April
27
2024
     21:26

Laba Bersih ASLC Kembali Melonjak Signifikan 656% QoQ di Kuartal Pertama 2024

Laba Bersih ASLC Kembali Melonjak Signifikan 656% QoQ di Kuartal Pertama 2024
ILUSTRASI. Aktivitas petugas platform penjualan mobil bekas Caroline.id?dari?PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,9 miliar di kuartal 1 2024, melonjak hingga hampir 8 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Peningkatan laba bersih secara signifikan dari emiten perdagangan otomotif bekas ini didukung oleh pendapatan yang mencapai Rp183,3 miliar, tumbuh 37,4% QoQ.

“Adanya Hari Raya Lebaran menjadi salah satu pendorong kenaikan pendapatan pada kuartal pertama ini. Selain faktor Lebaran, naiknya harga mobil baru juga membuat sebagian masyarakat beralih membeli mobil bekas sehingga turut mendorong peningkatan permintaan mobil bekas,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra.

Jumlah unit terjual via lelang, baik kendaraan roda dua dan roda empat, di bisnis lelang JBA mencapai total 28.712 unit, tumbuh 48% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Adapun bisnis jual beli mobil bekas retail melalui Caroline.id mencatatkan penjualan total 725 unit, meningkat 19% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Peningkatan penjualan ini didukung oleh tren peningkatan penjualan yang selalu terjadi menjelang Lebaran. Naiknya permintaan mobil bekas juga dipengaruhi oleh kenaikan harga mobil baru yang membuat sebagian masyarakat beralih membeli mobil bekas. Sementara itu, bisnis gadai yang baru dirintis Perseroan juga terus menunjukkan peningkatan.

Melihat perkembangan di kuartal pertama ini, Perseroan optimis kinerja tahun ini akan tumbuh positif. Ekspansi pembukaan cabang-cabang baru Caroline.id juga diharapkan akan mendorong pertumbuhan pendapatan Perseroan. Selain itu, bisnis gadai yang baru dimulai pada semester 2 tahun 2023 yaitu MotoGadai juga memberikan kontribusi yang terus bertumbuh terhadap pendapatan Perseroan

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, diharapkan pendapatan dan laba Perusahaan dapat bertumbuh minimal 2 digit pada tahun 2024.

Sekilas mengenai PT AutopediaSukses Lestari Tbk (ASLC)

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) yang merupakan bagian dari Grup PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022. Dengan visi menjadi omnichannel automotive marketplace yang paling terpercaya, Autopedia menjalankan bisnis jual beli kendaraan bekas baik untuk B2B, C2C, dan B2C.

Saat ini ASLC merupakan ekosistem marketplace terbesar di Indonesia untuk jual beli kendaraan bekas. Dalam ekosistem bisnisnya, Autopedia memiliki dua bisnis utama, yaitu balai lelang bernama JBA yang mampu melakukan lelang offline dan online (hybrid). JBA dengan 35 kantor cabang di seluruh Indonesia merupakan balai lelang terbesar di Indonesia. Selain itu, ASLC juga memiliki bisnis diler mobil bekas online-to-offline (O2O) dengan brand Caroline.id yang saat ini memiliki total 10 showrooms.

Caroline.id memberikan keuntungan kepada konsumen yang membeli mobil bekas dengan menghadirkan garansi 7G+ selama 1 tahun yang mencakup mesin, transmisi, AC, rem, elektrikal, suspensi and kemudi. Garansi 7G+ dirancang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan Caroline.id Titik showroom Caroline.id akan terus tumbuh di tengah tingginya potensi bisnis jual beli kendaraan bekas di Indonesia.

Baca Juga: ASLC Bukukan Kenaikan Laba Bersih 8 Kali Lipat di Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved