January
17
2023
     21:53

Mendag Zulkifli: Sinergi Ritel Modern, Lokapasar & Perbankan Jadi Kunci Kemajuan UMKM

Mendag Zulkifli: Sinergi Ritel Modern, Lokapasar & Perbankan Jadi Kunci Kemajuan UMKM
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan, Zulkifi Hasan dan Menteri BUMN, Erick Thohir berdialog dengan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Binjai, Sumatra Utara, Selasa (17 Jan).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan dukungan pemerintah untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas melalui empat pilar peningkatan daya saing UMKM. Keempat pilar peningkatan daya saing UMKM menyinergikan UMKM, ritel modern, lokapasar, dan perbankan dalam satu ekosistem. Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat bertemu dengan para pelaku UMKM di Kota Binjai, Sumatra Utara, hari ini, Selasa (17/1).

“Kementerian Perdagangan terus mendukung pengembangan UMKM melalui program empat pilar peningkatan daya saing UMKM. Jika ekosistemnya terbangun, ekonomi juga akan merangkak naik. Kami harap UMKM Kota Binjai juga dapat bersinergi dengan ritel modern, lokapasar, dan perbankan untuk terus mengembangkan UMKM di Kota Binjai,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan di TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai, Mencirim, Binjai, Sumatra Utara.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. Sementara itu, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko. Pertemuan tersebut dihadiri sekitar 20 pelaku UMKM di Kota Binjai. Para pelaku UMKM tersebut bergerak antara lain di bidang tekstil serta makanan dan minuman. Para pelaku usaha turut membawa produk mereka untuk dipamerkan di hadapan Mendag dan Menteri BUMN.

Mendag Zulkifli Hasan berharap, UMKM di Kota Binjai dapat bersinergi menyuplai produk-produk mereka ke ritel-ritel modern di Sumatra Utara. Ia juga berharap produk-produk UMKM Binjai dapat bersinergi dengan lokapasar melalui berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas hingga akhirnya mampu merambah pasar digital. Mendag juga mengatakan, pemerintah mendukung pembiayaan UKM antara lain melalui kerja sama dengan perbankan dalam skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pendiri TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai, Tan Darwania Makatita menyampaikan apresiasinya dan meminta dukungan pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM Kota Binjai. “Kami mohon dukungan atas produktivitas UMKM di sanggar TAN Collection pada khususnya, dan semua UMKM di Kota Binjai pada umumnya, sehingga UMKM di Kota Binjai semakin berkembang,” kata Tan.

TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai sendiri merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang fesyen etnik. Produk-produknya meliputi tenun, songket, batik, sulaman, rajutan, kerajinan tangan, hingga hantaran pengantin. Produk TAN Collection telah dipasarkan di sekitar Binjai dan Sumatra Utara. TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai terbentuk pada 2015, yang diinisiasi oleh Tan Darwania Makatita dan saat ini mempunyai jumlah anggota sebanyak 100 orang.

Baca Juga: Hadiri HUT ke-273 Kab Langkat, Mendag Zulkifli: Kemendag Bantu Program UMKM Ekspor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini

Terpopuler


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved