January
24
2024
     20:22

Komitmen Jaga Keamanan Data, Edtech Cakap Raih Sertifikasi ISO 27001:2022

Komitmen Jaga Keamanan Data,  Edtech Cakap Raih Sertifikasi ISO 27001:2022
ILUSTRASI. Edtech Cakap membuka tahun 2024 dengan meraih sertifikat ISO 27001:2022, yang mengatur sistem manajemen keamanan informasi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Edtech Cakap membuka tahun 2024 dengan meraih sertifikat ISO 27001:2022, yang mengatur sistem manajemen keamanan informasi. Sertifikasi ini akan membawa dampak signifikan dalam ranah keamanan informasi, terlebih Cakap merupakan perusahaan edukasi berbasis teknologi, yang mayoritas produk pembelajarannya disampaikan secara daring maupun hybrid.

Yohan Limerta, Chief Technology Officer & Co-founder Cakap mengungkapkan penting bagi Cakap untuk memperoleh sertifikasi ISO 27001:2022 sebagai dedikasi dalam menjaga dan melindungi data dan informasi yang sensitif, pribadi dan vital akan tetap aman. “Sertifikasi ini merupakan perwujudan integritas dan komitmen Cakap untuk menjaga keamanan data mulai dari data dan informasi siswa, mitra, basis data aplikasi, hingga data-data yang bersifat komersial dan rahasia,” ujar Yohan.

Saat ini ekosistem Cakap terdiri dari empat juta siswa dan 2.000 pengajar dari berbagai disiplin ilmu. Materi pembelajaran Cakap disampaikan secara daring/hybrid, dan tersimpan dalam jaringan tersendiri yang penyampaiannya menggunakan sistem aplikasi yang dikembangkan oleh Cakap. Hal ini membuat pentingnya sertifikasi ISO 27001:2022 bagi perusahaan berbasis teknologi seperti Cakap, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran data.

Sertifikasi ini juga sebagai langkah awal kepatuhan Cakap terhadap Undang-Undang Nomor 27 tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi. “Terlebih saat ini merupakan era keterbukaan dan kecepatan informasi, sehingga Cakap berkomitmen untuk menjadikan keamanan data dan informasi sebagai prioritas utama,” tambah Yohan.

Sementara itu Waras Putri Andrianti, Direktur Knowledge PT SGS Indonesia menyatakan bahwa dengan sertifikasi ini, sebuah brand/entitas akan memperoleh kepercayaan yang lebih baik dari masyarakat, terlebih audit dalam sertifikasi ini juga tidak diperoleh dengan mudah dan ketat dalam memastikan pemenuhan standar dalam manajemen keamanan informasi “Sertifikat ini akan merubah kultur entitas/organisasi, terutama dalam menjaga kerahasiaan informasi, sehingga diharapkan jadi faktor kunci pertumbuhan bisnis suatu brand,” ujar Waras.

Purwadi, Direktur Utama PT Siggap Teknologi Internasional selaku pendamping Cakap dalam memperoleh sertifikat menambahkan, bahwa saat ini tingkat kepatuhan perusahaan (termasuk yang relatif baru seperti startup) mulai meningkat dalam pemenuhan ISO 27001. Hal ini penting guna memastikan manajemen dan tata kelola keamanan informasi terkontrol dengan baik. “Perusahaan mulai dari skala kecil, menengah maupun besar sudah aware terkait ISO 27001. Hal ini juga sebagai bentuk kepatuhan ke regulator (OJK, BI, dll) serta untuk memastikan manajemen keamanan informasi bagi perusahaan/startup itu sendiri,” ujar Purwadi.

Sertifikasi ISO 27001:2022 ini sangat penting diperlukan bagi sebuah entitas yang bergerak di bidang teknologi untuk meningkatkan tingkat kepercayaan dari seluruh stakeholders. Namun faktanya belum semua startup yang ada di Indonesia memiliki kesadaran dalam pemenuhan standar keamanan data yang tersertifikasi.

Sertifikasi ini menjadi bukti bahwa Cakap tidak hanya patuh dalam memenuhi ketentuan regulator, tapi juga upaya dalam meningkatkan kualitas secara berkelanjutan. “Kami apresiasi upaya seluruh pihak yang mewujudkan sertifikasi ini, karena sekali lagi ini menjadi komitmen kami dalam menjaga data dan informasi seluruh ekosistem Cakap,” tutup Yohan.

Tentang Cakap

Cakap adalah perusahaan EdTech Indonesia yang mengembangkan platform pembelajaran upskill. Cakap menghubungkan siswa dengan guru profesional dan pakar industri melalui berbagai metode pembelajaran. Cakap menyediakan interaksi pembelajaran dua arah untuk keterampilan belajar guna meningkatkan kehidupan masyarakat. Tersedia di Google Play dan App Store untuk menjangkau segmen pengguna yang beragam. Cakap percaya setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Cakap memberikan solusi pendidikan dengan kurikulum pembelajaran berstandar internasional untuk memberikan pengalaman belajar online terbaik.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-8, MCI Berkolaborasi dengan Cakap Berikan Beasiswa Kelas Bahasa Asing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved