November
28
2022
     21:48

PLN - SUCOFINDO Sinergi BUMN untuk Dorong Peningkatan TKDN

PLN - SUCOFINDO Sinergi BUMN untuk Dorong Peningkatan TKDN
ILUSTRASI. Bentuk sinergi BUMN terwujudkan dalam nota kesepahaman antara PT PLN (Persero) bersama PT SUCOFINDO, sebagai bagian dari Holding bumn jasa Survei – IDSurvey.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sinergi BUMN dalam meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terus dilakukan. Hal ini sejalan dengan semangat BUMN sebagai motor penggerak perekonomian nasional.

Bentuk sinergi BUMN terwujudkan dalam nota kesepahaman antara PT PLN (Persero) bersama PT SUCOFINDO, sebagai bagian dari Holding bumn jasa Survei – IDSurvey. Selain itu, pada saat bersamaan PT PLN (Persero) turut melangsungkan penandatanganan nota kesepahaman untuk peningkatan TKDN dengan PT Biro Klasifikasi Indonesia, selaku induk IDSurvey, serta PT Surveyor Indonesia. Nota kesepahaman ini diteken dan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada perhelatan pembukaan  PLN LOCOMOTION 2022 - Local Content Movement for The Nation.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kegiatan ini mampu mendukung langkah bersama dalam peningkatan TKDN. Ia mengatakan dengan TKDN selain bisa menekan ketergantungan impor bahan baku sekaligus dapat mendorong pertumbuhan industri dalam negeri.

“Realisasi TKDN atau substitusi impor dengan menggunakan bahan baku lokal ampuh menghemat cadangan devisa, sehingga mampu memperkuat nilai rupiah. Kemudian untuk merealisasikannya kita perlu dorong agar produksi nasional dapat mendukung tantangan besar dalam penyediaan infrastruktur kelistrikan dalam menyediakan industri,” ujar Airlangga.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan komitmen PLN dalam merealisasikan TKDN. Saat ini capaian TKDN yang telah diraih PLN mencapai 48,95%. Hingga 2024 mendatang, PLN melakukan serangkaian upaya untuk bisa mencapai target TKDN sebesar 50%.

“PLN terus berkomitmen mendorong  peningkatan TKDN hal ini sejalan dalam dukungan terhadap peningkatan daya saing industri dan realisasi mewujudkan visi Indonesia Maju di tahun 2045 melalui transformasi ekonomi,” ujar Darmawan.

Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi siap mendukung PLN dalam merealisasikan penyediaan infrastruktur kelistrikan yang sesuai jaminan kualitas mutu. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah dalam upaya mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan peran BUMN sebagai motor penggerak perekonomian nasional.

“Kami siap membantu dalam realisasi penyediaan infrastruktur kelistrikan, khususnya membantu PT PLN (Persero), dari hulu ke hilir, melalui layanan jasa Survey, Inspeksi, Verifikasi, dan Konsultansi,” ujar Mas Wigrantoro.

Ia juga mengatakan dukungan ini juga sejalan dengan realisasi percepatan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, yang disepakati oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PLN (Persero) pada 28 September 2021.

Mas Wigrantoro menambahkan PT SUCOFINDO mampu mendukung realisasi peningkatan Penggunaan Dalam Negeri (PDN) PT PLN (Persero) melalui layanan verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).
“Selain itu, kami juga siap membantu untuk layanan konsultansi dan sosialisasi secara masif,” ujar Mas Wigrantoro.

Untuk Transisi Energi PT SUCOFINDO mampu melengkapi kebutuhan bisnis PT PLN (Persero) melalui layanan Verifikasi dan Validasi Informasi Lingkungan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca (GRK). "Sebagai Lembaga Verifikasi dan Validasi PT SUCOFINDO juga melayani informasi lingkungan lain, seperti reduksi emisi, pengelolaan sampah, dan air. Selain itu, PT SUCOFINDO juga mampu melayani jasa Audit Energi Industri dan Bangunan Gedung," ujar Mas WIgrantoro.

Oleh karena itu, Mas Wigrantoro optimis untuk siap memenuhi kebutuhan PT PLN (Persero) dan berkolaborasi mewujudkan peningkatan TKDN serta ekosistem kelistrikan Nasional.

Sekilas Tentang PLN

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Sekilas Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri. Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara.

Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: SUCOFINDO-BPMA-SI Kolaborasi untuk Dukungan Peningkatan TKDN Hulu Migas di Aceh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved