November
04
2024
     16:02

Pemberdayaan Berkelanjutan Aice Raih TOP CSR Awards2024 Selama 4 Tahun Berturut-turut

Pemberdayaan Berkelanjutan Aice Raih TOP CSR Awards2024 Selama 4 Tahun Berturut-turut
ILUSTRASI. Aice Group, perusahaan es krim ternama di Asia Tenggara, kembali menunjukkan komitmennya dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan meraih penghargaan bergengsi 'TOP CSR Awards 2024' dari Majalah Top Business.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Aice Group, perusahaan es krim ternama di Asia Tenggara, kembali menunjukkan komitmennya dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan meraih penghargaan bergengsi 'TOP CSR Awards 2024' dari Majalah Top Business. Penghargaan ini menjadi bukti nyata dedikasi Aice dalam mengembangkan program CSR inovatif yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan ekonomi masyarakat.

Pada ajang penghargaan TOP CSR Awards tahun 2024 ini, Aice Group kembali meraih dua penghargaan sekaligus, yakni TOP CSR Awards 2024 di level Bintang Empat yang menunjukkan kualitas sangat baik dan penghargaan TOP Leader On CSR Commitment 2024 yang diberikan kepada CEO Aice Group, Jack Wang.

Penghargaan ini diberikan sebagai penghargaan atas komitmen tinggi Jack Wang dalam mendukung dan mendorong inovasi serta inisiatif program CSR di Aice Group. Pengakuan ini bukan yang pertama; Aice Group secara konsisten telah meraih TOP CSR Awards sejak tahun 2021, maka empat tahun berturut-turut ini menjadi bukti nyata dedikasi Aice menjalankan program CSR inovatif dan berkelanjutan.

Aice menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan Aice Group meraih penghargaan ini. "Aice Group sangat bangga menerima penghargaan ini. Penghargaan TOP CSR Awards 2024 ini merupakan bukti nyata dedikasi Aice dalam terus berinovasi dan berkontribusi kepada masyarakat melalui berbagai program CSR kami.

Penghargaan ini juga mencerminkan komitmen kami untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan bisnis dan tanggung jawab sosial, serta upaya kami dalam menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan komunitas," ujar Jack Wang, CEO Aice Group.

Aice Group telah menjalankan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Keberhasilan Aice meraih penghargaan di tahun 2024 ini adalah hasil dari konsistensi dan upaya berkelanjutan dalam melaksanakan program-program CSR sepanjang tahun 2023.

Salah satu inisiatif utamanya adalah kolaborasi dengan PSSI, di mana Aice mendukung dunia olahraga dengan membagikan 10.000 es krim dan 500 bola ke berbagai Sekolah Sepak Bola (SSB) di Indonesia. Program ini merupakan bagian dari konsistensi dan komitmen jangka panjang Aice dalam memajukan olahraga nasional  dan komitmen Aice untuk membangun ekosistem olahraga di Indonesia, di mana konsistensi ini menjadi salah satu faktor penilaian dalam ajang TOP CSR Awards.

Di tahun 2023, Aice memperkuat inisiatif kesehatan dan berbagi kebahagiaan melalui program #15HariAiceBerbagiSehat yang dilaksanakan setiap bulan sejak 2021. Program ini bertujuan mendorong semangat gaya hidup sehat di masyarakat Indonesia melalui berbagai kegiatan, termasuk pembagian produk es krim dan kampanye kesehatan lainnya. Sebagai bagian dari komitmen ini, Aice membangun Lapangan Serbaguna di Lombok untuk mendukung pendidikan dan aktivitas fisik siswa-siswi, serta melanjutkan misi perusahaan dalam mendukung dunia pendidikan dan olahraga.

Selama bulan Ramadhan 2023, Aice menjalankan program mendistribusikan jutaan es krim ke puluhan ribu desa di seluruh Indonesia, menjangkau berbagai daerah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali, dengan tema “Festive Dessert Kepala Desa Berbagi Berkah.” Pada tahun yang sama, Aice juga berkolaborasi dengan Kemenpora, PSSI, IJL (Indonesia Junior League), Disjasad TNI, dan Foodbank of Indonesia untuk mendukung inisiatif ini, membuktikan komitmennya dalam berbagi kebahagiaan dan mendukung dunia olahraga secara konsisten dan berkelanjutan.

Selain kontribusi di tahun 2023, Aice juga telah menunjukkan komitmen sebelumnya di tahun sebelumnya, dengan menjadi Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar dan bekerja sama dengan Kemenpora dalam mengedukasi masyarakat mengenai hidup sehat serta mendukung semangat olahraga sejak usia dini. Kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya Aice yang konsisten dalam mendukung dunia olahraga, pendidikan, dan kesehatan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan.

Sebelumnya, Aice juga aktif membantu korban bencana alam, seperti memberikan dukungan di posko bencana Palu pada tahun 2020 dan Sulawesi Barat pada tahun 2021, serta membangun kembali sekolah yang terdampak gempa bumi di Lombok pada 2019. Di awal pandemi COVID-19, Aice mendonasikan APD dan es krim untuk Tenaga Kesehatan di 14 RS Rujukan COVID-19 dan satu tempat peristirahatan tenaga medis.

Sepanjang tahun 2020 hingga 2022, Aice telah membagikan lebih dari 67 juta masker medis, yang diproduksi sendiri dan didistribusikan secara gratis melalui pemerintah, organisasi, pemilik warung, dan stakeholders lainnya sebagai bagian dari upaya bantuan sosial.

Aice Group tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga berkomitmen terhadap kualitas produk dan keberlanjutan. Pabrik Aice telah memperoleh berbagai sertifikasi bergengsi, seperti Jaminan Keamanan Pangan Sistem HACCP, Sertifikat Manajemen ISO 9001:2008, dan nilai A dalam implementasi sistem jaminan halal. Selain itu, pabrik Aice di Mojokerto menggunakan teknologi modern, termasuk mesin sistem robotik, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional sesuai dengan tuntutan era Industri 4.0.

Penghargaan TOP CSR Awards 2024 ini menjadi pengakuan atas komitmen Aice Group dalam menjalankan CSR secara inovatif, berkelanjutan, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Aice Group akan terus berusaha meningkatkan kontribusinya untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Di kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani, MM., MBA mengatakan bahwa tema yang diangkat tahun ini adalah ‘Inovasi-Inovasi Program CSR dan ESG yang dapat mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan’. CSR dan ESG diharapkan tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan, tetapi juga harus selaras dengan strategi bisnis untuk mendukung pencapaian target-target bisnis agar perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

Tema tersebut mendorong perusahaan untuk mengimplementasikan ESG dan CSR dengan mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG. “Jika tanggung jawab tersebut berjalan, maka banyak masalah sosial ekonomi di Indonesia yang dapat teratasi dengan sendirinya,” ujarnya.

Kriteria penghargaan ini meliputi keselarasan inisiatif CSR terhadap strategi pertumbuhan bisnis berkelanjutan, tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 SR, sistem tata kelola CSR, inovasi program CSR unggulan, dan identifikasi dampak materialitas ESG terhadap bisnis serta strategi pengelolaannya agar bisnis terus tumbuh berkelanjutan.

"Penghargaan 'TOP CSR Awards 2024' ini menegaskan posisi Aice sebagai perusahaan yang tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga berkomitmen pada keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui berbagai inisiatif CSR, seperti program 15 Hari Berbagi Sehat dan dukungan pada pendidikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta berbagai rangkaian dukungan terhadap dunia olahraga Indonesia, Aice telah berhasil menciptakan dampak positif yang signifikan dan berkelanjutan, memberikan contoh konkret bagaimana sektor swasta dapat berkontribusi pada pembangunan nasional,” tutup Jack.

TENTANG AICE

Aice adalah jenama es krim terkemuka di Indonesia yang dikenal dengan inovasi produk dan komitmennya dalam mendukung komunitas, khususnya dalam pemberdayaan perempuan. Aice Group Holdings Pte Ltd terdaftar di Singapura memiliki produk es krim berkualitas yang sehat dan trendi untuk dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama sangat cocok bagi masyarakat di kawasan Asia Tenggara. Selain selalu mengembangkan produk berkualitas, Aice juga memiliki misi sosial yang mulia yaitu ‘membantu masyarakat mendapatkan hidup lebih indah’, sesuai dengan slogan yang selalu menyemangati dunia, ‘Have an Aice Day’.

Produk-produk Aice yang sangat beragam varian rasanya, telah memperoleh Sertifikasi Halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI, satu-satunya lembaga yang memiliki auditor halal dan sah di Indonesia. Bahkan pada Desember 2017, Aice meraih penghargaan Halal Award 2017 Kategori Pendatang Baru Terbaik yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI.

Selain itu, Aice juga meraih penghargaan Top Halal Award 2023, dengan menjadi satu dari 31 brand yang berhasil meraih posisi teratas pada Top Halal Index (THI). Pabrik Aice juga sudah memperoleh Jaminan Keamanan Pangan Sistem HACCP. Selain itu, pabrik Aice yang berlokasi di Cikarang dan telah memiliki Sertifikat Manajemen ISO 9001:2008, pun telah mendapatkan nilai A atau Sangat Baik dalam implementasi sistem jaminan halal.

Berbagai penghargaan pun telah diraih Aice karena produk-produknya yang berkualitas serta etos kerja yang produktif, di antaranya adalah, TATV Award 2017 - Excellent Brand Award dan Top 5 Netizen Brand Choice Award dari majalah Warta Ekonomi. Pada tahun 2018, Aice terpilih sebagai satu-satunya es krim pilihan Asian Games 2018 yang mendukung perhelatan olahraga terbesar se-Asia ini. Setelah berbagai penghargaan di 2018, di awal tahun 2019, Aice menerima lagi 2 (dua) penghargaan bergengsi lainnya: Penghargaan kategori es krim Brand for Good di ajang WOW Brand 2019, sehingga Aice masuk ke dalam jajaran WOW Brand 300 2019.

Selain itu, Infobank juga memberikan penghargaan untuk Aice di kategori Better Brand yang berkomitmen terus menjaga kualitas produk terbaik dengan harga bersaing agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk menikmati es krim. Terhadap komitmen ini pula, Aice secara konsisten meraih penghargaan Top Brand Award selama lima tahun berturut-turut, dari tahun 2019 hingga 2023.

Demikian pula dengan penghargaan Top Brand for Kids Award yang telah disandangnya sejak 2019 dan terus bertahan hingga 2024. Aice juga mendapatkan penghargaan Superbrands selama empat tahun berturut-turut dari 2020 hingga 2023, serta berhasil mendapatkan penghargaan dari Euromonitor sebagai “Indonesia’s No.1 Ice Cream Brand”. Di tahun 2024, rangkaian pencapaian luar biasa Aice berlanjut dengan diraihnya WOW Brand Award, CSR Award oleh The Iconomics, dan Top CSR Award.

Baca Juga: Aice Dukung HUT ke-1 Kereta Cepat Whoosh lewat Kecerian Es Krim Bersama Penumpang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved