July
04
2023
     20:58

Pemerintah Kerajaan Spanyol Beri Penghargaan Merit Sipil kepada Muhammad Rapsel Ali

Pemerintah Kerajaan Spanyol Beri Penghargaan Merit Sipil kepada Muhammad Rapsel Ali
ILUSTRASI. Dubes Kerajaan Spanyol untuk Indonesia memberikan Tanda Penghargaan Merit Sipil kepada Almarhum Muhammad Rapsel Ali.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dubes Kerajaan Spanyol untuk Indonesia memberikan Tanda Penghargaan Merit Sipil kepada Almarhum Muhammad Rapsel Ali. Menantu Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin tersebut diberi penghargaan ini karena dianggap telah berjasa membantu Kerajaan Spanyol di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Francisco De Asis Aguilera Aranda kepada istri mendiang, Siti Nur Azizah Ma'ruf.
Pemberian penghargaan ini berlangsung Selasa, 4 Juli 2023, siang di Legian 2 Room, Gran Melia Jakarta Selatan. Penghargaan yang sama sebelumnya pernah diberikan ke Presiden BJ Habibie.

“Penghargaan ini diberikan atas jasa-jasa Beliau (Rapsel Ali) untuk membantu Kerajaan Spanyol mengembangkan bisnis di Indonesia, sebagai politikus dan sekaligus sebagai seorang pebisnis,” kata Aquilera.

Salah satu bentuk jasa Almarhum Muhammad Rapsel Ali yakni kerja sama di dunia otomotif. “Salah satunya adalah mendirikan Mandalika Racing Team untuk bekerja sama dengan tim balap asal Spanyol,” jelasnya.

Rapsel yang meninggal dunia pada 9 April 2023 lalu seperti diketahui merupakan Presiden Pertamina Mandalika SAG Racing Team yang berhasil berpartisipasi dalam kejuaraan dunia Moto2.

Rapsel juga dianggap berjasa oleh Spanyol setelah turut membantu penyaluran Pinjaman Luar Negeri dari Spanyol untuk Indonesia, setelah sebelumnya 10 tahun Spanyol tidak aktif dalam hal tersebut.

Siti Nur Azizah sementara itu mengaku sangat terharu dengan apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada almarhum suaminya yang saat wafat juga tercatat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai NasDem.

“Sebuah kejutan yang luar biasa ketika saya mendapatkan undangan istimewa dari Duta Besar Kerajaan Spanyol, Yang Mulia Bapak Francisco Aguilera Aranda, terlebih dalam rangka Pemberian Tanda Penghargaan Merit Sipil dari Pemerintah Spanyol kepada Almarhum Muhammad Rapsel Ali, suami saya,” katanya.

Wakil Rektor Bidang IV Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu mengatakan, penghargaan ini adalah penghiburan bagi dia dan keluarganya yang sampai saat ini masih merasakan duka kehilangan.

“Semoga penghargaan yang diberikan oleh Kerajaan  Spanyol ini menjadi penghiburan, dan bisa mengubah air mata kesedihan menjadi air mata kebanggaan. Kebanggaan bukan hanya bagi saya dan keluarga, tapi juga bagi bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Secara khusus, Siti Nur Azizah berterima kasih kepada Pemerintah Kerajaan Spanyol. “Atas nama almarhum Muhammad Rapsel Ali, istri, keluarga, dan masyarakat Indonesia, kami ucapkan banyak terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Duta Besar Kerajaan Spanyol, Yang Mulia Bapak Francisco Aguilera Aranda,” tandasnya.

Baca Juga: Rapsel Ali Minta Tiga Hal kepada Menteri BUMN Erick Thohir

Selanjutnya: Prospek Mayora Indah (MYOR) Ditolong Biaya Operasional yang Lebih Rendah

Menarik Dibaca: Pluang Sambut Baik UU PPSK dalam Inovasi Teknologi Sektor Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved