September
09
2022
     08:19

Lantik Pejabat, Mendikbudristek Tekankan Gotong Royong dan Kolaborasi Antar Sektor

Lantik Pejabat, Mendikbudristek Tekankan Gotong Royong dan Kolaborasi Antar Sektor
ILUSTRASI. Mendikbudristek

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim melantik pejabat pimpinan tinggi madya, pemimpin perguruan tinggi negeri, dan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pada kesempatan ini, Mendikbudristek menekankan pentingnya prinsip gotong royong dan kolaborasi antarsektor dalam mewujudkan Merdeka Belajar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Upacara pelantikan pada hari ini merupakan salah satu Langkah nyata untuk semakin memperkuat kerja sama antarberbagai pihak sehingga cita-cita kita dalam melahirkan sumber daya manusia yang unggul berlandaskan karakter Profil Pelajar Pancasila bisa terwujud,” ucap Mendikbudristek dalam sambutannya di sela-sela acara pelantikan yang berlangsung di Gedung A Lantai 3, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta pada Kamis (8/9).

Para pejabat yang dilantik adalah 1) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen Paudikdasmen), Iwan Syahril; 2) Rektor Universitas Palangka Raya periode tahun 2022-2026, Salampak; 3) Rektor Institut Seni Budaya Indonesia Bandung periode tahun 2022-2026, Retno Dwimarwati; 4) Direktur Politeknik Pertanian Negeri Kupang periode tahun 2022-2026, Johanis A. Jermias; 5) Direktur Politeknik Negeri Bali periode tahun 2022-2026, I Nyoman Abdi; 6) Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti; 7) Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Sujarno; 8) Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Imran; 9) Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan, Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Rahmawati; 10) Kepala Subbagian Umum, Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan, Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Ellis Darmayanti.

Seluruh episode Merdeka Belajar yang telah menginjak episode ke-22 menjadi bukti hasil gotong royong dan kerja sama banyak pihak baik di internal maupun eksternal organisasi. Oleh karena itu, Mendikbudristek mengajak agar transformasi pendidikan di Indonesia terus berlanjut ke taraf berikutnya.

Kepada Dirjen Paudikdasmen Menteri Nadiem mempercayakan amanah untuk menjalankan proses transfomasi pendidikan di tingkat Paudikasmen termasuk implementasi Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak, dan program-program Merdeka Belajar terkait secara lebih luas. “Pastikan para pelajar kita tumbuh sesuai minat dan bakatnya serta memiliki karakter Pelajar Pancasila,” tekannya.

Selanjutnya, kepada para pimpinan perguruan tinggi, Mendikbudristek mengamanahkan keberlanjutan program Kampus Merdeka, Praktisi Mengajar, dan program Merdeka belajar terkait pendidikan tinggi. “Hadirkan lingkungan kampus yang aman, berikan hak mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan ciptakan sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia global,” jelasnya.

Berikutnya, kepada pejabat di Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan, Mendikbudristek menitipkan pemerataan mutu pendidikan. Lebih lanjut ia berpesan agar para pejabar menjalankan koordinasi yang lancar dan terarah, baik dengan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan maupun dengan pemerintah daerah.

“Mari wujudkan pengelolaan pengujian bidang pendidikan yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel,” tutup Mendikbudristek.

Baca Juga: Transformasi Seleksi Masuk PTN yang Berkeadilan Raih Dukungan Pemangku Kepentingan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved