June
24
2024
     17:50

Mahasiswa Paramadina & Kampung Berseri Astra Sunter Jaya Wujudkan Tertib Organisasi

Mahasiswa Paramadina & Kampung Berseri Astra Sunter Jaya Wujudkan Tertib Organisasi
ILUSTRASI. Mahasiswa Paramadina Graduate School of Communication(PGSC) melakukan aksi nyata menggandeng masyarakat Kampung Berseri Astra Sunter Jaya, Jakarta Utara dalam program pemberdayaan masyarakat

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Mahasiswa Paramadina Graduate School of Communication (PGSC) melakukan aksi nyata menggandeng masyarakat Kampung Berseri Astra Sunter Jaya, Jakarta Utara dalam program pemberdayaan masyarakat. Aksi nyata Mahasiswa PGSC yang merupakan hasil pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah Komunikasi dan Pemberdayaan Sosial selama satu semester dituangkan dalam kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO), dengan tema “Tertib Administrasi Demi Kemajuan Organisasi dan Kiat Membangun Kolaborasi antar Organisasi atau Kelompok Masyarakat”. Pelatihan tersebut diikuti oleh lebih dari 30 peserta.

Mewakili Mahasiswa PGSC sekaligus ketua kelompok acara, Dody Triguno mengatakan, “Pelatihan Manajemen Organisasi ini kami buat sesuai dengan kebutuhan anggota KBA Sunter Jaya agar dapat tertib berorganisasi dan administrasi guna membangun kolaborasi aktif secara terbuka dengan berbagai kelompok masyarakat atau organisasi lainnya yang memiliki misi dan spirit yang sama dengan KBA Sunter Jaya yaitu untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA Sunter Jaya.”

Sambutan baik dari masyarakat KBA Sunter Jaya diwakili oleh Ketua Pilar Pendidikan, Organisasi KBA Sunter Jaya, Siti Zuhro, mengatakan, “Kami di KBA Sunter Jaya, sangat berterima kasih dengan antusias dan kehadiran mahasiswa PGSC Paramadina.

Tentunya pelatihan baik berupa hard skill maupun soft skill, yang sangat diperlukan oleh masyarakat, terutama dalam keberlanjutan organisasi di kelompok kami. Ke depan, kami juga berharap, semakin banyak mahasiswa yang mau terlibat dalam program-program pemberdayaan di masyarakat.

KBA Sunter Jaya merupakan KBA binaan PT Astra International Tbk yang telah menjalankan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan oleh masyarakat Sunter Jaya dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Pelatihan manajemen organisasi, dipilih karena dalam kajian Ilmu Komunikasi, kegiatan ini dapat mendukung kesuksesan suatu organisasi atau komunitas masyarakat secara organik dengan memperkuat komunikasi interpersonal dan membangun budaya organisasi yang kohesif.

Sedangkan, berdasarkan Teori Sistem Terbuka dalam komunikasi organisasi, pelatihan manajemen organisasi, dapat membantu anggota organisasi untuk memahami interaksi, baik secara individu maupun saat berada di dalam lingkungan organisasi.

Melalui pelatihan tersebut, warga KBA Sunter Jaya, diberikan pelatihan, mengenai cara beradaptasi dan merespons perubahan eksternal dan internal dengan lebih efektif. Selain itu warga KBA Sunter Jaya juga diberikan pelatihan, bagaimana mengembangkan keterampilan untuk berkomunikasi secara lebih efisien.

Mahasiswa PGSC yang tergabung dalam kelompok beranggotakan, Dody Triguno, Dimas Bagus Laksono, Idhar Fisabilhaq, Fadhlillah Dzil Ikram Ambotuwo, Muhammad Fauzan Adzim Al Mahmudi, dan Muhammad Rayada memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi, dan pengalaman bekerja yang cukup mumpuni di bidang masing-masing.

Saat ini, mahasiswa PGSC Paramadina sedang melakukan program pemberdayaan masyarakat di beberapa tempat yang tersebar di area Jabodetabek. Ke depan, berbagai pelatihan yang diberikan kepada masyarakat harapannya bisa berdampak positif, dan diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dalam jangka panjang.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada KBA Sunter Jaya, telah mengikuti pelatihan dengan semangat dan antusias, kami berharap silaturahmi ini dapat dilanjutkan di kesempatan yang akan datang.” tutup Dody Triguno.

Tentang Universitas Paramadina

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998 sebagai kampus peradaban berdasarkan pada tiga nilai inti (core values) yaitu keislaman, Keindonesiaan dan kemodernan dan tiga nilai kompetensi (core competence) Leadership, Entrepreneurship & Ethics. Nilai utama tersebut dicerminkan melalui melalui tiga fakultas yang dimiliki yaitu Fakultas Ilmu Rekayasa, Fakultas Falsafah & Peradaban & Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Universitas Paramadina saat telah memiliki 8 program studi S1 dan 4 program studi S2 baik kelas reguler maupun karyawan. Tahun 2018 menjadi kampus pertama di Indonesia yang menggagas mata kuliah anti korupsi di Perguruan TInggi. Untuk ikut serta membuka akses pendidikan di Indonesia, Universitas meluncurkan program Paramadina Fellowship berupa beasiswa penuh untuk calon mahasiswa S1 dan beasiswa S2 untuk jurnalis dan aktivis NGO. Http://paramadina.ac.id.

Baca Juga: Universitas Paramadina Sukses Gelar Seminar Literasi Media Berbasis Politik

Selanjutnya: Naik 39%, BI Catat Nilai Transaksi Rupiah Lintas Negara Tembus US$ 3,8 Miliar

Menarik Dibaca: Dukung Langkah Dekarbonisasi, PLN Bakal Pasok Energi Hijau ke H&M Group

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved