January
29
2024
     21:01

Porsche Sprint Challenge Indonesia Final Round:Aldio Oekon Juara Endurance Race 2023

Porsche Sprint Challenge Indonesia Final Round:Aldio Oekon Juara Endurance Race 2023
ILUSTRASI. Puncak pelaksanaan Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) sukses digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari ketiga (28/01).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Puncak pelaksanaan Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) sukses digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari ketiga (28/01). Ajang yang menampilkan aksi balap para drivers Porsche 911 GT-3 berhasil menyuguhkan tontonan menarik bagi pecinta otomotif roda 4.

Direktur Operasi ITDC Troy Warokka mengatakan, “Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada tim Porsche Sprint Challenge Indonesia atas kepercayaan telah memilih Pertamina Mandalika International Circuit sebagai tempat penyelenggaraan event prestisius ini. Dedikasi kami untuk terus meningkatkan fasilitas di Pertamina Mandalika International Circuit menjadi landasan utama agar sirkuit ini tetap menjadi tuan rumah bagi balapan berkelas. Upaya kami tidak hanya terbatas pada balapan roda 2, tetapi juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung balapan roda 4 dengan standar internasional.”

Di kelas endurance race, driver dari Citadel Racing Team, sekaligus juara pertama endurance race berturut-turut dari race pertama dan kedua, Aldio Oekon berhasil menjadi juara setelah melewati pertarungan mendebarkan dalam 24 laps yang digelar. Aldio menunjukkan performa maksimal dengan bertahan di posisi pertama sejak race dimulai dengan torehan waktu terbaik 1  menit 34,442 detik dan total waktu 40 menit 38,458 detik.

Posisi kedua direbut oleh drivers dari tim Apriwa Motorsport, Ahmad F. Alam dan Rudi SL dengan waktu terbaik 1 menit 34,650 detik dan total waktu 40 menit 42,562 detik yang tampil menakjubkan dengan memulai start pada posisi ketujuh. Menyusul di posisi ketiga diamankan Hendrik Jaya Soewatdy dan John Kwon, drivers dari Semen Merah Putih Racing tersebut dengan waktu terbaik 1 menit 35,347 detik dan total waktu 40 menit 59,646 detik.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, “Pelaksanakan Porsche Sprint Challenge Indonesia Final Round pada hari ketiga sangat sukses. Kualitas sirkuit yang baik memacu para drivers untuk menunjukkan performa terbaiknya. Kesuksesan PSCI season ini juga tak hanya dari aspek race saja, juga kontribusi pada ekonomi dan pariwisata daerah.”

Bagoes Hermanto, CEO Superstars Motorsport mengatakan, “Dengan balapan yang menegangkan di Season’s Finale ini, kami sangat senang dengan hasilnya. Para pembalap telah menunjukkan komitmen dan daya saingnya dengan mobil Porsche 911 GT-3 Cup, sehingga menghasilkan Sprint Race dan Endurance Race yang seru. Kami ingin mengucapkan selamat kepada semua pembalap atas partisipasi dan kesuksesan mereka. Juara Sprint Rio SB dan Juara Endurance Aldio Oekon pantas mendapatkan kemenangan ini dan kami berharap dapat menyambut mereka lagi di musim depan. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada mitra kami Injourney, ITDC, MGPA, Pertamax Turbo, Michelin dan Porsche Indonesia, yang telah berkontribusi besar terhadap pencapaian di Porsche Sprint Challenge Indonesia.”

Dalam penyelenggaraan Porsche Sprint Challenge Indonesia, ITDC dan MGPA juga turut mengundang siswa-siswi di NTB untuk merasakan langsung kegembiraan balapan berkelas ini.

“Inisiatif ini diambil dengan tujuan memberikan wawasan yang lebih luas kepada para siswa sehingga dapat menggali pengetahuan lebih dalam mengenai dunia otomotif serta mendapatkan inspirasi untuk mengejar minat dan bakat mereka di bidang ini. Dengan demikian, langkah ini juga menjadi salah satu upaya positif untuk memotivasi generasi muda NTB dan membuka peluang bagi mereka untuk terlibat lebih aktif dalam dunia otomotif di masa depan.” Ujar Troy.

Selain itu, sebagai penutup dari rangkaian PSCI Round 3, ITDC & MGPA mengadakan "Season’s Finale Sunset Party” di Pullman Lombok Merujani sebagai wadah untuk mempererat ikatan antara semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan Porsche Sprint Challenge Indonesia. Dengan adanya acara ini, diharapkan semangat kolaboratif dan komunikasi yang baik dapat terus terjaga untuk kerjasama yang berkelanjutan.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 50 tahun telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 hektar yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Pertamina Mandalika International Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

Selain itu, ITDC kembali mendapat penugasan yang ketiga oleh Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021, untuk pembangunan dan pengembangan kawasan The Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Tentang MGPA   

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Pertamina Mandalika International Circuit. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket. MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.

Baca Juga: ITDC Sambut Penyelenggaraan Porsche Sprint Challenge di Pertamina Mandalika Circuit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved