi Sertifikasi Halal, SUCOFINDO & 29 LPH Persiapkan Bentuk Asosiasi

Realisasi Akselerasi Sertifikasi Halal, SUCOFINDO & 29 LPH Persiapkan Bentuk Asosiasi
ILUSTRASI. Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) PT SUCOFINDO bersama 29 LPH lainnya akan membentuk asosiasi LPH di Indonesia. Selanjutnya asosiasi LPH dapat menjadi media komunikasi, diskusi, dan sharing informasi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) PT SUCOFINDO bersama 29 LPH lainnya akan membentuk asosiasi LPH di Indonesia. “Pembentukan asosiasi ini sebagai upaya dalam mendukung pencapaian target Kementerian Agama untuk percepatan realisasi sertifikasi halal,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Adapun program akselerasi sertifikasi halal ini dicanangkan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag tahun 2022.  

Selanjutnya asosiasi LPH dapat menjadi media komunikasi, diskusi, dan sharing informasi. “Mengingat LPH di Indonesia saat ini berjumlah 30 organisasi/perusahaan, sehingga diperlukan wadah untuk meningkatkan profesionalisme, kompetensi, integritas, kapasitas dan keandalan anggotanya dalam pemeriksaan kehalalan produk, serta untuk menyampaikan usulan kebijakan kepada stakeholder terkait demi kelancaran proses sertifikasi halal oleh LPH di Indonesia. Kami berharap asosiasi LPH ini dapat terealisasi pada akhir tahun 2022 ini,” kata Mas Wigrantoro.

Proses pembentukan asosiasi LPH ini telah berjalan sejak 26 Oktober 2022. “Pada agenda rapat lanjutan ini yang terselenggara di PT SUCOFINDO, akan dilakukan pembahasan terkait beberapa hal seperti finalisasi draft pendirian Asosiasi LPH, Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, serta jadwal dan lokasi deklarasi Asosiasi LPH,” ujar Kepala Unit Halal PT SUCOFINDO Agus Suryanto.

Agus Suryanto menambahkan mendukung pembentukan asosiasi LPH ini karena dapat mendukung kesuksesan program pencapaian sertifikasi halal. “Untuk mensukseskan percepatan pencapaian target sertifikasi halal perlu didukung ketersediaan LPH dengan auditor halalnya dan laboratorium-laboratorium yang siap untuk melakukan pengujian produk halal. Oleh karena itu, LPH PT SUCOFINDO, siap mendukung percepatan ini,” kata Agus Suryanto.

Sebagai bentuk komitmen dalam layanan jasa industri halal, SUCOFINDO didukung oleh auditor Halal yang telah tersertifikasi dan kompeten di bidangnya. SUCOFINDO pun dilengkapi dengan infrastruktur yang lengkap dalam proses Sertifikasi Halal, yaitu Layanan Halal SUCOFINDO tersebar di 28 Kantor cabang, dan 38 Unit layanan, serta dilengkapi fasilitas laboratorium pengujian halal yang terakreditasi.

Baca Juga: SUCOFINDO Serahkan Sertifikat Halal untuk 26 UMK pada Perayaan HUT ke-66 SUCOFINDO

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved