October
28
2024
     16:01

Lazada Gelar Seller Conference Level Up guna Dukung Penjual Online Unggul & Bersaing

Lazada Gelar Seller Conference Level Up guna Dukung Penjual Online Unggul & Bersaing
ILUSTRASI. James Chang, CEO Lazada Indonesia, dalam gelaran Lazada Seller Conference 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pemerintah Indonesia optimis terhadap pertumbuhan ekonomi selama beberapa tahun ke depan. Presiden Indonesia ke-8 yang baru saja dilantik, Prabowo Subianto, menargetkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8% selama 2025 - 2029. Sektor ekonomi digital memegang peranan krusial dalam hal ini, dengan target kontribusi sebesar 20% atau sekitar Rp2,6 triliun dari kebutuhan tambahan Produk Domestik Bruto (PDB) Rp13 triliun pada 2029.

Sejalan dengan semangat ini, industri eCommerce Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif. Perusahaan riset terkemuka dari Inggris, GlobalData, memperkirakan pertumbuhan industri eCommerce Indonesia melonjak sebesar 15,5% pada tahun 2024 yang didorong oleh pergeseran menuju belanja online. Selain itu, tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (Compound Annual Growth Rate/CAGR) juga diproyeksikan akan mencapai angka 12,4% selama tahun 2024 hingga 2028.

Momentum positif ini bukan tanpa tantangan. Giat bisnis online yang semakin menggeliat, mengindikasikan pentingnya pemain pasar untuk bersiap akan persaingan yang semakin meningkat pula. Menyadari hal ini, Lazada Indonesia (Lazada) kembali menggelar Lazada Seller Conference 2024.

Bertajuk “Level Up”, acara tahunan Lazada yang telah digelar sejak tahun 2019 ini dirancang khusus untuk membekali para penjual dan calon penjual dengan strategi, pengetahuan, dan best practice terkini untuk mendorong kesuksesan bisnis di tengah kompetisi pasar online yang semakin sengit.

Acara ini juga menjadi ajang Lazada mempersiapkan penjual untuk menyambut semarak perayaan festival belanja akhir tahun, agar dapat memaksimalkan kinerja toko selama festival belanja online 11.11 dan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.

“Menyambut festival belanja akhir tahun yang dimulai dengan kampanye 11.11 mendatang, Lazada semakin berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan para penjual kami. Melalui inisiatif seperti Lazada Seller Conference – Level Up 2024, kami mengajak semua penjual di Lazada untuk memaksimalkan program, fitur, dan promosi pemasaran yang telah kami hadirkan untuk meningkatkan penjualan dan menumbuhkan bisnis mereka,” kata CEO Lazada Indonesia, James Chang, saat membuka gelaran Lazada Seller Conference – Level Up 2024 di Hotel Ritz Carlton, Sabtu, 26 Oktober 2024.

James juga mengungkapkan berbagai strategi Lazada untuk mendukung pertumbuhan penjual lokal Indonesia, termasuk melalui strategi hiperlokal. “Di Lazada, kami juga terus berupaya membuka potensi besar pasar lokal Indonesia.

Strategi hiperlokal kami adalah salah satu landasan rencana pertumbuhan kami, mengingat besarnya potensi penjual dan produk pasokan lokal.  Data kami menunjukkan semakin banyak pembeli yang mencari merek dan produk pasokan lokal, dan kami berkomitmen membantu Anda memenuhi permintaan tersebut,” tambah James.

Perkembangan industri eCommerce ini tak hanya ditunjukkan di tingkat nasional, tetapi juga lokal. Data Lazada menunjukkan bahwa 75% pembeli di Jabodetabek membeli produk yang berasal dari penjual lokal. Fenomena yang sama juga terlihat di daerah seperti Jawa Timur, di mana kebutuhan akan pemasok lokal terus meningkat. Melihat kebutuhan yang kian meningkat di tingkat lokal ini, Lazada mulai menjalankan strategi hiperlokal, dengan Surabaya menjadi kota fokus hiperlokal pertama Lazada.

Untuk mendukung strategi hiperlokal, hingga saat ini, Lazada telah memiliki tujuh fasilitas pergudangan yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia yang memungkinkan penjual untuk menjangkau konsumen dengan lebih cepat dan efisien melalui layanan logistik “Fulfillment by Lazada (FBL)”.

Tak hanya itu, dalam acara Lazada Seller Conference 2024, Lazada juga mengumumkan peluncuran kanal belanja lengkap untuk produk sehari-hari, “LazMart”, untuk menjawab kebutuhan konsumen akan belanja kebutuhan sehari-hari yang mudah dan praktis, serta mendukung brand dan penjual produk kebutuhan sehari-hari untuk mendorong visibilitas dan penjualan.

Lazada Seller Conference 2024 menghadirkan serangkaian sesi edukatif yang komprehensif, dipandu para pakar industri dan penjual top Lazada. Dalam gelaran ini, penjual dan calon penjual dapat memilih untuk mengikuti beragam sesi yang dapat membantu mereka menavigasi perjalanan bisnisnya. Mulai dari cara memaksimalkan penjualan selama festival belanja online, membangun brand yang berkelanjutan, hingga mencapai keunggulan operasional dengan mengintegrasikan bisnis online dan offline.

Dalam salah satu sesi, eCommerce Expert, yang juga mentor penjual Lazada bersertifikasi LazStar Trainer, Johanes Lie, membagikan pentingnya mempersiapkan kampanye akbar 11.11 dan 12.12, salah satunya dengan menggunakan fitur-fitur canggih Lazada yang bisa memberikan insight untuk strategi bisnis. 

"Untuk mempersiapkan kampanye 11.11 dan 12.12 yang merupakan kampanye tersibuk sepanjang tahun, penjual dapat memanfaatkan data dan insight yang tersedia di Seller Center Lazada untuk memantau performa produk, khususnya dari segi traffic dan konversi. Dengan memahami data yang dihimpun di Seller Center, penjual dapat mengetahui apa yang dapat ditingkatkan dari setiap produk," papar Johanes.

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rifan Ardianto, turut hadir dan memberikan sambutan dalam Lazada Seller Conference 2024.

Ia mengapresiasi langkah Lazada dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri, “Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil di atas 5% ini tidak terlepas dari kontribusi ekonomi digital yang meningkat sejak pandemi Covid-19, dan hampir 1/3 dari ekonomi digital ditopang oleh industri eCommerce. Kami mengapresiasi tim Lazada yang terus berkomitmen dalam mendorong kapasitas pelaku usaha dan penjualan produk dalam negeri di platform digital,” ungkap Rifan.

Tak hanya memfasilitasi penjual dan calon penjual dengan serangkaian sesi edukatif, Lazada Seller Conference 2024 juga menganugerahkan penghargaan kepada para penjual terbaik di berbagai kategori di lazada. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Lazada atas kontribusi dan prestasi para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka bersama Lazada.

Lazada akan terus meningkatkan komitmennya dalam memberdayakan para pebisnis lokal Indonesia. Dalam waktu dekat, Lazada juga akan menggelar LazADA Surabaya Summit 2024 sebagai bagian dari inisiatif hiperlokal Lazada di Surabaya. Konferensi pertama Lazada di Surabaya ini juga akan dihadiri oleh ratusan mitra penjual dan affiliate Lazada dari Surabaya dan sekitarnya.

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform eCommerce di Asia Tenggara. Selama 12 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini.

Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan

Baca Juga: Lazada Luncurkan LazadaSurabaya,Strategi Hiperlokal Lebih Dekat Konsumen&Bisnis Lokal

Selanjutnya: Anggota Baleg Minta DPR Tak Lagi Jadi Lembaga untuk Titip Undang-Undang

Menarik Dibaca: Begini Cara Repost Story WA, Fitur Baru yang Bisa Dicoba di WhatsApp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini

IPC TPK Raih Best IT Performance 2024

28 OKTOBER 2024 / 16:19 WIB

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved