May
29
2024
     22:13

Pria Wajib Simak 5 Tips Jaga Kesehatan Kulit saat Cuaca Panas ala Tokopedia& Dokter

Pria Wajib Simak 5 Tips Jaga Kesehatan Kulit saat Cuaca Panas ala Tokopedia& Dokter
ILUSTRASI. Tokopedia & Shop Tokopedia menghadirkan promo Guncang 6.6 dimana masyarakat bisa menikmati Flash Sale 95% dalam waktu 6x sehari, Bebas Ongkir dan berbagai promo lainnya.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Iklim di Indonesia cenderung menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kulit baik bagi perempuan maupun pria.

Menurut Dokter Spesialis Kulit, dr. Azmi Fadhlih, SpDVE aktivitas sehari-hari yang dilakukan, mulai dari pagi hingga sore, membuat kulit sering terkena paparan sinar matahari sehingga dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit, menimbulkan sunburn, bahkan meningkatkan risiko penyakit kanker kulit. Tak hanya perempuan, pria juga perlu memperhatikan kesehatan kulitnya agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli, mengungkapkan, “Kesadaran masyarakat, baik perempuan maupun pria, akan pentingnya merawat kulit dan wajah semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari data internal yang mencatat subkategori produk Perawatan Wajah menjadi salah satu subkategori yang paling laris di Tokopedia selama kuartal I 2024.”

“Bahkan subkategori produk Perawatan Pria di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 2 kali lipat selama kuartal I 2024 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023,” tambah Stefanie.

Menurut dr. Azmi, ada beberapa indikator yang menunjukkan kulit yang sehat dan ideal. “Kulit sehat terlihat dari tekstur serta warna kulit yang rata, terasa kenyal dan terhidrasi atau terjaga kelembapannya. Selain itu, kulit sehat juga tidak disertakan sensasi gatal atau perih karena iritasi,” ungkapnya.

Simak 5 tips jaga kesehatan kulit pria kantoran di cuaca panas
Tokopedia melalui Stefanie dan dr. Azmi Fadhlih, Sp.DVE membagikan lima tips penting dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk bagi pria, demi menjaga paparan sinar matahari di cuaca panas.

1. Terapkan basic skincare, mulai dari mencuci muka dua kali sehari
Basic skincare menjadi kunci dalam menjaga kesehatan kulit. “Mulailah dengan mencuci muka dua kali sehari menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Setelah itu, aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan sunscreen sebagai lapisan terakhir saat beraktivitas untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari,” papar dr Azmi bersama Tokopedia.

Masyarakat kini cenderung lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan kulit dengan mencuci wajah. “Buktinya, produk facial cleanser atau sabun cuci muka adalah salah satu produk perawatan wajah yang paling populer di Tokopedia selama kuartal I 2024,” ujar Stefanie.

2. Perlindungan matahari dengan sunscreen setiap 2-3 jam sekali
Cuaca panas dan paparan sinar UV dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan kulit. Tabir surya adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan dan melindungi kulit pria dari sinar matahari. “Pilih tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 PA+++ dan aplikasikan kembali setiap 2-3 jam sekali untuk hasil yang optimal, meskipun dalam ruangan,” kata dr. Azmi bersama Tokopedia.

“Produk sunscreen wajah semakin dilirik seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya melindungi kulit dari sinar matahari. Produk sunscreen wajah atau krim tirai matahari mengalami kenaikan jumlah transaksi lebih dari 7,5 kali lipat selama kuartal I 2024,” tambah Stefanie.

Dr. Azmi pun menambahkan, jika sedang berada di luar ruangan, selain penggunaan tabir surya, penggunaan topi atau payung dapat menjadi pelindung tambahan bagi kulit agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari.

3. Pilih produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit, serta konsultasi dengan dokter spesialis kulit agar lebih tepat
Saat memilih produk skincare, jangan lupa memperhatikan kandungan dan kecocokannya dengan jenis kulit. dr. Azmi menyampaikan, “Untuk kulit berminyak, pilihlah produk non-comedogenic untuk menghindari terbentuknya jerawat. Bagi yang memiliki kulit sensitif, hindari produk yang mengandung pewangi agar tidak menyebabkan iritasi. Sedangkan bagi yang punya kulit kering, pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang tinggi.”

Jika memiliki masalah kulit seperti jerawat, eksim, atau masalah kulit lainnya, maka sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit dapat membantu memilih produk skincare yang tepat untuk mengatasi masalah kulit.

4. Lengkapi perawatan dengan produk skincare lainnya
Basic skincare untuk pria bisa dimulai dengan sabun cuci muka, pelembap dan tabir surya. Di sisi lain, tidak ada salahnya melengkapi tahapan perawatan kulit tersebut dengan produk skincare lainnya sesuai kebutuhan khusus kulit, misalnya dengan menggunakan serum atau essence yang memiliki kandungan dengan fungsi untuk mencerahkan kulit, mengurangi noda hitam, atau mengurangi proses penuaan kulit.

“Beberapa produk dengan kandungan khusus memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, produk dengan kandungan vitamin C berfungsi untuk mencerahkan kulit, produk dengan kandungan salicylic acid untuk meredakan jerawat, dan sebagainya. Biasanya pada kemasan akan jelas tertera fungsi dari produk tersebut, misalnya seri produk whitening atau mencerahkan kulit, atau seri produk untuk kulit sensitif atau berjerawat,” tambah dr. Azmi bersama Tokopedia.

“Selama kuartal I 2024, Tokopedia mencatat penjualan serum vitamin C, yang dapat mencerahkan kulit, melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan kuartal I 2023,” tutup Stefanie.

5. Saat belanja online skincare, perhatikan deskripsi produk dan pastikan produk mengantongi izin BPOM
“Saat berbelanja produk skincare secara online, pembeli sangat disarankan untuk membaca deskripsi produk terlebih dahulu. Biasakan juga untuk bertanya kepada penjual jika membutuhkan info tambahan. Pastikan produk yang akan dibeli sudah mengantongi izin dari BPOM,” jelas dr. Azmi bersama Tokopedia.

“Pembelian skincare dan produk kebutuhan lainnya sangat mudah lewat Tokopedia & Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok. Masyarakat pun bisa menikmati diskon Flash Sale hingga 95% untuk berbagai kategori produk, termasuk perawatan wajah, di Tokopedia & Shop Tokopedia Promo Guncang 6.6 yang berlangsung hingga periode puncak kampanye, yaitu 6 Juni 2024,” ungkap Stefanie.

Untuk menikmati promo Tokopedia & Shop Tokopedia Promo Guncang 6.6, masyarakat bisa mengikuti langkah berikut:
1.    Buka aplikasi Tokopedia atau Shop Tokopedia pada aplikasi TikTok di smartphone, klik icon 6.6 yang ada di halaman utama
2.    Pilih barang incaran, lalu jangan lupa pakai kupon yang available di halaman checkout
3.    Nikmati pengalaman berbelanja online dengan promo yang bisa bikin semakin hemat

Tentang Tokopedia
Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Baca Juga: Simak 5 Cara Ala Pelaku Usaha Lokal Makanan dan Minuman di Tokopedia

Selanjutnya: Sun Life dan Beyond Sport Gelar Program Hoops + Health di Depok

Menarik Dibaca: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved