August
08
2023
     15:02

Niaga Permudah Transaksi Cross-border bagi WNA di Indonesia

Niaga Permudah Transaksi Cross-border bagi WNA di Indonesia
ILUSTRASI. Pengguna dompet digital Alipay bertransaksi di merchant mitra CIMB Niaga di Jakarta, Selasa (8/8/2023). CIMB Niaga sebagai Acquiring Bank,memfasilitasi transaksi pembayaran antarnegara (cross-border) bagi WNA yang sedang berada di Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan kapabilitasnya sebagai Acquiring Bank untuk memfasilitasi transaksi pembayaran antarnegara (cross-border) bagi Warga Negara Asing (WNA) yang sedang berada di Indonesia.

CIMB Niaga menyediakan jaringan alat penerima transaksi pembayaran yang lengkap seperti mesin Electronic Data Capture (EDC) dan Quick Response (QR) Stiker yang dapat melayani transaksi pembayaran antarnegara (cross-border) menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit, atau QR dari aplikasi perbankan/dompet digital milik WNA yang diterbitkan di negara asalnya.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan, CIMB Niaga berkomitmen menghadirkan layanan transaksi pembayaran yang dapat melayani berbagai metode pembayaran secara praktis, cepat, dan aman untuk para WNA seperti wisatawan, pebisnis, karyawan, profesional, dan pelajar yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Layanan tersebut bisa dinikmati di merchant-merchant mitra CIMB Niaga di berbagai daerah, khususnya area wisata seperti Jakarta, Surabaya, Lombok, Yogyakarta, dan Bali serta wilayah para ekspatriat antara lain Morowali, Sulawesi Tengah.

“Dengan layanan pembayaran antarnegara (cross-border) yang inklusif dan seamless tersebut, para WNA tidak perlu repot menukarkan uang tunai saat membayar/belanja di merchant-merchant pilihannya yang ada di Indonesia.

Cukup menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit atau memindai kode QR dari aplikasi perbankan/dompet digital yang dimiliki, maka transaksi akan diproses dan terkonversi otomatis ke dalam rupiah sesuai jumlah yang telah disepakati pengguna dengan merchant,” kata Noviady di Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Adapun Kartu Debit dan Kartu Kredit yang bisa digunakan untuk transaksi cross-border di jaringan merchant mitra CIMB Niaga yaitu Kartu Debit dan Kartu Kredit berlogo VISA, Mastercard, dan JCB. Sedangkan, untuk transaksi menggunakan QR, saat ini CIMB Niaga dapat menerima dua metode pembayaran.

Pertama, transaksi pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Cross-Border khusus bagi WNA dari Thailand dan Malaysia. Hal ini dimungkinkan seiring kerja sama QRIS cross-border antara Bank Indonesia (BI) dengan Bank of Thailand (BoT) dan Bank Negara Malaysia (BNM) beberapa waktu lalu. CIMB Niaga merupakan salah satu bank pertama yang mengimplementasikan QRIS cross-border tersebut.

Transaksi menggunakan QR yang kedua yaitu QR cross-border untuk WNA dari Tiongkok pengguna dompet digital Wechat Pay dan Alipay. Saat ini CIMB Niaga tercatat sebagai satu-satunya bank di Indonesia yang dapat melayani pembayaran dari dua dompet digital tersebut.

Implementasi transaksi ini dapat dilakukan atas kerja sama CIMB Niaga dengan Weixin Pay selaku pemilik aplikasi WeChat Pay dan Alipay.com Co., Ltd selaku pemilik aplikasi Alipay, serta Arash Digital (Jakarta) dan Swiftpass Global Limited (Shenzhen) sebagai technical service provider.

“Kami senang bisa melayani pembayaran cross border bagi para WNA Tiongkok, khususnya wisatawan dan tenaga kerja pengguna Alipay dan WeChat Pay yang tengah berada di Indonesia. Untuk memperluas ketersediaan layanan tersebut, CIMB Niaga akan meningkatkan sosialisasi dan akuisisi merchant, utamanya kepada para penyedia produk dan jasa terkait wisata seperti hotel, restoran, hingga pedagang souvenir,” ujar Noviady.

Sebagai informasi, per 30 Juni 2023 pertumbuhan transaksi QR cross-border yang dilayani CIMB Niaga mencapai 242% secara Year-on-Year (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Sejalan dengan makin luasnya penerimaan pembayaran berbasis QR dan bangkitnya kembali pariwisata di Indonesia, CIMB Niaga optimis transaksi QR cross-border di merchant mitra CIMB Niaga juga akan terus meningkat. Hal ini tentunya akan berkontribusi memberikan devisa bagi Indonesia sekaligus meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di daerah wisata.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
 
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 Juni 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.796 karyawan (konsolidasi), 412 kantor cabang & jaringan (termasuk 36 digital lounges), 3.996 ATM & CRM, serta 453.483 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,6 miliar per 30 Juni 2023. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah, serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Baca Juga: CIMB Niaga & Cathay Pacific Mudahkan Wisata Dunia di Cathay Pacific Travel Fair 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved