September
27
2022
     11:58

PUPR Bangun Infrastruktur Permukiman Kawasan Hunian Tetap Talise di Kota Palu

PUPR Bangun Infrastruktur Permukiman Kawasan Hunian Tetap Talise di Kota Palu
ILUSTRASI. Perumahan

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Hunian Tetap (Huntap) Talise Kota Palu. Pemerintah menargetkan hunian ini bisa menampung 599 unit rumah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan Kementerian PUPR turut berkolaborasi dalam membangun Huntap relokasi dan infrastruktur permukimannya dalam 3 kategori, yaitu skala besar (kawasan), satelit dan mandiri.

“Huntap relokasi dibangun sebagai sebuah kawasan permukiman baru dengan kelengkapan infrastruktur permukimannya," kata Diana dalam keterangan resminya, Selasa (27/9).

Diana menambahkan pembangunan kawasan Huntap Talise dilaksanakan secara kolaboratif antar balai-balai PUPR dan Pemerintah Daerah yang melaksanakan penyediaan lahan, perizinan dan operasional serta pemeliharaan.

Baca Juga: Menteri PUPR Pastikan Jalan Tol Bogor Ciawi-Sukabumi Rampung pada Desember 2022

Untuk Ditjen Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah melaksanakan pembangunan infrastruktur di dalam kawasan permukiman, sedangkan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi II melaksanakan pembangunan unit hunian tetapnya.

“Untuk pembangunan jalan dan akses menuju kawasan Huntap dilaksanakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III melaksanakan pembangunan sumber air bakunya, serta BP2JK dalam penyediaan jasa konstruksi," ujar Diana.

Pembangunan kawasan Huntap Talise lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan jalan dan drainase lingkungan, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) dan infrastruktur persampahan serta Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Infrastruktur permukiman tersebut dibangun dengan berorientasi pada infrastruktur yang berketahanan (resilient) dalam menghadapi bencana dan universal access dengan mengedepankan aspek lingkungan," jelasnya.

Baca Juga: BPJT: Penyesuaian Tarif Jalan Tol Menunggu Arahan Menteri PUPR

Nantinya RTH juga akan berfungsi sebagai mitigasi bencana, tempat interaksi sosial, olahraga, dan wisata bagi masyarakat Kota Palu dengan adanya fasilitas yang didukung dengan pemandangan alam yang indah.

"Untuk itu, diharapkan nantinya Pemerintah Daerah dan masyarakat penghuni Huntap Talise dapat berperan aktif dalam mewujudkannya," tutur dia.

Sebagai informasi, sejak tahun 2019, Kementerian PUPR telah membangun 1.679 unit Huntap di Sulawesi Tengah dan akan dilanjutkan pembangunannya sebanyak 4.089 unit yang salah satunya berada, di Talise. Sementara untuk Huntap Talise direncanakan akan menampung 599 unit rumah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved