May
19
2022
     18:23

LinkAja Catat Lonjakan Penggunaan Pembayaran Elektronik Berbagai Moda Transportasi

LinkAja Catat Lonjakan Penggunaan Pembayaran Elektronik Berbagai Moda Transportasi
ILUSTRASI. Pada Ramadahn dan Idul Fitri 2022 LinkAja berhasil mencatatkan rata-rata kenaikan jumlah transaksi dan nilai transaksi sekitar 60% dibandingkan periode sebelum Ramadan hingga mudik Idul Fitri 2022, dengan kategori favorit adalah transaksi transportasi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - - Masyarakat Indonesia akhirnya dapat kembali merasakan kebahagiaan menjalani tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman setelah dua tahun merayakan momen Ramadan dan Idul Fitri dengan penuh keterbatasan. Pada periode ini, LinkAja terlihat menjadi layanan pembayaran elektronik pilihan masyarakat dan mencatat lonjakan penggunaan pembayaran elektronik untuk berbagai moda transportasi selama bulan Ramadan hingga mudik Idul Fitri 2022 kemarin.

Secara keseluruhan, LinkAja berhasil mencatatkan rata-rata kenaikan jumlah transaksi dan nilai transaksi sekitar 60% dibandingkan periode sebelum Ramadan hingga mudik Idul Fitri 2022. Sedangkan, apabila dibandingkan dengan periode Ramadan dan Idul Fitri yang sama pada tahun lalu, tercatat kenaikan hampir mencapai 30%.

Melakukan pembayaran elektronik untuk kategori transportasi merupakan salah satu kategori favorit pengguna LinkAja. Berdasarkan data penggunaan LinkAja, selama periode Ramadan dan mudik Idul Fitri 2022, perbandingan pembayaran untuk moda transportasi KAI mengalami lonjakan terbesar, baik melalui LinkAja dan LinkAja Syariah, yang mencatat kenaikan berturut-turut sebesar 38% dan 216% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, moda transportasi menuju bandara, Railink, terbukti menjadi pilihan baru masyarakat untuk pergi ke bandara saat mudik, terlihat dari lonjakan tinggi sebesar lebih dari 6 kali lipat dibandingkan sebelum bulan Ramadan.

Selain itu kenaikan penggunaan tertinggi yang kedua dicatat oleh jasa transportasi ferry (ASDP), yang mencapai kenaikan lebih dari 70% pada masa Ramadan dan mudik Lebaran. Masih dalam periode yang sama, penggunaan LinkAja di ride hailing dalam aplikasi Gojek dan Grab juga mengalami peningkatan sebesar 28%, dan lebih dari 70% penggunaan melalui LinkAja Syariah dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Wibawa Prasetyawan, Plt Direktur Utama LinkAja menyatakan, ”Kami sangat antusias melihat kenaikan nilai dan jumlah transaksi yang sangat signifikan pada kategori transportasi di LinkAja selama periode Ramadan dan Idul Fitri ini. Bukan saja menunjukan bahwa masyarakat Indonesia semakin mempercayakan LinkAja sebagai platform pembayaran pilihan untuk kebutuhan mereka, lonjakan ini juga mencerminkan situasi ekonomi yang berangsur-angsur pulih dan semakin membaik.”

Saat ini tercatat ada lebih dari 84 juta pengguna terdaftar LinkAja reguler dan 6 juta pengguna LinkAja Syariah. Peningkatan jumlah pengguna dari tahun ke tahun juga terefleksikan dalam peningkatan nilai transaksi selama bulan Ramadan 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di 2021, yaitu sekitar 31% untuk LinkAja reguler. Sementara untuk LinkAja Syariah merangkum pertumbuhan secara drastis yang mencapai lebih dari seratus persen.

“Lebih dari 10 perusahaan BUMN dan penyedia jasa transportasi swasta telah menjadikan LinkAja sebagai platform keuangan digital dengan pilihan pembayaran terlengkap di Indonesia untuk kategori transaksi. Kami melihat lonjakan penggunaan LinkAja untuk pembayaran moda transportasi selama Ramadan dan libur Lebaran kemarin sebagai bentuk kepercayaan masyarakat yang makin tinggi pada LinkAja dan kami sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat akan hal tersebut. Kami berharap keberadaan LinkAja dapat terus berkontribusi positif pada pesatnya pertumbuhan perekonomian nasional,” tutup Wibawa.

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang lengkap dan terintegrasi, konsistensi dari komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN yang merupakan pemegang sahamnya, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.

Tentang LinkAja

LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server yang merupakan produk andalan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di Bank Indonesia. Berdasarkan Surat Izin Bank Indonesia Nomor 21/65/DKSP/Srt/B yang dikeluarkan pada tanggal 21 Februari 2019, Finarya secara resmi telah mendapat lisensi/izin dari Bank Indonesia sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum. PT Fintek Karya Nusantara juga telah menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2013 sebagaimana sesuai dengan sertifikat No IS 733702 yang diterbitkan pada tanggal 24 November 2020.

Finarya merupakan anak usaha dari 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak perusahaan BUMN, yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Mandiri Capital Indonesia, PT BRI Ventura Investama, PT BNI Sekuritas, PT Jasamarga Toll Road Operator, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero), PT Pertamina Retail (Persero), PT Kereta Commuter Indonesia, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Danareksa Capital, yang berdiri pada tanggal 21 Januari 2019 dalam semangat sinergi nasional. Sebagai anak usaha BUMN, Finarya juga terbuka untuk bersinergi dengan pihak swasta yang memiliki visi dan misi serupa. Di bulan Oktober 2020, Grab Pte.Ltd. resmi menjadi pemegang saham baru Finarya. Pada Maret 2021, PT Dompet Karya Anak Bangsa resmi terdaftar sebagai pemegang saham baru Finarya.

Didukung oleh Telkomsel selaku operator seluler terbesar di Indonesia dan jaringan besar Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dengan ratusan ribu titik akses transaksi keuangan, keberadaan Finarya sebagai platform sistem pembayaran produk-produk BUMN akan membantu mendorong ekosistem transaksi keuangan non-tunai dan inklusi keuangan yang holistik di Indonesia, dengan fokus pada kebutuhan pembayaran mendasar seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved