January
15
2024
     17:06

ITDC Sambut Penyelenggaraan Porsche Sprint Challenge di Pertamina Mandalika Circuit

ITDC Sambut Penyelenggaraan Porsche Sprint Challenge di Pertamina Mandalika Circuit
ILUSTRASI. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyambut baik penyelenggaraan event balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia Round-2 di Pertamina Mandalika International Circuit, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyambut baik penyelenggaraan event balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia Round-2 di Pertamina Mandalika International Circuit, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Event ini diadakan atas kerjasama erat yang dilakukan antara cucu usaha ITDC yaitu PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya sebagai Racing Committee atau pengelola sirkuit dan Superstars Motor Sport (Superstars) sebagai penyelenggara balap.

Hari ini telah dilakukan sesi briefing kepada para pembalap dan tim balap yang akan bertanding pada Sabtu (13/1) dan Minggu (14/1) 2024. Sesi briefing ini memaparkan berbagai aspek krusial, seperti aturan balap, tata tertib, kondisi cuaca, tata cara start, dan titik-titik kritis di sirkuit.

Selain itu, highlight dari sesi briefing membahas mengenai strategi balap yang efektif dan aspek keamanan yang harus dijaga selama balapan.

Direktur Utama ITDC Ari Respati menyatakan, “Kami sangat antusias menjadi bagian dari event balap mobil bergengsi ini, dan menyambut para pembalap serta penggemar otomotif di kawasan The Mandalika.

Sebagai pengelola kawasan The Mandalika dan pemilik Pertamina Mandalika International Circuit, ITDC berkomitmen untuk mendukung pengembangan olahraga otomotif dan memperkuat posisi The Mandalika sebagai destinasi sport tourism and entertainment di Indonesia, serta memperkuat citra pariwisata NTB.”

Pertamina Mandalika International Circuit telah dirancang dengan standar internasional, memberikan pengalaman balap yang berkesan bagi para pembalap dan pecinta otomotif dengan menikmati keindahan panorama alam yang memukau. Penyelenggaraan Porsche Sprint Challenge Indonesia Round 2 ini, menjadi momentum berharga bagi Pertamina Mandalika International Circuit untuk terus bersinar di panggung otomotif dunia.

“Kami berharap event ini tidak hanya memberikan hiburan kepada penggemar balap mobil dan otomotif, tetapi juga menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan The Mandalika dan budaya lokal sekitar,” imbuh Ari.

Sementara itu, Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya Priandhi Satria menyampaikan, “Kami mengundang seluruh masyarakat NTB, untuk menyaksikan serunya balapan mobil bergengsi di Pertamina Mandalika International Circuit, dengan mengakses link bit.ly/PSCI_RegisForm untuk melakukan registrasi penonton.”.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 50 tahun telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 hektar yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali.

Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Pertamina Mandalika International Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

Selain itu, ITDC kembali mendapat penugasan yang ketiga oleh Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021, untuk pembangunan dan pengembangan kawasan The Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Tentang MGPA   

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Pertamina Mandalika International Circuit. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket. MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.

Baca Juga: ITDC & Yayasan GNI Berkolaborasi Bangun Kapasitas Pedagang di Kawasan The Mandalika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved